Tips Memilih Speaker Mobil
www.pixabay.com

Tips Memilih Speaker Mobil Bagus dan Berkualitas

Mengalami masalah pada speaker mobil sehingga membuatmu merasa sebal? Hal ini seringkali dialami banyak pemilik mobil. Speaker yang rusak nyatanya akan membuat kenyamanan dalam mendengarkan audio menjadi terganggu. Speaker yang sudah lama memang bisa mengalami kendala.

Kerusakan juga bisa terjadi karena perawatan dan penempatan yang kurang baik. Maka, pemilik kendaraan memang harus senantiasa melakukan perawatan sebaik mungkin sehingga berbagai bagian di dalamnya akan terjaga. Ketika speaker mobilmu rusak, apa yang seharusnya dilakukan? Apakah langsung harus diganti yang baru?

Tips Memilih Speaker Mobil Berkualitas

Ada berbagai macam jenis speaker untuk kendaraan roda empat untuk dipilih sesuai dengan keinginan. Nah, tanpa memilih jenis yang berkualitas, maka suara yang akan didengar akan menjadi kurang nyaman. Maka, pastikanlah memilih merk tepat dan pas untuk mobil sehingga bisa membuat waktu di dalam mobil ketika berkendara menjadi nyaman.

Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi, maka perkembangan peralatan satu ini juga semakin bervariasi. Ada banyak sekali jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ketika kamu memutuskan untuk membeli speaker mobil baru, inilah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

  1. Cari tipe yang pas

Langkah pertama untuk mendapatkan speaker dengan kategori pas adalah memilih tipe sesuai. Berbagai bentuk tipe tersedia sesuai dengan masing-masing kebutuhan konsumen. Ada speaker yang menggunakan desain superior dan memberikan suara terbaik. Komponennya meliputi woofer serta tweeter yang disesuaikan.

  1. Ukuran

Ukuran dari speaker juga merupakan salah satu hal yang harus kamu pikirkan. Jangan sampai member yang terlalu besar sehingga memakan tempat di kabin mobil. Kamu bisa mengunjungi toko aksesoris kendaraan roda empat agar bisa mendapatkan speaker yang sesuai dengan bawaan.

  1. Sensitivitas

Sensitivitas dimaksud disini adalah tingkatan volume yang nantinya akan dikeluarkan oleh benda tersebut. Ada beberapa jenis yang bisa mengeluarkan volume tinggi dan ada pula yang cenderung rendah. Ini bisa disesuaikan mengacu pada seberapa daya speaker tersebut.

  1. Bahan pembuat

Bahan pembuat atau materi merupakan hal penting untuk dipikirkan. Material pembuat biasanya sesuai dengan harganya. Kamu bisa memilih yang berkualitas dari bahan karet karena akan lebih tahan lama. Bahan lain yang biasa digunakan adalah bahan tweeter dan woofer

Viral :   Cara Cabut Berkas Mobil, Syarat & Biayanya

Cara Memasang Speaker Mobil yang Benar

Bagi kamu yang bermaksud untuk memasang benda ini pada kendaraan, perlu memperhatikan beberapa hal. Tanpa memperhatikan teknik tepat, maka bisa saja terjadi salah pemasangan. Jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin kalau terjadi kerusakan. Maka, apa saja hal untuk dipelajari ketika akan melakukan pemasangan speaker?

  1. Memahami komponen

Dalam melakukan pemasangan speaker mobil, terlebih dahulu kamu harus memahami komponen apa yang ada pada benda tersebut. Biasanya, kamu akan membutuhkan beberapa peralatan terkait seperti obeng kembang, tang potong, amplifier audio, selotip, maupun pengupas kabel. Sediakan terlebih dulu peralatan tersebut.

  1. Memastikan jarak tepat antaa kabel dan subwoofer

Pahami dengan baik jarak antara subwoofer amplifier pada masing-masing kabelnya. Tanpa memperhatikan hal tersebut, proses pemasangan akan berjalan dengan lebih lambat.

  1. Mempersiapkan head unit

Jangan lupa, panduan selanjutnya untuk kamu perhatikan adalah mempersiapkan head unit. Panduan pemasangan biasanya sudah tersedia dalam buku petunjuk. Supaya hasil suara lebih bagus, jangan lupa lakukan setting pada bagian power amplifier.

  1. Pengaturan rear speaker

Pastikan kamu juga telah melakukan pengaturan pada bagian rear speaker. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan Low Pas Filter untuk nantinya dihubungkan pada bagian output rear speaker. Kamu bisa menggunakan speaker out woofer dalam melakukannya.

  1. Membuat Amplifier menjadi off

Saat kamu sedang tidak mendengarkan music, maka pastikan posisi fitur head atau seringkali disebut dengan remot. Ini bisa digunakan untuk mengoperasikan power amplifier agar bisa berjalan selaras.

  1. Pasang bagian sekring

Langkah terakhir, kamu bisa melakukan pemasangan pada bagian sekring. Pastikan jarak antara kabel sekring dan aki mobil paling tidak sekitar 30 cm. Jika terlalu dekat dengan lokasi mesin, ini bisa menimbulkan panas.

Viral :   Begini Cara Mudah Memilih Kaca Film Mobil Berkualitas

Bagaimana, cukup mudah bukan? Kini kamu bisa mencoba melakukan pemasangan sendiri di rumah tanpa harus ke salon mobil. Benda ini rupanya memang sangat dibutuhkan untuk membuat mobil menjadi lebih nyaman. Maka, pastikanlah speaker mobil terpasang dengan baik dan sempurna.