Cara Membeli Mobil STNK Only Yang Aman

Cara Membeli Mobil STNK Only Yang Aman

Cara Membeli Mobil STNK Only Yang Aman akan kami bahas sampai tntas pada artikel kali ini. Tidak dapat dipungkiri lagi, membeli mobil dengan STNK saja tanpa disertai dengan dokuemn lainnya memang lumayan murah dan cukup menggiurkan. Terkadang ada saja orang yang tergiur untuk membelinya. Tapi ingat, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Simak selengkappnya dibawah ini!

Cara Membeli Mobil STNK Only

  • Jangan coba-coba beli secara online

Seringkali kita temui di beranda facebook, dimana seseorang menjual berbagai macam mobil maupun kendaraan bermotor lainnya STNK only dan mengaku bahwa kendaraan tersebut legal sebab didapatkan dari leasing. Sebaiknya anda harus waspada pada pembelian yang seperti ini apalagi jika melalui media online sebab ditakutkan itu hanya oknum penipuan yang ingin mencari korbannya melalui media online. Maka dari itu jika anda ingin membeli mobil STNK only, pastikan kendaraan tersebut ada dan anda dapat melihatnya secara langsung bukan hanya lewat foto atau video saja. Berhati-hati jauh lebih baik bukan? Dari pada menyesal di kemudian hari.

  • Waspada pada mobil STNK only dengan harga miring

Kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan dokumen-dokumen resmi biasanya harganya akan jatuh. Akan tetapi jika harganya terjun bebas bahkan tak wajar. Maka anda harus waspada, karena bisa jadi ini bodong. Bila perlu jika anda ingin membeli kendaraan seperti ini, coba tayakan kepada teman ataupun tetangga yang perlu berurusan dengan jual beli kendaraan. Tapi anda harus tetap waspada, sebab di zaman selarang teman sendiri pun terkadang tega menipu sahabatnya.

  • Beli langsung di toko jual beli kendaraan bekas

Padda umumnya toko-toko ataupun jasa penjualan kendaraan terkadang menyediakan unit mobil sperti ini yaitu STNK only tanpa adanya BPKB. Jika ada, anda bisa langsung tanyakan apakah ada mobil seperti ini ataukah tidak? Dan biasanya mereka meletakkan di tempat lain ataupun digudang belakang.

  • Pahami resiko membeli kendaraan STNK only

Sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil STNK only, pastikan anda memahami bahwa kendaraan yang tidak dilengkapi dengan dokumen lengkap termasuk barang yang bermasalah, misalnya bisa jadi ini barang hasil penggelapan dari kredit macet, barang curian dan lainnya. Maka anda harus mengetahui resiko apa yang akan anda tanggung. Jika anda memang sudah tau dan siap menerima apapun kemungkina yang. Terjadi, silahkan lanjutkan untuk membelinya. Namun jika anda ragu-ragu, sebaiknya belilah kendaraan yang memiliki dokumen maupun surat-surat resmi supaya lebih aman.

  • Ketahui riwayat mobil STNK only yang anda beli

Mengetahui riwayat kendaraan STNK only yang anda beli sangat perlu untuk diketahui. Pastikan anda menelusuri lebih lanjut bahwa mobil tersebut bukanlah kendaraan dari tindak kejahatan yang tentunya akan membahayakan anda di masa mendatang. Lebih baik lagi bila anda membeli mobil tersebut memang dari tangan pertama untuk memastkan bahwa kendaraan tersebut bukan hasil tindak kejahatan. Caranya pun mudah saja, cukup cocokkan nama yang tercantum  pada STNK tersebut dengan KTP si penjual. Biasanya banyak para pemilik kendaraan karena kebutuhan yang mepet sehingga butuh uang cepat akhirnya rela menggadaikan BPKB kendaraan mereka sendiri yang pada akhirnya mobil tersebut hanya mempunyai STNK saja untuk kelengkapan dokumennya. Anda juga memastikan surat-surat lainnya selain STNK misalnya seperti faktur pembelian dan sebagainya.

  • Jangan kendarai mobil STNK only ke luar kota

Biasanya kendaraan-kendaraan seperti ini rawan sekali terkena tilang ataupun razia oleh petugas padahal sudah dilengkapi dengan STNK yang biasanya menjadi dokumen yang sering kali dimintai oleh petugas. Akan tetapi jika kendaraan itu memang bermasalah maka tetap saja rawan digunakan untuk bepergian ke luar kota. Apalagi jika mobil tersebut memang hasil dari penggelapan, bisa jadi anda akan dikenai tuduhan sebagai pencuri atau bahkan penadah. Makin repot bukan?

Viral :   Cara Balik Nama Mobil Dan Mutasi, Syarat dan Biayanya.

Sebagai catatan kami sangat tidak menyarankan untuk membeli kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor STNK only karena selain dapat merugikan diri sendiri anda juga da[at merugikan orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda 🙂