Periksa Tekanan Ban Mobil secara Berkala, Sangat Penting

Walaupun ban terletak dibawah mobil tetapi sangat berperan penting pada performa mobil, salah satunya menjaga tekanan ban mobil agar tetap stabil. Hal ini tentunya ditujukan agar kenyamanan dan keamanan didapatkan oleh pengendara saat melaju di jalanan beraspal. Periksalah secara teratur dan juga teliti.

Jika kamu lupa berapa standarnya tekanan pada ban untuk mobil kamu, cek saja pada buku panduannya. Penting sekali karena untuk merawat ban dan segala aspek di dalamnya termasuk tekanannya. Usahakan pada ban hal itu tidak lebih dan tidak kurang, cocokan saja dengan standar yang diberikan.

Dengan itu nantinya roda akan terawat dengan baik dan menjaganya juga harus teratur. Jangan sampai terlalu lama tidak dijaga tekanan dalam rodanya. Dengan mempertahankan secara pas dan cocok bisa mendapatkan kendali yang optimal. Biasanya roda depan memiliki tekanan lebih tinggi dibandingkan roda belakang.

Hal itu beralasan karena roda depan lebih sering mendapatkan guncangan duluan dibandingkan dengan bagian belakang. Memang jarang pengendara yang memperhatikan tekanan pada roda mobilnya. Hal tersebut bisa menimbulkan terjadinya hal yang tidak diinginkan dan tentunya merugikan untuk pengendara serta pengguna jalan lainnya.

Hal Penting Terkait Tekanan Ban Mobil

Terdapat beberapa informasi yang penting terkait tekanan pada roda, seperti lebih baik memeriksanya pada saat sebelum akan digunakan. Dan usahakan saat roda dalam keadaan dingin, bisa dicek saat di pagi hari sebelum aktivitas dimulai. Hal itu agar mendapatkan akurasi tekanan yang tepat.

Viral :   4 Langkah Membuat Kaca Mobil Anti Air

Memeriksa secara mandiri bisa dilakukan menggunakan alat khusus, di mana sekarang sudah mudah untuk ditemukan di toko aksesoris otomotif. Jika sedang dalam perjalanan, bisa juga menghampiri toko ban atau bengkel terdekat untuk meminta memeriksanya. Ingatlah standar dari tekanan pada roda di mobil kamu.

Hal itu sangat penting sekali. Usahakan untuk mengecek berkala maksimal setiap dua minggu, jangan sampai berlebih. Karena biasanya tekanan ban akan berkurang pada tiap minggunya. Untuk mengetahui tingkat idealnya pada roda bisa ditemukan di stiker belakang pintu driver jadi tidak perlu repot membuka buku panduan.

Tekanan ban mobil yang berbahaya adalah ketika terlalu rendah dari yang sudah ditentukan tingkat idealnya. Karena bisa merusak onderdil lainnya seperti velg menjadi bengkok karena ban tidak bisa menompang beban dari mobil secara penuh jadi velg terkena dampaknya langsung. Hal ini juga berpengaruh kepada bahan bakar.

Mengapa bisa berpengaruh kepada penggunaan bahan bakar? Karena hal tersebut jika tidak ideal dan cenderung kurang akan menyebabkan ban berputar dengan tidak ideal juga. Jadi penggunaan bahan bakar lebih boros dari biasanya karena ketidak optimalan dari kinerja ban tersebut.

Lakukan Pemeriksaan Tekanan Ban Mobil Berkala

Disebutkan bahwa tekanan yang terlalu rendah lebih beresiko dan berbahaya dibandingkan dengan dalam keadaan terlalu tinggi. Karena seperti disebutkan di atas beberapa kerugiannya jika kekurangan. Studi dari Amerika Serikat mengatakan bahwa mobil yang melaju dengan tekanan kurang dari standar, kemungkinan tiga kali lipat mengalami kecelakaan.

Viral :   Tips Membeli Suzuki Katana Bekas

Selain tidak bisa melaju dengan optimal, hal tersebut yang kurang dari ideal juga menyebabkan roda tidak bisa mencengkram aspal jalanan dengan baik. Tentu saja itu berpengaruh kepada kendali pada kendaraan, dan sangatlah berbahaya. Kendali yang sulit akan berpotensi mengalami kecelakaan yang besar.

Dengan pemeriksaan secara rutin dan teliti untuk menghindari hal tersebut terjadi. Tentu saja bisa dilakukan dengan bengkel resmi yang terdekat atau bisa juga lakukan secara manual menggunakan alat khusus. Bisa dibeli secara mandiri dan digunakan untuk memeriksa secara berkala jika sedang di rumah.

Jika dirasa kurang bisa langsung ditambahkan angin baik menggunakan nitrogen ataupun air compressor yang dapat ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Tentunya disitu juga kamu bisa mengecek tingkat tekanan pada ban. Pastikan tidak lebih dan tidak kurang dari tingkat idealnya, agar bisa berkerja secara optimal.

Dibeberapa tempat pengisian bahan bakar bisa ditemukan air compressor ataupun pengisian nitogren. Jadi tidak perlu bingung jika membutuhkan pengaturan lebih lanjut dari roda mobil kamu. Jangan melupakan hal kecil seperti ini demi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Pentingnya menjaga tingkat angin pada ban, usahakan jangan menunggu sampai terasa kempis bannya. Lakukan pemeriksaan secara rutin dan pengisian yang tepat, nanti akan mendapatkan hasil yang optimal. Menjaga tekanan ban mobil sangat penting untuk mendapatkan performa ban secara maksimal.