Tips Lakukan Spooring Balancing untuk Buat Mobil Lebih Nyaman

Spooring balancing menjadi sebuah istilah yang terkadang masih membingungkan. Nah, ternyata pemilik mobil pun masih ragu-ragu dalam membedakan kedua istilah tersebut. Padahal, keduanya memiliki arti berbeda. Apakah kamu juga sudah paham betul perbedaan antara keduanya?

Kedua perawatan tersebut dilakukan pada bagian komponen mobil cukup vital. Yaps, perawatan ini dilakukan pada bagian ban mobil. Ban alias tire merupakan sebuah komponen paling penting dan selalu berhubungan dengan laju jalan. Jadi, perawatan harus dilakukan dengan sebaik mungkin demi keamanan serta kenyamanan ketika kamu menumpanginya.

Tanda Mobil Harus Perawatan Spooring Balancing

Kondisi tertentu memang mengharuskan sebuah kendaraan untuk segera mendapatkan perawatan ini. Namun, apa saja tanda-tanda penting untuk kamu ketahui? Berikut tanda-tanda kendaraan roda empat kesayanganmu harus segera mendapatkan perawatan tersebut.

  1. Kondisi setir menjadi bergetar

Pernahkah kamu merasakan setir terasa bergetar ketika sedang berada di perjalanan? Jika kondisi ini terjadi, perawatan spooring balancing harus dilakukan. Ketika mobil dalam kondisi jalanan lurus dan setir tiba-tiba bergetar dalam kecepatan tertentu, maka cek segera kondisi ban atau kaki-kaki mobil.

  1. Mobil jalan miring

Apakah kamu pernah merasakan mobilmu berjalan miring? Ketika kondisi mobil berjalan lurus namun berjalan miring, ini menandakan bahwa keseimbangan mobil cukup rusak parah. Hal tersebut tidak lain dikarenakan bahwa pemakaian ban cukup lama dan harus segera membutuhkan perawatan ban.

  1. Kondisi tire botak
Viral :   Cara Balik Nama Motor dan Manfaatnya

Nah, rajinlah untuk melakukan pengecekan pada bagian ban mobil. Jika ban sudah mulai mengalami kebotakan, ini akan mempengaruhi kemudinya. Kondisi ban menjadi alus dan ini menandakan bahwa pemilik harus segera melakukan perawatan pada bagian kaki-kaki mobil.

  1. Ketika parkir, ban terlihat miring

Nah, perhatikan ban mobil ketika sedang diparkir. Mobil yang membutuhkan perawatan spooring balancing akan memiliki tire dalam keadaan miring saat sedang diparkir. Jika hal ini terjadi pada kendaraan roda empatmu, maka jangan segan-segan untuk segera melakukan perawatan. Jika tidak, kondisi ini bisa membahayakan.

  1. Setir tidak lurus

Ketika kendaraan melaju dalam kecepatan kurang lebih 60 km / jam dan terasa bergoyang-goyang atau oleng, maka pengecekan pada bagian kaki mobil perlu dilakukan. Mungkin saja kondisinya masih bagus. Hanya saja, kamu perlu lakukan sporing.

Manfaat Spooring Balancing

Banyak orang masih bertanya mengapa perawatan untuk kendaraan roda empat satu ini perlu dan penting untuk dilakukan. Nah, apakah kamu juga bertanya-tanya mengenai hal ini? Sebenarnya, melakukan perawatan tersebut memang terbilang penting untuk mendapatkan manfaat di bawah ini.

  1. Tingkat kenyamanan dalam berkendara

Setiap orang ingin mendapatkan rasa nyaman ketika sedang melakukan perjalanan bukan? Maka, perawatan satu ini tentu saja perlu kamu pertimbangkan. Dengan rutin dan mengecek kaki-kaki mobil menggunakan perawatan spooring serta balancing, maka keluhan-keluhan selama berkendara akan menjadi hilang.

  1. Putaran roda mobil akan menjadi lebih baik
Viral :   Jam Operasional Busway Agar Tepat

Mobil dengan roda-roda dan ban sudah aus tentu tidak dapat melaju dengan baik dan sempurna. Setelah melakukan perawatan ini, maka akan dipastikan putaran roda mobilmu akan menjadi lebih stabil. Tidak akan ada lagi keluhan kehilangan arah ketika setir diputar maupun keluhan lain terkait setir yang tidak lurus.

  1. Handling jadi lebih baik

Handling akan terasa lebih baik ketika kamu rajin melakukan perawatan ini. Jadi, jangan ragu untuk melakukan pengecekan kaki-kaki mobil ketika terjadi masalah ya.

  1. Hemat pemakaian ban

Keausan yang terjadi pada bagian ban pada akhirnya akan membuat pergerakan kendaraan roda empat menjadi tidak seimbang. Namun ketika kamu rajin melakukan perawatan ini, usia ban akan jadi lebih hemat. Kamu tidak harus membeli ban baru karena ban lama bisa dipakai dengan waktu cukup panjang.

  1. Speleng bisa dihindari

Speleng merupakan istilah dimana jarak sela antara pergerakan setir. Hal ini rupanya tidak hanya terjadi karena perangkat setir yang aus. Namun, ternyata kamu perlu mengecek posisi roda. Jika posisi tidak presisi misalnya menguncup atau mengembang, maka keluhan ini bisa terjadi.

Sebisa mungkin, lakukan pengecekan dengan sebaik mungkin ketika berkendara. Dengan mengecek berbagai macam hal, maka keselamatan akan menjadi lebih terjaga. Segera lakukan perawatan ketika mengalami masalah maupun keluhan. Lakukan spooring balancing di bengkel terpercaya agar hasilnya lebih memuaskan.