Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Kamu Perhatikan

Banyak tips membeli mobil bekas yang harus Kamu perhatikan agar tidak salah dalam memilih mobil. Sebagian besar orang mungkin lebih suka membeli mobil second karena harganya yang jauh lebih murah. Apalagi, kita semakin dimudahkan dalam mencari mobil second karena banyak penjual yang menawarkannya.

Anda bisa menemukan penjual mobil secara offline maupun online jadi tidak sulit lagi menemukan mobil second berkualitas. Namun, setiap mobil second tentu memiliki spesifikasi yang tidak sama saat membeli baru jadi Kamu harus mengerti benar kondisi mobil second yang akan dibeli agar salah pilih mobil.

Peminat mobil second yang terus meningkat membuat beberapa oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Mereka menjual mobil rusak atau mengalami masalah pada orang yang tidak mengerti tentang otomotif. Oleh karena itu, Kamu harus lebih berhati-hati saat membeli mobil second.

Catatan Servis Sudah Lengkap Semua

Seiring bertambahnya usia, sudah menjadi hal wajar jika kondisi mobil tidak se-prima waktu pembelian atau baru. Namun, kondisi mobil masih berkualitas jika pemiliknya mampu merawat setiap bagian mobil dengan baik, misalnya melakukan service secara rutin. Untuk itu, Kamu harus melihat catatan servis yang telah dilakukan.

Tips membeli mobil bekas ini wajib Kamu lakukan untuk melihat seberapa sering mobil diservice dan dirawat oleh pemilik sebelumnya. Kamu bisa melihat bagian mana saja yang telah mengalami masalah atau kerusakan karena pastinya akan tercantum pada buku servis bahwa bagian tersebut pernah diperbaiki.

Viral :   Tips Mengganti Ban Motor FDR yang Benar

Waspada Jumlah Harga yang Miring

Siapa yang tidak ingin mendapatkan harga murah saat membeli mobil second? Salah satu alasan terbesar mengapa orang membeli mobil second karena ingin mendapatkan harga murah. Tapi, jika Kamu menjumpai harga yang terlalu murah maka harus lebih waspada karena bisa jadi ada faktor lain di baliknya.

Tips membeli mobil bekas ini mengharuskan Kamu mencari informasi lebih lanjut mengenai harga pasaran mobil second yang diinginkan. Harga yang ditetapkan pada mobil second pasti berkaitan dengan kondisi mobil tersebut. Jika harga terlalu murah, biasanya ada kerusakan, masalah atau dokumen yang mungkin tidak ada.

Pastikan Semua Dokumen Sudah Lengkap

Setiap kendaraan harus memiliki dokumen resmi yang nantinya akan diserahkan saat terjadi jual beli mobil second, mulai dari STNK hingga BPKB. Sebelum Kamu melakukan pembelian, pastikan untuk mengecek setiap dokumen tersebut dengan baik. Pastikan jika semua dokumen lengkap dan asli sehingga terjamin keamanan saat membelinya.

Tips membeli mobil bekas tidak hanya memastikan kelengkapan dokumen, tapi Kamu juga harus memeriksa keaslian dokumen. Sekarang ini, mudah bagi seseorang untuk memalsukan suatu dokumen, seperti STNK sehingga Kamu harus berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan dalam transaksi jual beli mobil second atau second.

Lakukan Pengecekan Mobil dengan Benar

Setelah pemakaian, kondisi mobil tentu mengalami perubahan sehingga Kamu harus melakukan pengecekan pada setiap bagian mobil. Mulai dari eksterior, interior, fitur keselamatan, fitur hiburan, mesin dan lain sebagainya. Pastikan semua bagian dalam kondisi yang masih bagus, meskipun nantinya ditemukan beberapa minus atau kerusakan.

Viral :   3 Tips Memilih Lampu Sorot Mobil Off-road

Apabila kerusakan tersebut masih bisa ditoleransi, maka tidak menjadi masalah, seperti misalnya bagian bodi mobil yang tergores di bagian depan. Namun, jika kerusakan terjadi pada mesin maka Kamu harus lebih berhati-hati. Tips membeli mobil bekas ini memungkinkan Kamu mendapatkan mobil dengan kondisi yang masih prima.

Bawa Tukang Mekanik atau Teman yang Ahli

Jika Kamu tidak mengerti tentang otomotif, pastikan Kamu tidak membeli mobil second sendirian. Penting untuk membawa orang yang lebih paham terhadap otomotif, baik itu keluarga, teman atau tukang mekanik agar bisa membantu Kamu dalam mengecek setiap kondisi mobil untuk menghindari terjadinya penipuan.

Tanpa membawa orang yang ahli, mudah bagi orang lain untuk menipu Kamu terkait kondisi mobil. Untuk menghindari hal tersebut, maka Kamu harus membawa orang yang ahli di bidang otomotif, khususnya mobil. Jangan lupa untuk memberikan uang tip pada mereka sebagai tanda terima kasih telah membantu.

Bagi Kamu yang tertarik ingin membeli mobil second karena harganya lebih murah, tentu harus lebih berhati-hati saat melakukan pemeriksaan dan pengecekan. Pastikan semua kondisi mobil dalam kondisi yang masih bagus dan layak. Tips membeli mobil bekas di atas bisa menjadi panduan bagi Kamu saat membeli.