Cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa distarter

Cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa distarter

Salah satu masalah yang sering kali terjadi pada motor matic adalah tiba-tiba motor matic tidak bisa dinyalan distrater atau diengkol. Lalu gimana cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa distarter ini? Perlu diketahui setiap sepeda motor selalu dilengkapi dengan sistem starter yakni sebuah komponen kelistrikan yang fungsinya ubtuk memutar poros engkol untuk memicu pembakaran pada mesin.

Selain itu sistem strater ini adalah rangkaian utama dalam proses menyalakan mesin motor, namun penyebab motor matic tidak bisa distarter bukan hanya karena sistem starter bermasalah melainkan bisa dipicu oleh beberapa faktor lainnya. Salah satu penyebab umum motor matic yang tidak bisa distarter ini karena kurangnya perawatan pada sepeda motor itu sendiri. Hal ini bisa menyebabkan banyak sekali permasalahan pada motor anda terutama dalam sistem kelistrikan. Jika anda sedang mengalami musibah ini, tenang, kami sudah menyiapkan beberapa langkah maupun cara yang tepat untuk menghidupkan motor matic yang tidak bisa distarter. Yuk simak sampai tuntas!

Cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa distarter

Mengutip dari laman resmi Suzuki bahwa cara paling ampuh untuk menhidupkan motor matic yang susah distarter ini adalah dengan mengenali apa saja penyebabnya terlebih dahulu supaya anda mudah memperbaikinya. Berikut penyebab beserta cara memperbaikinya:

  •  Tegangan aki lemah

penyebab yang paling sering terjadi pada sepeda motor yang tidak bisa distarter adalah karena aki yang memang sudah rusak. Aki sendiri fungsinya sebagai penyuplai daya listrik ke komponen pengapian sepeda motor sehingga jika rusak maka tugasnya menjadi tidak optimal. Secara umum aki motor memiliki tegangan 12 volt. Apabila tegangan ini kurang dari 12 volt maka aki tersebut sudah rusak. Tak hanya itum dengan kondisi aki seperti ini juga tidak bisa melakukan proses engkol yang seharusnya berputar pada 450 rpm. Adapun solusi yang bisa anda lakukan ialah bisa dengan kick starter mencapai 450 rpm. Namun apabila motor matic anda tetap tidak menyala maka anda perlu mengganti aki yang baru.

  •  Terjadi korsleting

Korsleting pada sistem starter bisa memicu motor matic anda menjadi tidak bisa dinyalakan. Biasanya ini terjadi pada terminal 30 starter yang letaknya di loga mesin yang menghubungkan massa aki. Anda bisa memeriksanya apakah terdapat bekar bakar yang ditandai dengan kerak hitam di area tersebut? Jika ya, berarti motor starter sudah mati karena sekringnya sudah terputus. Nah untuk mengatasi ini, anda perlu membuka serta membersihkan area korsleting tadi. Setelah itu, pasang kembali dengan menambahkan penyekat untuk memastikan korsleting tidak terulang lagi.

  •  Busi rusak

Selanjutnya kerusakan pada busi yang biasanya dikarena masa pakai, Sudah longgar, serta basah maupun terkena kotoran. Adapun cara mengatasi, silakan buka dan bersihkan busi tersebut dan pasangkan lagi. Tapi ada juga faktor lain yang bisa bikin motor susah nyala, yaitu kabel businya. Bagian ini penting banget loh, karena dia yang nyambungin cop busi sama coil. Kalo bagian ini rusak, tegangan yang seharusnya masuk ke busi jadi nggak cukup. Nah, kalo anda mengalami ini, coba deh cek tahanan busi pake ohm meter. Kalo hasilnya lebih dari 25 ohm, berarti kabel businya perlu diganti. Tapi kalo nggak, berarti kabel businya masih oke-oke aja.

  •  Periksa Ketersediaan Bensin

Sering kali, kesulitan dalam menghidupkan motor matic membuat banyak orang panik. Banyak yang buru-buru memeriksa mesin, padahal masalahnya mungkin hanya karena kehabisan bensin. Ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki spidometer motor rusak dan tidak dapat melihat indikator bahan bakar. Oleh karena itu, langkah awal yang bisa Anda lakukan jika motor matic Anda tidak mau menyala adalah dengan memeriksa tangki bensinnya. Pastikan Anda memiliki bensin yang cukup untuk digunakan.

  • Coba Gunakan Kick Starter

Kick starter, yang dikenal juga sebagai engkolan, bisa menjadi alternatif untuk menghidupkan motor matic yang tidak bisa di-starter. Komponen ini berada di dekat roda, persis di samping footstep atau pijakan motor. Untuk menghidupkan motor matic menggunakan metode ini, Anda bisa mengengkol bagian tersebut dengan kaki hingga motor menyala. Metode ini sering digunakan ketika aki mengalami masalah.

  • Periksa Sistem Starter

Penyebab lain yang membuat motor matic susah dinyalakan bisa jadi karena korsleting pada sistem starter. Ini umumnya terjadi pada terminal 30 starter yang terletak di bagian logam mesin dan terhubung ke massa aki. Hal ini bisa menyebabkan sekring terputus dan motor menjadi tidak bisa menyala. Untuk memastikan, Anda perlu memeriksa sistem korsleting dan mencari adanya kerak hitam atau tanda-tanda terbakar. Solusinya adalah dengan membersihkan kerak tersebut dan memasang kembali sekring dengan tambahan penyekat untuk mencegah terjadinya korsleting lagi.

Viral :   Cara Membedakan Knalpot RCB Asli dan Palsu

Cara Perawatan starter motor matic

Berikut adalah parafrase dari kalimat yang Anda berikan dengan gaya bahasa yang lebih manusiawi:

1. Kebiasaan Membersihkan Bagian Starter

Membersihkan komponen motor secara berkala itu sangat berguna, termasuk menjaga electric starter agar bekerja optimal. Area yang harus dibersihkan adalah konektor pada motor starter dan tombol starter. Kotoran di sana bisa menghambat fungsi starter. Untuk membersihkannya, cukup buka dudukan tombol starter dengan obeng, lalu gosok konektornya dengan amplas halus. Biasanya di sana terdapat kerak yang muncul dari pemakaian.

2. Pentingnya Service Berkala

Salah satu kunci menjaga electric starter adalah dengan service teratur. Saat service, mekanik akan memeriksa semua bagian motor, dari roda hingga sistem kelistrikan. Rutin melakukan service tidak hanya menjaga starter tetap baik, tetapi juga membuat motor Anda tetap terasa seperti baru. Tidak yakin? Coba saja lakukan secara berkala.

Viral :   5 Cara Merawat Interior Mobil Mewah

3. Memanfaatkan Kick Starter Sesekali

Sebagai perawatan tambahan, gunakan kick starter sesekali. Ini membantu mengurangi beban pada electric starter. Tapi ingat, lakukan ini hanya jika kondisi fisik Anda memungkinkan. Menggunakan kick starter secara bergantian bisa menjaga kualitas kelistrikan dan dynamo starter, serta berguna saat motor membutuhkan tenaga ekstra saat dinyalakan.

4. Perhatikan Switch Tuas Rem pada Motor Matic

Pada motor matic, penggunaan electric starter memerlukan penekanan tuas rem karena adanya switch di tuas tersebut. Jika motor tidak merespon saat tombol ditekan, mungkin ada masalah dengan switch ini. Anda bisa memperbaikinya di bengkel atau melakukan perawatan rutin pada skuter matic Anda.

Itulah beberapa tips mudah untuk merawat electric starter. Walaupun membutuhkan usaha, setidaknya Anda bisa terhindar dari kerusakan serius pada kendaraan.