Cara menghidupkan motor PCX
Foto: kompas.com

Cara Menghidupkan Motor PCX

Motor PCX adalah motor matik terbaru dari Honda yang telah ditingkatkan dengan teknologi canggih, termasuk sistem keyless atau yang dikenal sebagai smart key. Hal ini membuat penggunaannya lebih mudah dalam menghidupkan dan mematikan mesin.

Meskipun memiliki manfaat, tidak semua orang paham cara menggunakan smart key untuk menghidupkan motor PCX. Jika kamu juga merasa demikian, kamu bisa menemukan panduan penggunaannya di bawah ini.

Smart Key System

Sebelum kita membahas cara menghidupkan motor PCX, kamu perlu memahami apa itu Smart Key System. Smart Key System adalah teknologi yang memungkinkan sepeda motor beroperasi tanpa perlu menggunakan anak kunci konvensional. Sebagai pemilik kendaraan dengan sistem ini, kamu akan memiliki remote kontrol yang berfungsi sebagai pengganti anak kunci.

Remote ini digunakan untuk menghidupkan, mematikan, dan mengunci kendaraan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membawa kunci fisik ke mana-mana.

Fitur Utama dalam Smart Key System

Smart Key System memiliki beberapa fitur penting yang perlu kamu ketahui. Mari kita lihat fitur-fitur tersebut di bawah ini.

  • Immobilizer

Immobilizer adalah fitur utama yang digunakan untuk menghidupkan sepeda motor. Oleh karena itu, remote kontrol harus selalu ada agar bisa menghidupkan motor. Jika remote hilang, maka immobilizer tidak bisa digunakan.

  • Answer Back System

Fitur berikutnya adalah Answer Back System yang membantu kamu menemukan kendaraanmu di tempat parkir. Remote kontrol biasanya dilengkapi dengan tombol yang berfungsi untuk memberikan sinyal. Jika kamu kebingungan mencari motormu di parkiran, cukup tekan tombol tersebut, dan motor akan merespons dengan suara dan lampu sein menyala. Jarak maksimalnya sekitar 30 meter.

  • Keyless

Smart Key System juga memiliki fitur keyless yang memungkinkan kamu menghidupkan motor hanya dengan remote. Fitur ini sangat praktis, terutama jika kamu memiliki motor PCX atau kendaraan lain dengan Smart Key System.

Viral :   Cara Membersihkan Interior Atap Mobil Agar Tidak Kelihatan Dekil

Cara Menghidupkan Motor PCX dengan Smart Key

Kita bisa menghidupkan motor PCX dengan Smart Key dengan mudah, lho! Kalau kamu belum tahu caranya, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, ambil remote dari smart key system. Ingat, pakai remote-nya dekat motor ya. Dekatkan remote ke kunci yang ada di dekat dashboard motor PCX.
2. Tekan tombol smart key di remote untuk mengaktifkannya.
3. Setelah diaktifkan, kunci motor akan menunjukkan warna biru dan mengeluarkan suara.
4. Untuk menyalakan motor, buka dulu kunci stang dengan memutar knop ke kanan.
5. Selanjutnya, aktifkan sistem ignition dengan memutar knop ke arah yang sama.
6. Kalau berhasil, mesin motor akan hidup dan panel speedometer akan menyala.
7. Terakhir, tekan tombol starter di motor supaya mesin menyala sempurna dan siap dipakai.

Viral :   Cara Memperbaiki Motor Listrik

Perawatan Motor PCX yang Benar

Motor PCX juga butuh perawatan khusus agar tetap oke. Ini dia empat tips merawat motor PCX:

1. Panaskan Mesin Setiap Pagi: Sebelum berangkat, hangatkan mesin motor PCX selama 3-5 menit. Ini membantu oli menyebar ke seluruh komponen mesin.
2. Stabilkan Kecepatan Gas: Saat mengendarai, usahakan untuk menjaga kecepatan gas agar stabil. Mengubah gas terlalu cepat bisa merusak mesin.
3. Cek Vanbelt dan Roller: Periksa vanbelt dan roller setidaknya sebulan sekali. Vanbelt yang rusak bisa menghentikan motor saat berkendara.
4. Service Rutin di Bengkel: Bawa motor PCX ke bengkel untuk servis rutin, idealnya setiap 3 bulan. Di bengkel, tanyakan juga tentang kelayakan aki, vanbelt, dan roller motor PCX kamu.