Cara Memperbaiki Rangkaian Lampu Sein Motor Mati Total
Foto: motormobile.net

Cara Memperbaiki Rangkaian Lampu Sein Motor Mati Total

Kamu penasaran gimana cara memperbaiki rangkaian lampu sein motor yang mati total? Lampu sein (sign lamp) di sepeda motor itu penting banget lho, karena bisa memberi tahu pengguna jalan lain kalau kita mau belok ke kanan atau kiri. Lampu ini bisa ngebantu kita hindari kecelakaan lalu lintas, apalagi kalau jalan raya lagi padat. Tapi, lampu sein juga bisa aja rusak.

Biasanya sih lampu sepeda motor ini awet, tapi setelah beberapa tahun pakai kendaraan, lampu bisa mati total. Jelas dong, lampu sein yang udah gak bisa nyala harus segera diperbaiki. Kalau enggak, kita bakal repot sendiri pas mau belok arah kendaraan, dan pengendara lain juga gak bisa tau kemana kita mau pergi.

5 Cara memperbaiki rangkaian lampu sein motor

Nah, ada beberapa hal yang bisa bikin rangkaian lampu sein di sepeda motor gak bisa nyala beserta solusinya, antara lain :

1. Flasher Rusak

Flasher itu komponen yang bikin lampu sein bisa nyala berkedip-kedip. Kalau flasher rusak, aliran listrik ke lampu sein pasti putus. Akhirnya lampu sein gak bisa nyala sesuai fungsinya. Coba deh cek dua kabel yang nyambung ke flasher. Terus geser sakelar sein ke kiri dan kanan. Kalau lampu sein nyala pas geser sakelar, berarti flasher yang rusak dan harus diganti yang baru.

2. Daya Aki Lemah

Aki motor yang lemah gak bisa ngasih tenaga listrik yang cukup buat sistem elektronika di lampu sein. Jadi lampu sein tetap mati pas mau dinyalain. Solusinya, kamu bisa cek aki masih kuat atau enggak. Kalau motor bisa nyala pake starter elektrik atau klakson bunyi keras berarti aki masih oke. Aki yang udah lemah harus diisi ulang.

Viral :   Tips Beli Mobil Baru Cash Yang Wajib Dicoba

3. Rangkaian Elektronika Putus

Rangkaian elektronika di lampu sein yang putus bikin arus listrik gak bisa ngalir di rangkaian itu. Jadinya, lampu sign gak bisa dinyalain. Cara ngatasinnya bisa dengan ngecek rangkaian ini satu-satu buat tau komponen yang rusak. Setelah ketemu, kamu bisa benerin komponen itu pake solder, sambung, atau ganti yang baru.

4. Bohlam Udah Putus

Meskipun jarang banget bohlam lampu sein putus, tapi gak ada salahnya kamu cek bohlam ini. Lepas bohlam yang ada di lampu sein yang gak nyala, terus alirin pake listrik. Kalau bohlam ini tetap mati berarti filamen di dalemnya udah putus. Ya udah, kamu harus ganti bohlam yang baru.

5. Sakelar yang Rusak

Di rangkaian lampu sein, sakelar itu jadi penghubung dan pemutus arus listrik ke lampu sein. Makanya kalau sakelar rusak, lampu gak bisa dapet tenaga listrik dan tetap mati. Perbaikan dari masalah ini bisa dengan benerin sakelar itu kayak semula atau ganti yang baru.

Tips Perawatan Rangkaian lampu sein motor

Untuk menghindari lampu sein motor yang mati total secara tiba-tiba sebaiknya kita perlu melakukan perawatan yang tepat. Seperti yang kita ketahui sistem kelistrikan motor itu penting banget kan termasuk rangkaian lampu sein motor, karena jadi pusat kerja kendaraan. Sistem ini yang ngasih arus listrik ke semua komponen, mulai dari starter, injeksi, pengapian, penerangan, sampai komponen lainnya. Makanya, kalau ada masalah di sistem kelistrikan, performa motor pasti terganggu. Nah, berikut langkah-langkah yang bener untuk merawat sistem kelistrikan motormu:

  • Pastiin generator (spull) normal

Spull itu yang bikin energi listrik dari energi mekanik, trus ngalirin ke komponen lain. Cara merawat spull yang bisa kamu lakuin adalah jaga atau hindari spull jangan sampe hangus gara-gara suhu mesin kepanasan. Jadi, pastiin sistem pendinginan motor jalan baik, cek juga kapasitas dan kondisi oli biar bisa olesin komponen mesin dengan baik supaya suhu stabil.

  • Cek kiprok (Rectifier dan Regulator)

Kiprok itu komponen yang ubah arus AC (bolak balik) dari spull, trus ubah lagi jadi arus DC (searah) trus stabilin arus listrik. Kalau kiprok rusak, aki motor juga ikutan bermasalah. Jadi, perlu cek kiprok motor secara rutin, biar gak ada masalah di aki dan lampu-lampu motor gara-gara arus gak stabil.

  • Cek aki

Aki itu peranannya sangat penting di sistem kelistrikan motor. Aki itu nyimpen energi listrik yang udah disuplai oleh generator (spull). Cara merawat aki yang bisa kamu lakuin adalah selalu cek tegangan aki, charge kalau tegangan aki dibawah standar. Kalau aki udah gak bisa nyimpen arus ganti aki. Kalau aki basah, harus cek air aki secara rutin biar volumenya tetap sesuai indikator.

  • Cek kabel bodi

Disarankan banget buat selalu cek pembungkus, sambungan, dan soket-soket kabel. Kalau nemu kabel yang mulai kupas, robek, jangan ditunda-tunda. Ganti kabel dengan tipe/merk yang cocok sama motor. Dengan lakuin ini, bisa ngurangin kemungkinan korsleting gara-gara pembungkus kabel yang udah kupas.

  • Service rutin khusus

Selain cek mesin motor, disarankan juga buat service khusus sistem kelistrikan. Ini penting banget karena motor kerjanya sebagian besar pake sistem kelistrikan.

Viral :   5 Tips Merawat Kopling Mobil yang Benar