bayar pajak motor di indomaret

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret & Alfamart

Membayar pajak adalah kewajiban pemilik kendaraa bermotor baik roda dua maupun roda empat. Apalagi kini membayar pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di minimarket terdekat misalnya seperti Indomaret dan Alfamart. Bayar pajak motor di indomaret maupun di Alfamart ternyata cukup mudah sekali dan juga cepat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pembayaran pajak ini berkewajiban di bayarkan setiap tahun.

Dimana hal ini sudah di atur dalam UU No. 28 Tahun 2009 mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Meski demikian, masih ada sebagian pemilik kendaraan yang enggan membayarkan pajak tahunannya dengan alasan kaena tidak ada waktu untuk datang ke kantor Samsat. Padahal bayar pajak sekarang tidak harus datang ke kantor Samsat lagi, anda bisa melakukan transaksi pembayaran pajak di minimarket terdekat saja.

Indomaret dan Alfamart dapat melayani pemabayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Maka anda bisa melakukan kewajiban bayar pajak denga lebih mudah tanpa harus datang ke kantor Samsat. Ingin tahu bagaimana prosedur bayar pajak motor di Indomaret atau di Almart? Mari simak selangkapnya di bawah ini!

Persyaratan bayar pajak di Minimarket

Unruk melakukan pembayaran pajak di Indomaret dan Alfamart terdapat beberapa dokumen yang perlu anda siapkan terlebih dahulu dan persyaratan ini lebih simple daripada persyaratan yang harus di bawa ketika membayar pajak di kantor Samsat, yaitu:

Viral :   Cara Memilih Carbon Cleaner untuk Mobil Paling Efektif

– KTP (Kartu Tanda Penduduk)

– STNK asli (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

– Nomor hp yang aktif

Cara pembayaran pajak di Indomaret

  • Siapkan dokumen persyaratan yang sudah di sebutkan sebelumnya (STNK, KTP, dan nomor hp yang aktif)
  • Kunjungi Indomaret terdekat lalu katakan pada pihak kasir bahwa anda ingin melakukan transaksi bayar pajak kendaraan bermotor.
  • Serahkan informasi yang dibutuhkan kepada kasir misalnya seperti nomor polisi, dan nomor mesin sesuai yang tertera di dalam STNK, dan juga no hp anda (pemilik kendaraan)
  • Jika sudah, maka akan muncul nominal nilai pajak yang harus anda bayarkan. Pemabayaran pajak serta biaya administrasi dilakuakn secara langsung. Kepada kasir.
  • Setalah itu anda akan menerima struk pemabayran dan pemilk kendaraan anda menerima SMS barupa tautan (link bitly) yang berisi ERi atau Electronic Registration Identification dari Polri.
  • Selanjutnya, klik link tersebut, lalu akan muncul tampilan gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pemabayran pajak elektronik / e-TBPKP yang di sertai dengan QR code.
  • Ingat, simpan bukti pembayaran tersebut (struk pembayaran, e-TBPKP, dan juga QR code) yang nantinya akan digunakan sebagai persyaratan. Untuk pengesahan STNK di kantor polisi.
Viral :   Tips Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning

e-TBPKP dengan QR code ini merupakan tanda bukti pelunasan pajak kendaraan dan b ukti pengesahan STNK yang sah, sehingga QR code ini dapat menjadi bukti STNK sah saat ada razia di jalanan. Perlu diperhatikan bahwa batas waktu penukaran bukti pembayarn untuk mengesahkan STNK di kantor Samsat paling lambat adalah 30 hari. Maka jika lewat dari 30 hari ini STNK belum disahkan juga, kendaraan akan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Cara pembayaran pajak di Alfamart

Pembayaran pajak ini, selain di Indomaret, anda juga bisa melakukannya di Alfamart. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi cabang Alfmart yang paling dekat dengan rumah anda dengan membawa dokumen persyaratan di atas (STNK, KTP, dan juga no hp)
  • Sipakan uang tunai sesuai dengan nominal besaran pajak yang akan dibayarkan.
  • Berikan informasi nomor kendaraan sesuai dengan STNK kepada pihak kasir.
  • Jika sudah diproses, maka kasir akan memberitahukan kepada anda terkait besaran pajak yang perlu dibayarkan. Dan tunggu hingga selesai.
  • Selanjutnya, kasir akan memberikan struk pembayarann yang harus anda simpan baik-baik dan tidak boleh hilang.