Busi Mobil Menghitam? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Busi mobil menghitam merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Sebab, busi adalah komponen perapian dan kelistrikan yang bertugas untuk menghidupkan mesin mobil. Tanpa adanya busi, maka mesin tidak dapat menyala dan mobil tidak dapat digunakan berkendara. Oleh sebab itu, pemilik wajib waspada apabila busi tampak menghitam.

Sebab, banyak kerusakan-kerusakan komponen yang tidak terdeteksi akibat busi yang tampak menghitam. Bisa saja hal tersebut menjadi salah satu tanda-tanda kerusakan komponen mesin. Untuk itu, pemilik wajib melakukan pengecekan atau tune-up kendaraan secara berkala agar masalah tersebut dapat diatasi segera.

Inilah Penyebab Utama Busi Mobil Menghitam

Ada beberapa penyebab utama mengapa komponen perapian dan kelistrikan kendaraan menghitam. Hal tersebut menjadi salah satu pertanda bahwa mesin dalam keadaan kurang baik dan butuh pengecekan segera. Untuk itu, ini dia daftar penyebab utama mengapa busi kendaraan tampak menghitam. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kadar Bahan Bakar Terlalu Banyak

Kadar bahan bakar terlalu banyak menjadi penyebab pertama mengapa busi menghitam. Hal ini dikarenakan komponen mesin akan bekerja terlalu ekstra ketika pasokan bahan bakar terlalu banyak masuk ke bagian mesin mobil.

Biasanya, kondisi bahan bakar terlalu banyak ini disebabkan karena mobil melewati genangan banjir. Hal tersebut diperparah dengan kondisi busi basah tersiram air. Akibatnya, busi pun menghitam karena dipaksa bekerja keras.

  1. Banyaknya Kotoran pada Filter Udara
Viral :   Cara Mendapatkan Mobil Bekas Murah Berkualitas

Apabila filter udara kotor karena penumpukan debu serta kotoran, maka hal tersebut secara tidak langsung berdampak pada busi kendaraan. Sebab, busi menghitam ini disebabkan karena kotoran filter udara yang menyumbat udara bersih masuk ke intake mobil. Akibatnya, busi tampak menghitam karena udara pada intake mobil tersumbat oleh debu serta kotoran pada filter udara.

  1. Bocornya Oli Mesin Mobil

Kebocoran oli mesin mobil juga dapat menyebabkan busi menghitam. Sebab, pelumas oli mobil yang terkena busi ini secara tidak langsung menyebabkan pembakaran pada komponen mesin. Sehingga, busi mobil pun juga turut terbakar karena adanya tumpahan oli. Untuk itu, cek bagian oli mobil agar masalah kebocoran dapat diatasi segera.

  1. Kesalahan Penggunaan Bahan Bakar

Setiap kendaraan memiliki spesifikasi bahan bakar tersendiri. Di Indonesia terdapat 6 jenis bahan bakar sesuai oktan, yaitu setana 48 (solar), setana 53 (solar DEX), oktan 88 (premium), oktan 91 (pertalite), oktan 92 (pertamax), dan oktan 98 (pertamax turbo). Apabila kamu menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan, maka kesalahan tersebut menyebabkan busi menghitam.

Cara Mengatasi Masalah Busi Mobil Menghitam Sesuai dengan Penyebabnya

Memang, masalah pada komponen coil dan busi ini tidak boleh dianggap remeh. Sebab, komponen kelistrikan ini dapat menyebabkan mobil kamu mogok. Salah satu ciri busi bermasalah ada pada perubahan warna.

Busi menghitam ini adalah salah satu contohnya. Untuk itu, kamu dapat mencoba beberapa cara mengatasi masalah busi menghitam sesuai dengan penyebabnya. Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi busi menghitam dengan membersihkan saringan filter udara mobil.

Viral :   Jangan Sembarangan! Begini Cara Membersihkan Saringan AC Mobil

Saringan filter udara yang terlalu banyak debu dan kotoran ini memang menyebabkan busi mobil menghitam. kamu bisa membersihkan filter udara secara mandiri dirumah. Apabila tidak ingin mengambil resiko, maka kamu disarankan untuk membersihkan filter udara di bengkel mobil terdekat.

Cara kedua, silahkan lakukan penyetelan ulang sekrup udara pada karburator mobil. Penyetelan sekrup udara pada karburator ini harus dilakukan oleh ahlinya. Jika tidak, maka akan ada masalah pada bagian starter mobil.

Bisa saja mobil kamu terasa brebet karena kesalahan saat menyetel ulang sekrup udara di bagian karburator mobil. Untuk itu, kamu lebih disarankan untuk ke bengkel terdekat dan terpercaya jika ada masalah pada komponen busi mobil.

Sebab, kamu dapat berkonsultasi langsung dengan montir serta teknisi mobil berpengalaman tentang cara mencegah kerusakan pada komponen coil dan busi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan atau tune-up mesin agar dapat mengetahui adanya kerusakan di komponen lainnya.

Busi menghitam merupakan salah satu masalah yang cukup serius dan harus segera ditangani. Sebab, bisa saja busi menghitam menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada kendaraan. Oleh sebab itu, ketahui penyebab serta cara mengatasi masalah busi mobil menghitam.