cara memasang accu mobil

Cara Memasang Accu Mobil Yang Baik dan Benar

Cara memasang accu mobil yang baik dan benar memang perlu diketahui demi lebih memperhatikan serta merawat kendaraan terutama mesin kendaraan anda. Komponen accu pada sebuah mobil mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu untuk memberikan daya listrik utama guna memenuhi seluruh kebutuhan perangkat elektronoik mobil itu sendiri. Tanpa adanya accu atau aki maka sebuah mobil tidak akan bisa bekerja secara optimal.

Adapun penyebab aki mobil tekor umumnya karena pemasangan accu yang salah dan juga karena anda jarang memans mobil atau bisa jadi.  Karena kapasitasnya memang kecil serta sudah berumur tua. Penyebab mobil sulit distarter juga karena accu mobil, maka dari itu periksa dan lakuakn perawtan secara rutin sebelum hal-hal yang tidak diinginkan ,ainnya terjadi. Jika dibiarkan begitu saja, maka performa mobil anda akan menurun, termasuk gejala lainnya yang akan timbul seperti AC tidak sejuk lagi sampai mesin mobil yang sulit menyala. Jika sudah begini, tentu anda harus memang accu baru pada mobil anda, dan berikut ini caranya:

Cara Memasang Accu Mobil

  • Memasang accu mobil dengan melepas accu yang lama dahulu

Pertama-tama anda perlu melepas accu lama terlebih dahulu dengan membuka kap mobil lalu melepas kabel, klem dan juga baut yang ada di bagian kutub negatif dan dilanjutnya di bagian kutup positif. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hubungan listrik arus pendek yang dapat menyebabkan korsleting. Matikan mesin kendaraan anda dahulu sehingga tidak ada aurs listrik yang mengalir saat proses pemasangannya.

Viral :   Beragam Jenis Bahan Bakar Alternatif yang Perlu Diketahui

Jika sudah terlepas semuanya, angkat aki perlahan dengan tegak lurus supaya jika tipe accu mobil anda basah, maka cairan di dalam accu tersebut tidak akan tumpah keluar. Biasanya anda akan memelihat bagian seperti kabel dan juga klem aki yang apabila tidak bersihkan maka akan terdapat karat yang sangat mengganggu. Maka sebaiknya bersihkan karat tersebut dengan menggunakan cairan khusus. Karat ini jika diabaikan begitu saja bisa menjadi penghalang masuknya aliran listrik sehingga daya listrik yang diperlukan perangkat lain yang ada di dalam mobil dapat berkurang.

  • Posisikan accu tegak lurus

Kini saatnya masuk pada tahapan pemasangan accu mobil. Anda bisa mendapatkan accu mobil di pasaran serta toko-toko otomotif terpercaya lainnya dan ketahui kebutuhan accu yang tepay suapata tidak dalah beli. Untuk pemasangan accu baru, letakkan accu secara tegak lurus pada bagian dudukannya. Lalu lakukan cara seperti melepas aku lama yang tadi. Pasang kabel positif terlebih dahulu le terminal positif, kemudian dilanjutnkan pemasangan kabel negatif ke terminal negatif. Hal ini untuk menghindari percikan api pada kutup positif.

  • Pemasangan kabel positif dan negatif

Ingat, pada saat setelah memang kabel positif lalu dilanjutnya dengan kabel negatif pada terminal aki, dapat dipastikan akan muncul percikan api. Tetapi anda tak perlu bingun karena ini merupakan hal yang wajar terjadi. Percikan api tersebut akan berhenti jika kepala ccu sudah terpasang dengan sempurna.

  • Pemeriksaan bagian kabel dan klem

Jika sudah, jangan lupa memastikan semua bagian perkabelan dan jhga klem. Telah terpasang sempurna. Jangan sampai ada yang masih kendor ataupun terkunci tidak sempurna karena mobil pasti tidak akan menyala ketika anda mencobanya.

  • Nyalakan mesin kendaraan

Jika anda sudah yakin bahwa semua komponen accu telah terpasang dengan baik dan sempurna, kini coba nyalakan kendaraan anda. Tunggu beberapa sat sampai semua berjalan dengan baik. Nah sekarang mobil anda sudah bisa kembali dikendarai dengan nyaman seperti biasa.

Viral :   Cara Mengatasi Mobil Bau Apek Serta Penyebab Bau Apek di Mobil

Kondisi mobil yang prima memang harus tetap dijaga setiap saat, jangan sampai kendarran anda mendapatkan masalah pada saaar di tengah perjalanan yang tentu saja sangat mengganggu mobilitas anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya:)