Jual Ban Mobil Bekas, Berikut Tanda Kelayakannya

Untuk kamu yang ingin jual ban mobil bekas, terdapat beberapa syarat agar yang bekas tersebut masih layak untuk dijual. Hal tersebut perlu diketahui terutama untuk kamu yang ingin menjual ban bekas pakai dari mobil. Dikarenakan syarat tersebut agar nantinya bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Baik dari pembeli maupun kamu sebagai penjualnya. Hal-hal itu juga tentu akan berpengaruh kepada kecepatan barang kamu laku. Karena biasanya dengan kualitas masih dibilang baru dengan pemakaian belum lama, ban dijual akan bisa cepat laku. Selain itu model dan ukuran ban juga terkadang berpengaruh.

Jika roda memiliki ukuran cocok dengan mobil pada umumnya seharusnya akan terjual dengan lebih cepat dibandingkan dengan ukuran yang jarang digunakan pada mobil umumnya. Model roda dan penggunaan dari pemiliki sebelumnya juga sangat berpengaruh pada tingkat penjualan roda bekas.

Syarat-syarat itu tentu saja tidak hanya berlaku untuk kamu yang ingin menjual roda bekas, tetapi juga untuk yang akan membeli roda bekas. Perhatikan beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut ini sebelum memulai jual beli roda bekas pada mobil kamu.

Harus Perhatikan Permukaan Ban

Syarat pertama ini harus kamu perhatikan sebelum jual ban mobil ataupun membeli roda bekas untuk mobil kamu adalah permukaannya. Permukaan yang bagus memiliki permukaan tidak cacat atau normal, tanpa adanya benjolan, ban halus, maupun bergelombang secara tidak teratur.

Hal itu tentunya akan berpengaruh kepada performa dimiliki oleh ban, jadi yang memiliki permukaan tidak normal kemungkinan memiliki kualitas juga sudah tidak terlalu bagus. Untuk mengecek kondisi roda agar masih bagus dan menjaga kondisi tetap maksimal bisa dilakukan pengecekan berkala.

Viral :   Cara Membersihkan Jok Mobil di Masa Pandemi

Kegiatan pengecekan berkala ini disebut spooring, disarankan untuk dilakukan pada rentang 6 bulan sekali. Hal tersebut disesuaikan dengan keadaan pada medan jalan sering kita lalui. Jika sudah dilakukan pengecekan ini nantinya kualitas yang dimiliki oleh suatu roda menjadi terjaga serta layak jika diperjual-belikan.

Pemeriksaan Ketebalan Ban yang Tepat

Selain permukaannya sebelum melakukan jual ban mobil atupun beli yang bekas, harus perhatikan ketebalan ban tersebut. Hal ini sangatlah penting karena dengan ketebalan roda yang kurang dapat menganggu perjalanan kamu hingga menyebabkan kecelakaan. Jadi sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan tingkat ketebalan.

Pemeriksaan tersebut bisa dilakukan dengan memeriksa indikator ketebalan roda atau TWI. Di mana TWI ini memiliki kepanjangan Tread Wear Indicator. Ketebalan roda tersebut juga akan mempengaruhi tingkat nyaman pengendara saat melakukan perjalanan. Jangan sampai roda mobil yang akan dijual memiliki ketebalan tipis dan kurang.

Selain itu roda yang tipis akan bisa merusak kondisi velg, di mana kerusakan tersebut tentunya akan menimbulkan kerugian tambahan lagi. Jadi mengecek ketebalan roda ini tidak kalah penting dengan mengecek permukaannya. Serta bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tetapi harus tetap teliti.

Mengetahui Umur Ban Apakah Masih Layak Pakai atau Tidak

Viral :   Urus Pajak Anti Repot dengan Biro Jasa STNK

Syarat kali ini sangat penting dan harus dipenuhi sebelum melakukan jual ban mobil dan memeriksa kelayakannya. Biasanya ban yang masih layak adalah dibawah umur 5 tahun, jika mendekati atau lebih dari 5 tahun berarti ban sudah sulit untuk dijual dan menjadi tidak layak dijual.

Hal tersebut dikarenakan memiliki bahan-bahan karet yang elastis, dengan umur sudah lama, elastisitas dan kekuatan bahan tersebut tentunya akan berkurang. Dengan itu kualitas dari ban sendiri akan berkurang sehingga menjadi tidak layak untuk dijual kembali.

Untuk melakukan pemeriksaan umur dapat dilakukan dengan mencari kode yang terdapat pada roda. Kode tertera cenderung lebih kecil dan biasanya terletak dekat dengan bibir velg. Tertulis dalam format 4 angka, contoh 2517, angka tersebut memiliki arti bahwa roda diproduksi pada minggu ke 25 tahun 2017.

Untuk menentukan umurnya dihitung dari tanggal produksinya selisih dengan tanggal sekarang. Jika masih dibawah dan jauh dari umur 5 tahun, pada syarat umur roda berarti lolos dan layak untuk kembali dijual belikan. Jika kode sudah sudah tidak terlihat kemungkinan roda kamu mungkin tidak layak dijual.

Penjualan roda bekas bisa kamu lakukan dengan mandiri, melalui perseorangan baik dijual kepada kenalan atau melalui online shopping. Usahakan berikan spesifikasi sesuai dengan kondisi ban yang kamu jual. Selain itu jika jual ban mobil bekas pada suatu toko ban, ada kemungkinan bisa melakukan tukar tambah.