Cara Membersihkan Interior Atap Mobil

Cara Membersihkan Interior Atap Mobil Agar Tidak Kelihatan Dekil

Cara membersihkan interior atap mobil sering kali terabaikan sehingga lupa dibersihkan. Padahal tanpa disadari saat anda membuka kaca mobil, interior atap mobil terkena debu serta kotoran dari luar jendela yang akibatnya memnuat atap menjadi dekil. Supaya lebih nyaman saat berkendara, pastinya kebersihan interior mobil harus selalu diperhatikan, termasuk atap mobil atau langit-langit mobil. Sebenarnya untuk membersihkan interior atap mobil terbilang susah susah gampang karena bahan materialnya yang sulit dibersihkan.

Penyebab interior atap mobil dekil

Tak hanya debu yang dapat memicu atap mobil anda menjadi kotor, namun paparan asap rokok juga bisa. Oleh sebab itu, merokok dalam kendaraan sangat tidak dianjurkan. Merokok di dalam mobil tanpa anda sadari membuat jok berlubang kecil-kecil serta menimbulkan efek kuning pada atap mobil anda. Paparan asarp rokok yang diserap kain atap mobil inilah yang membuat menguningnya interior atap mobil anda. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka akan terlihat dekil dan bercak-bercak kotoran tersebut memberikan kesan jorok pada atap mobil anda. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Cara Membersihkan Interior Atap Mobil

Pertama-tama anda bisa menggunakan lap mikrofiber untuk membersihkan interior atap mobil. Dimana lap mikrofiber ini mempunyai kemampuan untuk mengangkat kotoran dan debu pada atap mobil. Akan tetapi jangan sekali kali menggunakan lap ini dalam kondisi basah. Maka pastikan lap ini tetap kering dan bersih untuk menyeka atap mobil. Perlu diketahui bahwa lap mikrofiber hanya digunakan untuk kotoran yang bersifat ringan atau untuk debu belum lama menempel. Adapun caranya yaitu dengan menyeka searah dan ulangi beberapa kali. Penggunaan lap ini juga tidak akan merusak serat interior atap mobil anda. Dan hindari juga pemakaian vacum cleaner saat membersihkan atap mobil, sebab daya hisap vacum cleaner yang kuat inni bisa membuat serat atap mobil menjadi cepat mengendur.

Viral :   Panduan Lengkap Cara Aman Beli Motor STNK Only

Manfaatkan campuran air & cuka

Untuk menghilangkan minyak pada interior atap mobil dapat menggunakan campuaran air beserta cuka. Cairan ini dinilai sangat efektif sebab tidak merusak lem maupun serat pada plafon mobil. Adapun cara mencampur kedua bahan ini adalah dengan perbandingan 3:1 (3 untuk air dan 1 bagian untuk cuka). Jika sudah tercampur dengan sempurna, masukkan lap mikrofiber ke dalam wadah yang berisi campuran air dan cuka tadi. Kemudian seka noda atau kotoran minyak di atap mobi.

Cara aman membersihkan interior atap mobil

Selanjutnya dalam membersihkan atap mobil tentunya tidak boleh sembarangan sebab bahan atap mobil ini lumayan rapuh. Maka langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan membasahi kain mikrofiber dengan larutan di atas, tapi jangan terlalu basah. Lalu peras hingga tidak airnya dan hanya tinggal lembabnya saja. Apabila anda memakai kakn yang terlalu basah, maka justru akan membuat atap mobil menjadi lembab. Perlu diketahui bahwa kondisi atap mobil yang lembab akan menjadi tempat munculnya jamur atau bakteri dan akhirnya menimbulkan aroma yang bau.

Viral :   Tips Membeli Mobil Matic Bekas yang Bagus

Setelah anda membasi kain, usapkan kain lembab tersebut di bagian atap mobil dengan lembut dan perlahan untuk menghondari resiko sobek atau rusak. Jika pada imterior atap mobil anda terdapat noda yang membandel, anda bisa menambahkan cairan khusus pembersih atap mobil yang bisa dibeli di toko-toko aksesoris mobil. Kemudian tuangkan cariran tersebut di kain dan jangan langsung menyemprotkannya ke atap mobil. Jika sudah, usapkan ke atap hingga noda tersebut hilang. Ingat, ketika membersihkan noda ataupun kotoran yang membandel sekalipun, tetap gosok searah dengan lembut supaya serat atap mobil anda tetap rapi dan tidak cepat rusak.

Untuk mengatasi noda yang membandel, jangan hanya lakukan cara ini sekali saja. Namun harus berulang kali. Dengan catatan, anda bisa mengulangi cara di atas lagi ketika atap mobil sudah dalam kondisi mengering. Hal ini untuk mencegah lem maupaun kain atap mobil lepas. Kemudian barulah bersihkan kembali menggunakan cairan pembersih beserta kain dengan langkah maupun cara seperti disebutkan diatas sampai noda atau kotoran betul-betul hilang.