Cara Membersihkan Busi Motor yang Benar
Foto: deltalube.com

Cara Membersihkan Busi Motor yang Benar

Busi adalah salah satu bagian penting pada motor, yang berperan untuk menyalakan api listrik di dalam ruang bakar yang ada di mesin, sehingga mesin bisa hidup dan berjalan. Busi harus selalu dijaga kebersihannya dan jangan sampai terlalu banyak kotoran. Jika busi kamu kotor, maka akan membuat mesin motor tidak bisa nyala atau mati.
Ada banyak hal yang bisa membuat busi jadi kotor seperti debu, sampai kotoran atau endapan yang timbul karena busi sudah tua. Selain kotor, busi juga rentan rusak, nah sebelum kita membahas bagaimana sih cara membersihkan busi motor, ini dia beberapa penyebabnya.

Penyebab Busi Motor Rusak:

  • ¬†Kompresi mesin bocor
  • Bahan bakar tidak disetel dengan baik
  • Jalur pengapian korslet
  • Busi dipasang tidak sesuai

Cara Membersihkan Busi Motor

Busi motor yang bersih bisa menghindari masalah pada mesin motor, atau pada busi itu sendiri. Cara membersihkan busi motor yang benar dan mudah bisa kamu lakukan sendiri, tanpa harus ke bengkel, yang pastinya akan mengeluarkan uang. Ini dia beberapa tips untuk membersihkan busi motor agar tahan lama dan optimal.

1. Jangan Gosok Kepala Busi dengan Amplas

Saat membersihkan kepala busi, banyak orang yang menggunakan amplas. Padahal, cara itu salah dan bisa menipiskan lapisan elektrode dan toraknya, sehingga jarak antara kepala busi dan elektrodanya menjadi lebar.

Bukan menghilangkan endapan, malah akan menghilangkan sudut pada center electrode. Kamu harus tahu bahwa sudut di busi itu sangat penting karena berfungsi sebagai penghantar listrik.

2. Jangan Rendam Busi di Dalam Minyak Tanah/Bensin

Banyak mekanik bengkel yang merendam busi ke dalam bensin atau minyak tanah agar kotoran yang menempel pada busi bisa lepas dengan cepat.
Cara itu sebenarnya tidak tepat dan bisa merusak busi, karena zat yang ada di dalam bensin atau minyak tanah akan menyebabkan kotoran pada busi.
Dengan melakukan cara itu, maka bisa merusak talc ring seal yang ada di dalam busi. Padahal, komponen ini sangat penting untuk menjaga kompresi di mesin agar tidak bocor lewat busi.

Viral :   Inilah Fungsi Carbon Cleaner dan Tips Menggunakannya

3. Gunakan Sikat Kawat dan Kain Halus

Cara membersihkan busi motor dengan menggunakan sikat kawat yang diberi sedikit bensin memang membutuhkan waktu dan kesabaran.
Tapi, membersihkan busi dengan sikat kawat akan membuat hasilnya lebih maksimal dan membuat busi lebih awet. Selain sikat kawat, kamu bisa menggunakan kain halus dan menggosok busi secara pelan-pelan agar tidak menggerus logam yang menjadi badan busi.

4. Test Pengapian Busi

Setelah bersih, kamu harus tes pengapian busi. Jika bunga api atau percikan yang keluar normal yaitu percikannya berwarna biru, berarti cara membersihkan busi kamu sudah benar dan selesai.

5. Ganti Busi Baru Secara Berkala

Agar mesin tetap maksimal, sebaiknya kamu mengganti busi dan kabel busi setiap 10.000 KM atau sesuai dengan kondisi motor.
Hampir semua orang yang punya motor pernah mengalami masalah pada busi. Sayangnya, banyak cara membersihkan busi yang tidak tepat.

Tips Mudah Membersihkan Busi

Setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan busi motor yang tepat sebaiknya kita juga perlu perhatikan bagaiaman perawatannya. Merawat busi tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, dengan hanya membutuhkan kunci busi dan alat-alat tambahan. Waktu yang dibutuhkan pun tidak lama, hanya beberapa menit saja, bahkan kadang kurang dari 5 menit.

Kapan busi harus dibersihkan?

Sebenarnya busi harus segera dibersihkan ketika bagian kepalanya sudah berwarna hitam dan penuh dengan arang bekas pembakaran. Karena, saat kepala busi sudah hitam, elektroda busi akan susah mengalirkan listrik hingga membuat kendaraan kamu sulit nyala.
Nah jika kamu bingung kapan saat terbaik mengganti busi, menurut Imam, salah satu mekanik profesional dari Daan Mogot, Jakarta, membersihkan busi bisa dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 4000 km.
Katanya, jarak itu biasanya busi kendaraan sudah penuh dengan karbon bekas pembakaran. Tandanya, biasanya kendaraan akan agak susah untuk nyala karena proses pengapian yang terhambat, nafas kendaraan terdengar pendek, laju kendaraan ngadat-ngadat, atau bahkan mati.Untuk membersihkan busi yang sudah kotor, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pastikan mesin kendaraan kamu sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin.
  2. Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya disiram sedikit saja.
  3. Setelah itu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat kawan. Lakukan hingga bersih, dan siram lagi busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.
  4. Terakhir, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api-nya masih bagus, kamu bisa menggunakannya lagi.
Viral :   Cara Memasang Dinamo Starter Mobil & Tips Menghindari Kesalahan Pemasangan

Sebagai catatan, sebaiknya jangan merendam busi di dalam bensin. Pasalnya cara ini bisa menipiskan elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Seperti disebutkan di atas, caranya bukan direndam, tapi disiram saja agar sisa karbon pembakaran mudah dibersihkan.

Selain itu, hindari membersihkan busi dengan meng-amplas bagian elektrodanya, atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru akan membuat umur busi lebih pendek (cepat mati). Jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan merek busi berkualitas tinggi, atau yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan kamu.

Kesimpulan

Itu dia cara membersihkan busi motor yang benar dan bisa kamu coba sendiri. Selain rutin membersihkan endapan yang ada di bagian kepala busi, kamu juga harus menyetel ulang jarak antara elektoda dan kepala busi.
Tujuannya agar bunga api atau letupan yang keluar dari busi bisa stabil atau konstan. Nah, selamat mencoba!