Cara Pasang Klakson Keong di Motor
Foto: gridoto.com

Cara Pasang Klakson Keong di Motor

Bagaimana Cara pasang Klakson Keong di Motor dengan Praktis? Banyak orang yang suka memodifikasi sepeda motor mereka sesuai dengan selera mereka. Tidak hanya soal penampilan saja. Kamu juga bisa mengganti beberapa komponen lainnya. Salah satunya adalah klakson. Klakson sepeda motor sangat penting fungsinya. Tanpa klakson, pengendara tidak bisa memberi tanda kepada kendaraan lain. Ini bisa menyebabkan kecelakaan. Suara klakson standar biasanya terdengar biasa saja.

Banyak pemilik sepeda motor yang ingin menggantinya dengan suara yang lebih unik atau lebih kencang. Caranya adalah dengan memilih jenis klakson motor yang berbeda. Apalagi sekarang banyak jenis klakson yang dijual di pasaran. Salah satu yang cukup terkenal adalah klakson keong. Cara memasang klakson keong di motor sangat mudah. Makanya banyak orang yang lebih suka klakson keong daripada jenis lain.

Langkah-Langkah Cara Pasang Klakson Keong di Motor dengan Mudah

Klakson sangat penting untuk sepeda motor. Kamu harus memilih klakson yang cocok dan gampang dipasang. Klakson keong adalah salah satu jenis yang cukup digemari. Selain itu, suaranya yang nyaring dan khas membuat pemilik sepeda motor makin tertarik. Tapi, apakah semua pemilik sepeda motor bisa memasangnya sendiri? Tentu saja bisa. Kamu bisa kok memasang klakson keong sendiri. Kamu hanya perlu mengikuti langkah yang benar dan simpel.

Viral :   Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Motor Tiba-Tiba Mogok

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk jenis klakson lainnya. Memasang klakson sebenarnya hanya perlu memasang unit klakson di body motor. Lalu bisa menyambungkan soket klakson ke komponen baru. Tapi cara ini tidak cocok untuk klakson variasi. Karena ada perbedaan antara klakson standar dan variasi. Kalau tidak cocok, bisa bikin sekring sering mati. Ada cara yang lebih tepat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat rangkaian klakson baru.

  • Persiapkan Alat

Sebelum melakukan cara memasang klakson keong di motor kamu harus siapkan alat dulu.
Ada beberapa perlengkapan yang harus ada. Mulai dari unit klakson, kabel, konektor, sekring, dan rumahnya serta relay 4 kaki.

  • Rangkaian Klakson

Sebenarnya untuk pemula yang tidak paham bidang otomotif bisa mencoba memasang sendiri. Karena cara ini sangat sederhana saja.
Kamu juga bisa mencobanya dengan membuat rangkaian yang tepat. Untuk rangkaian klakson kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama kamu harus ambil relay 4 kaki dan mengerti setiap relaynya. Terdapat 4 relay dengan kaki 30, 85, 86, dan juga 87
  2.  Langsung sambungkan terminal 30 relay dengan sekring
  3. Lalu bisa hubungkan ke terminal positif aki
  4. Pada sekringnya sendiri sesuaikan dengan arus yang klakson perlukan. Pastikan memilih sekring dengan daya tidak lebih kecil dari arus klakson
  5. Kalau sudah, kamu bisa sambungkan terminal 87 relay dengan klakson
  6. Pada bagian klakson kamu akan menemukan dua terminal yang satu tersambung dengan terminal 87 relay dan satunya ke ground
  7. Sementara itu untuk terminal 85 dan 86 relay bisa terhubung dengan soket standar klakson
  8. Gunakan konektor bentuk donat untuk kabel yang tersambung ke terminal 30 dan kabel ground klakson. Kamu bisa langsung pasang pada mur dan baut
  9. Sedangkan pada konektor terminal 85 dan 86 relay ke soket klakson
  10. Setelah selesai memasang, coba hidupkan kontak dan tekan klakson. Jika klakson berbunyi berarti kamu sudah memasang klakson keong di motor dengan benar. Tapi jika klakson masih mati tolong periksa kabel ground klakson ke rangka
  11. Jika masih gagal juga coba putar koneksi kabel ke klakson
  12. Rapihkan kabel, pastikan koneksi terlindung isolasi dan tidak ada konsleting.
Viral :   Cara Balik Nama Mobil Beserta Keuntungan yang Didapat

Fungsi Penting Relay untuk Klakson

Kamu harus pakai relay kalau mau pasang klakson keong di sepeda motor. Relay itu berguna untuk mengurangi hambatan arus listrik. Jadi baterai bisa ngasih tenaga ke komponen lain. Relay juga bikin komponen listrik lebih aman. Kamu bisa kok coba pasang klakson keong di motor sendiri tanpa minta tolong mekanik.