Penyebab Aki Baterai Mobil Cepat Rusak dan Cara Mengatasinya

Aki baterai mobil merupakan salah satu komponen terpenting. Sebab, mobil kamu tidak dapat dinyalakan jika aki mengalami kerusakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan aki mobil cepat rusak.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik mobil ini wajib tahu apa saja yang menyebabkan kerusakan di bagian komponen aki mobil. Aki mobil ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber listrik. Sehingga, semua interior serta komponen mobil dapat dihidupkan berkat adanya aliran listrik dari aki mobil.

Apabila aki mobil tekor atau rusak, maka dapat dipastikan bahwa mobil tidak dapat digunakan dan interior mobil pun juga tidak menyala. Sebagai pemilik mobil, kamu wajib mengetahui apa saja penyebab kerusakannya serta bagaimana cara mengatasi kerusakan pada komponen aki kendaraan.

Daftar Penyebab Kerusakan pada Baterai Mobil

Baterai aki mobil ini memang bisa mengalami kerusakan karena faktor human error serta usia penggunaan. Maka, sebagai pemilik kendaraan tentu kamu wajib melakukan pemeriksaan secara berkala agar dapat mengetahui apakan aki mobil berfungsi normal atau mengalami kerusakan. Apabila rusak, maka ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mobil Jarang Digunakan

Ketika mobil jarang digunakan, maka hal tersebut dapat berdampak langsung pada usia aki mobil. Sebab, aki mobil yang dibiarkan dalam kurun waktu cukup lama ini bisa saja mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, kamu harus memanaskan mobil beberapa menit agar aki mobil tetap normal.

  1. Terlalu Sering Menggunakan Mobil

Apabila kamu terlalu sering berkendara juga menyebabkan aki baterai mobil rusak. Hal ini disebabkan karena aki mobil terlalu dipaksakan untuk bekerja keras. Akibatnya, penggunaan yang melebihi intensitas dapat merusak aki mobil. Apabila telah rusak, maka kamu harus mengganti aki mobil lama dengan yang baru.

  1. Penggunaan Aksesoris Tambahan
Viral :   Fungsi Penting Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Beberapa pemilik kendaraan menambahkan aksesoris mobil agar tampak mewah dan sporty. Namun, hal tersebut justru dapat menyebabkan aki mobil rusak. Salah satunya adalah penambahan audio mobil yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Hal tersebut tentu dapat merusak aki mobil. Akibatnya, mobil tidak dapat distarter karena tidak adanya aliran listrik dari aki.

  1. Kelalaian Penggunaan

Dan penyebab aki baterai mobil rusak ini dikarenakan adanya faktor human error dari pemilik. Seperti contoh, kamu menghidupkan mobil namun lupa menstarternya. Hal tersebut dapat menyebabkan aki tekor hingga rusak. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan dalam posisi mati sedang tidak digunakan.

Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Mengalami Kerusakan

Memang, aki mobil yang mengalami kerusakan ini dapat diperbaiki. Hanya saja, tidak semua kerusakan pada aki mobil bisa diperbaiki. Apabila kerusakan ringan, maka kamu bisa memperbaiki sendiri secara mandiri dirumah. Caranya pun cukup mudah.

Langkah pertama, siapkan peralatan untuk memperbaiki aki mobil seperti obeng, cairan isi ulang aki mobil, lap kain, alat suntik tinta printer, serta isolasi atau lem. Dan kemudian, keluarkan aki baterai mobil dari kap mesin.

Kamu harus tahu bagaimana cara melepaskan aki dari kap mesin. Untuk mencegah keluarnya percikan api, maka lepaskan kutub positif aki mobil terlebih dahulu. Kemudian, lepaskan kutub negatif secara perlahan. Kamu bisa menggunakan kain lap untuk melepaskan aki dari kap mesin mobil.

Viral :   5 Tips Aman Nyetir Mobil Malam Hari

Langkah kedua, bersihkan terlebih dahulu aki yang telah kamu lepas dari kap mesin. Kamu bisa menggunakan kain lap atau tisu basah agar tidak merusak rangkaian kelistrikan aki baterai mobil.

Langkah keempat, bongkar penutup aki mobil. Sebelum membongkarnya, pastikan kamu paham bagaimana cara membuka penutup aki mobil. Caranya cukup mudah. Gunakan obeng minus dan arahkan pada baut yang terdapat di sekitar tulisan “do not open”. Setelah itu, lepaskan juga bagian penutup belakang dengan memutar baut menggunakan obeng minus.

Langkah kelima, lakukan pengisian ulang air aki. Gunakan air aki khusus atau air zuur dengan menggunakan suntikan tinta printer. Aki mobil ini memiliki 6 lubang yang masing-masing harus kamu isi satu per satu. Pastikan kamu tidak mengisi secara berlebihan. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan aki mobil kembali rusak.

Aki mobil merupakan salah satu komponen terpenting. Apabila aki rusak, maka mobil kamu tidak dapat berfungsi. Oleh sebab itu, kamu harus mengganti aki lama dengan yang baru. Namun, kamu juga dapat mencoba memperbaiki aki mobil apabila kerusakannya terbilang cukup ringan. Akan tetapi, tidak semua orang dapat memperbaiki sendiri. Maka dari itu, kamu bisa mencoba belajar bagaimana cara memperbaiki aki baterai mobil.

Kata Pencarianpenyebab kerusakan baterai MOBIL