Penyebab Kelistrikan Motor Vario Mati Total

Penyebab Kelistrikan Motor Vario Mati Total

Kalau kamu punya sepeda motor Honda Vario, mungkin kamu pernah ngalamin masalah ini, yaitu vario 125 mati total. Masalah ini sering banget terjadi pada sepeda motor jenis ini, dan bisa dipicu oleh beberapaPenyebab Kelistrikan Motor Vario Mati Total yang beda-beda. Kalau kamu ngalamin masalah ini, artikel ini bakal kasih beberapa solusi yang bisa kamu coba sebelum bawa sepeda motor kamu ke bengkel. Di artikel ini, kita bakal ngomongin beberapa hal yang penting buat diketahui dan dilakuin pas ngadepin motor vario mati total beserta apasaja Penyebab Kelistrikan Motor Vario Mati Total.

Penyebab Kelistrikan Motor Vario Mati Total

Sebelum kita ngomongin cara ngadepin masalah motor vario mati total, yuk kita bahas dulu beberapa faktor yang bisa jadi Penyebab Kelistrikan Motor Vario Mati Total yang paling sering terjadi.

1. Sistem Kelistrikan Bermasalah

Sistem kelistrikan di Vario itu rumit banget, dan kalau ada masalah di salah satu komponennya, bisa bikin sepeda motor mati total. Ini bisa disebabkan oleh kabel yang putus dan kudu diganti, baterai yang mati atau rusak, fuse yang putus, atau masalah di sistem pengisian.

1. Sekering Putus

Sekering berperan sebagai pelindung rangkaian kelistrikan motor dari arus listrik yang besar. Fungsinya mencegah lonjakan arus listrik beramper tinggi yang dapat membakar kabel tipis. Sekering yang putus dapat menyebabkan kelistrikan motor mati dan mesin tidak dapat hidup.
Motor itu sendiri memiliki beberapa sekering seperti sekring kelistrikan body atau mesin. Nah, untuk menyelesaikan masalah ini maka kamu harus mengganti sekering yang putus itu. Namun sebelum menggantinya, kamu juga bisa memeriksa penyebab lainnya yang mungkin terjadi.
Aki Tekor
Komponen aki yang sudah tekor juga dapat menjadi penyebab kelistrikan menjadi mati. Aki yang sel elektrolitnya kering, bocor atau komponennya kimianya sudah tidak dapat berguna lagi. Performanya yang menurun juga tidak dapat membuatnya menyimpan energi listrik lagi.
Untuk menyelesaikan masalah aki tekor ini maka kamu harus mengganti aki motor dengan yang baru. Pastikan juga untuk menggunakan aki yang baru dan sesuai dengan saran pabrikan. Jangan menggunakan aki yang tidak original karena tidak tahan lama dan bisa merusak komponen lain.

Viral :   Ini Dia Tips Aman Menyetir untuk Pemula yang Baru Belajar

2. Kelistrikan Motor Mati karena Spul Rusak

Spul adalah salah satu komponen motor yang berperan untuk menyuplai tenaga listrik ketika mesin menyala. Jika spul rusak, maka tidak ada aliran listrik namun mesin masih dapat menyala karena ada aki. Akan tetapi, motor juga akan segera mogok dan mati karena aki yang sudah tekor.

Semua komponen lampu pada motor dan mesin juga tidak dapat kita nyalakan lagi. Spul rusak itu sendiri dapat terjadi karena penuaan isolasi dan penumpukan panas pada gulungan kawat. Jika spul sudah rusak, maka kamu harus menggantinya agar spul dapat berfungsi lagi.

3. Kiprok Lemah atau Rusak

Kiprok adalah komponen yang berperan untuk meregulasi tegangan dari spul agar tidak melebihi 14 V. Ketika kiprok rusak atau lemah maka tegangan kelistrikan motor juga dapat semakin lemah. Bahkan tegangannya dapat di bawah 10 V yang pastinya kurang untuk kebutuhan motor.
Kebutuhan listrik motor yang lebih tinggi daripada listrik yang masuk membuat kelistrikan motor mati. Akibatnya motor kita tidak dapat menyala dan lampu maupun komponen lainnya juga terganggu. Kamu pun harus segera mengatasi kiprok yang lemah itu agar dapat kembali normal.

4. Ada Korsleting

korsleting dapat terjadi saat arus positif langsung menempel pada arus negatif tanpa melewati beban kelistrikan. Sehingga dampaknya semua arus yang tersimpan akan mengalir dalam kapasitas tinggi. Dampaknya ada dua, jika korsleting di dalam rangkaian utama maka sekring akan putus.
Hal itu tentunya akan menyebabkan semua kelistrikan pada kendaraan menjadi mati total. Jika korsleting terjadi di jalur tanpa sekring maka aki akan terkuras habis dan menjadi tekor. Aki yang tekor pastinya juga dapat menjadi penyebab utama kelistrikan pada kendaraan mati.

Viral :   Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Online Lebih Praktis

2. Komponen Mesin Bermasalah

Selain masalah di sistem kelistrikan, vario 125 mati total juga bisa disebabkan oleh masalah di komponen mesin. Komponen yang sering jadi penyebab mati total di Vario 125 antara lain karburator yang rusak, mesin yang kepanasan, dan ada masalah di busi.

Cara Mengatasi Motor Vario Mati Total

Setelah tau beberapa faktor yang bisa bikin masalah vario 125 mati total, ini beberapa solusi yang bisa kamu coba salah satunya pas ngalamin masalah itu.

1. Cek Sistem Kelistrikan

Langkah pertama yang harus kamu lakuin adalah cek sistem kelistrikan kamu. Kamu bisa cek kabel, baterai, dan fuse (sekering) buat pastiin gak ada masalah di komponen itu.
Di baterai, pastiin kondisinya masih oke dan bisa ngisi daya maksimal. Terus, di fuse, pastiin gak ada kabel yang putus dan semua konektor dalam keadaan yang oke.

2. Periksa Komponen Mesin

Selain sistem kelistrikan, kamu juga harus periksa komponen mesin. Pastiin gak ada masalah di karburator kamu, dan pastiin mesin dalam kondisi yang oke. Jangan lupa buat periksa busi dan pastiin masih dalam kondisi yang oke.

3. Bersihin Kabel-Kabel Kelistrikan

Kabel-kabel kelistrikan yang kotor juga bisa jadi penyebab masalah vario 125 mati total. Makanya, coba bersihin kabel-kabel itu secara rutin biar tetap bersih dan dalam kondisi yang oke.

4. Bawa ke Bengkel

Kalau kamu udah lakuin beberapa solusi di atas tapi masih ngalamin masalah vario mati total, mending bawa sepeda motor kamu ke bengkel buat dicek lebih detail. Tanya sama mekanik buat ngecek seluruh sepeda motor kamu biar dapet diagnosis masalah yang tepat.