Mobil Offroad

Tips Mengemudi Mobil Offroad Mudah Bagi Pemula

Mobil Offroad digunakan ketika melintasi jalan terjal dan berlumpur. Kendaraan roda empat ini merupakan jenis mobil dengan bentuk rangka yang cukup besar dari ukuran pada umumnya. Untuk mengemudikan kendaraan roda empat satu ini memerlukan teknik khusus supaya bisa mengendalikan mobil ketika berada di medan.

Kendaraan ini sering digunakan untuk kegiatan wisata atau sebagai alat transportasi para wisatawan ketika berwisata. Sensasi ketika mengendarai mobil ini juga berbeda sehingga memberikan kesan pada penumpangnya. Namun, sebagai pemula atau orang yang baru mengemudikan mobil gunung ini sebaiknya pelajari bagaimana cara mengemudikannya dengan aman.

Sebenarnya untuk mengendarai mobil offroad tidak terlalu mudah, hal utama yang harus diperhatikan ketika mengemudikan kendaraan ini adalah memperhatikan medannya, apakah berupa tanjakan, turunan, berbatu, berpasir, atau berlumpur. Dengan mengetahui medan terlebih dahulu, kamu bisa dengan mudah mengendarainya.

Tips Aman Main Offroad Melalui Berbagai Tanjakan

Kendaraan roda empat semua medan ini menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta otomotif, khsusnya bagi pecinta tantangan. Tidak hanya sekedar mengemudi, namun dengan mengendarai mobil offroad kamu bisa mendapatkan pengalaman yang tidak biasa. Tidak hanya dijadikan sebagai alat transportasi, kendaraan ini juga sudah memiliki kejuaraan.

Beragam kejuaran seputar kendaraan gunung ini dapat kamu ikuti, mulai dari perlombaan dalam teknik, kecepatan, modifikasi, dan lainnya. Namun untuk bisa mengendarainya kamu harus mempelajari dan menguasai terlebih dahulu teknik mengemudikan mobil ini. Selain untuk berkemudi dengan nyaman, juga supaya terhindar dari segala resiko kecelakaan.

  1. Teknik melalui lintasan yang curam

Mobil offroad dirancang untuk dapat melalui lintasan yang berbeda dari biasanya, salah satunya adalah lintasan yang curam. Medan yang dilalui bisa tanjakan atau turunan curam, maka dari itu menguasai teknik dasar ini sangat penting. Pengemudi masih banyak yang melakukan kesalahan ketika melewati jalanan curam.

Viral :   Ternyata Ini! 4 Penyebab Busi Cepat Mati

Tidak sedikit pengemudi ketika melintasi tanjakan menginjak pedal gas, hal ini justru memicu kendaraan dapat mengalami mati mesin dan pada akhirnya berakibat fatal. Jika kamu mengendarai mobil ini dalam keadaan menanjak sebaiknya atur gigi menjadi 1, jika jenis matic maka atur gigi menjadi 1 (L).

Kemudian dalam posisi menanjak jangan menginjak gas lebih dalam, atur pedal dalam keadaan stabil dan tetap terjaga kecepatannya. Hal ini akan berpengaruh untuk menjaga kecepatan mobil, selain itu juga untuk menjaga agar tidak mengalami mati mesin. Begitu juga ketika dalam kondisi mobil menurun.

Saat melewati jalanan menurun sebaiknya kamu tidak menginjak rem secara spontan, hal ini bisanya menyebabkan ban kendaraan mengalami selip atau terpeleset. Untuk melaju dalam turunan dengan aman pastikan tuas transmisi dalam keadaan gigi 1 sehingga kamu bisa melalui turunan tanpa menginjak rem.

  1. Teknik melewati jalan miring

Lintasan miring biasanya menjadi lintasan yang cukup sulit dilewati oleh pengemudi, khususnya pemula. Namun untuk mengendalikan mobil offroad pada lintasan miring kamu harus memperhatikan beberapa hal. Atur roda dalam keadaan lurus dan atur tuas pada gigi 1.

Viral :   Cara Download Game Mobil Balap Di Smartphone

Sesuaikan ban dengan arah miring medan, sehingga jika kemiringan tanah kea rah kiri maka miringkan mobil juga kearah kiri dan sebaliknya. Kemudian jangan menginjak gas secara spontan. Teknik menginjak pedal gas harus selalu diperhatikan, agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

  1. Melewati jalan berlumpur atau berair

Salah satu lintasan untuk kendaraan ini adalah jalanan berlumpur dan berair. Ketika melintasi kondisi ini hal utama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik dan tetap kendalikan mobil mengikuti lintasannya. Hindari menginjak gas secara spontan, atur tuas pada gigi satu dan jalankan mobil dengan stabil.

Lakukan Perawatan Mobil Setelah Main Offroad

Setelah melakukan Offroad hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan perawatan. Perawatan pada mobil offroad penting untuk dilakukan, selain menjaga kebersihan, melakukan perawatan kendaraan ini juga bisa untuk menjaga agar sistem serta mesin didalamnya tidak mudah rusak atau berkarat.

Bersihkan ban mobil yang berlumpur dengan cara melepas ban kemudian membersihkannya. Bersihkan bagian dalam dan luar ban sehingga lumpur atau kotoran yang ada didalamnya dapat terangkat dengan sempurna. Selain itu bersihkan juga area kaki-kakinya seperti coilover, bagian kampas, pengereman, dan lain sebagainya.

Penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara mengemudi dengan baik dan benar. Mengetahui teknik mengemudi serta medan yang nanti akan dilalui merupakan salah satu cara supaya kamu terhindar dari kecelakaan atau bahaya yang serius. Selain itu perawatan mobil offroad setelah digunakan wajib kamu lakukan.