Cara Menghidupkan Motor Hilang Kompresi

Cara Menghidupkan Motor Hilang Kompresi

Cara Menghidupkan Motor Hilang Kompresi – Seringkali masbro sekalian telah membaca berbagai artikel mengenai solusi cepat untuk mengatasi hilangnya kompresi pada motor, atau faktor-faktor yang menyebabkannya, lewat berbagai forum dan grup motor di Facebook, serta sumber informasi Mbah Gugel. Namun, jawaban yang tepat dan sesuai harapan masbro mungkin masih belum ditemukan, namun tetap sabar ya mas, sebentar lagi masbro akan mengerti bagaimana caranya mengatasi masalah kompresi yang hilang pada motor.

Kerusakan pada kendaraan bermotor memang hal yang biasa dan sangat umum. Akan tetapi, yang menjadi tidak biasa adalah jika kerusakan terjadi terlalu sering dan biaya servis yang sudah dikeluarkan banyak tetapi hasilnya tidak memuaskan.

Pasti masbro pernah mengalami kondisi ketika sedang asyik berkendara, tiba-tiba motor kehilangan tenaga, meskipun gas motor sudah ditarik lebih dalam. Motor terasa berat dan tiba-tiba mati sendiri. Inilah yang disebut dengan kehilangan kompresi atau kompresi motor yang hilang secara mendadak. Tapi tenang, jangan panik, mas.

Ayo kita analisis bersama kasus kehilangan kompresi motor secara mendadak, atau kasus hilangnya kompresi motor, dan pelajari bersama cara mengembalikan kompresi yang hilang secara tiba-tiba ini.

Penyebab Kehilangan Kompresi dan Cara Mengatasinya pada Motor Berdasarkan judul di atas, yaitu cara mengatasi kehilangan kompresi, apa bedanya antara kehilangan kompresi dengan kompresi bocor? Apa itu kehilangan kompresi? Apa penyebabnya? Dan bagaimana ciri-ciri kompresi motor yang hilang?

Perbedaan Kehilangan Kompresi dan Kompresi Motor Bocor

  • Kehilangan Kompresi (loss compression)

Istilah kehilangan kompresi berasal dari kata Lost dan Compression dalam bahasa Inggris, di mana Lost berarti hilang dan Compression berarti kompresi. Untuk lebih detailnya, silakan dibaca di sini. Jadi, kehilangan kompresi artinya adalah hilangnya tekanan sementara yang dihasilkan oleh kinerja piston motor dalam ruang bakar mesin motor.

Lantas, apa akibat dari motor yang kehilangan kompresi? Jawaban sederhananya adalah motor tidak akan bisa dihidupkan karena tidak adanya tekanan kompresi. Karena salah satu syarat nyala motor adalah adanya sistem kerja kompresi, itulah salah satu fungsi dari kompresi motor.

  • Kompresi Motor Bocor

Selain kasus kompresi motor yang hilang, ada juga kasus bocornya kompresi motor. Kasusnya hampir sama, tetapi perbedaannya adalah jika pada kehilangan kompresi, tekanan dari piston sama sekali tidak ada. Sedangkan pada kompresi motor bocor, tekanan kompresi dari piston secara bertahap melemah.

Viral :   Cara Cek Kampas Kopling Mobil Beserta Gejalanya

Kebocoran kompresi sering terjadi terutama pada bagian ring kompresi. Bagian ini merupakan ruang penyekat antara celah piston dan silinder, sehingga sangat rentan terhadap kebocoran. Sebenarnya, untuk mengetahui kehilangan kompresi dan kompresi bocor, bisa menggunakan alat khusus bernama Compression Tester.

Namun, tidak semua bengkel motor memiliki alat tersebut, karena harganya yang cukup mahal. Berikut ini adalah ciri-ciri motor yang kehilangan kompresi dan ciri-ciri motor dengan kompresi bocor:

  1. Motor sulit di-starter.
  2. Suara mesin motor terdengar lebih kasar.
  3. Tenaga motor melemah.
  4. Oli motor cepat habis.
  5. Asap putih keluar dari knalpot motor.

Kompresi motor bisa saja berkurang atau bocor kapan saja, lantas apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan kompresi yang hilang? apakah ada cara untuk mengatasi motor yang kompresinya berkurang atau bocor? tenang saja, ada kok solusinya, jangan panik. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Menghidupkan Motor Hilang Kompresi pada Motor 4 Tak.

1. Langkah pertama dalam Cara Menghidupkan Motor Hilang Kompresi, apabila motor anda mengalami kompresi berkurang saat sedang jalan dan jauh dari tempat servis, sebaiknya anda mencari tempat yang aman dan teduh dulu. Biarkan mesin motor anda dingin dulu, dan pastikan motor anda berada di standar tengah.

2. Setelah mesin motor anda sudah dingin dan kunci kontak dalam posisi mati, coba anda engkol dengan menggunakan kick starter saja, jangan pakai starter elektrik, supaya aki motor anda tidak cepat habis.

Perhatikan apakah engkolan terasa ringan atau berat. Jika engkolan terasa berat, itu artinya bagus, karena kemungkinan besar mesin motor anda bisa nyala lagi.

3. Jika cara Mengatasi kompresi motor hilang diatas sudah anda lakukan dan kompresi motor masih ada, coba anda nyalakan motor dengan cara mengengkol saja sambil putar gas sampai habis. Tujuannya gas dibuka habis agar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak. Jika mesin motor anda bisa nyala, jaga gas di RPM sekitar 4000- 5000 rpm. Jangan langsung di gas-gas dulu.

Viral :   Cara Memperbaiki Throttle Body Mobil Beserta Gejala Kerusakannya

4. Namun jika mesin motor anda masih belum bisa nyala, cara memperbaiki kompresi motor hilang selanjutnya dengan melepas busi motor anda (tentu saja anda membutuhkan kunci busi untuk ini), sehingga anda bisa melihat lubang busi, lalu masukkan oli motor ke lubang busi itu sekitar 3cc saja.

Lantas bagaimana caranya memasukkan oli ke lubang busi motor? anda bisa menggunakan botol bekas oli gardan motor matic yang ujungnya disambung dengan selang. Jika tidak ada oli, anda bisa menggunakan bensin atau pertamax juga tidak apa-apa.

5. Busi jangan dipasang dulu dan kunci kontak dalam posisi mati, lalu anda engkol lagi sekitar 10 sampai 15 kali, tujuannya adalah agar ring piston bisa mengembang dan menghasilkan kompresi lagi.

Lalu bagaimana caranya mengetahui kompresi motor sudah ada atau kompresi motor hilang? caranya cukup mudah, tutup rapat-rapat lubang busi di kepala silinder itu dengan ujung jari anda lalu anda engkol dengan keras pasti akan terasa dorongannya.

6. Jika anda sudah merasakan ada kompresi, kembalikan busi motor anda dan coba nyalakan mesin motor. Jika mesin bisa dan sudah menyala, pasti akan ada asap putih yang keluar dari knalpot motor anda.

Itu hal yang biasa kok, nanti asapnya akan lenyap sendiri kalau oli yang anda masukkan sebelumnya sudah terbakar habis oleh sistem pembakaran mesin motor.

Cara menghidupkan motor hilang kompresi yang kami jelaskan di atas juga cocok untuk motor 2 tak yang kompresinya lemah dan untuk motor injeksi yang kompresinya hilang sebaiknya tidak dicoba.

Karena kami sendiri belum pernah menghadapi kasus motor injeksi yang kompresinya hilang, lebih baik anda bawa ke bengkel resmi saja untuk mencegah kerusakan yang lebih besar.