Cara Membersihkan Saringan AC Mobil

Jangan Sembarangan! Begini Cara Membersihkan Saringan AC Mobil

Cara membersihkan saringan ac mobil wajib anda ketahui dengan benar dan jangan sembarangan karena harus dilakukan secara rutin. Saringan AC mobil memang sering kali kotor karena seiring dengan penggunaan. Kn tetpi bukan berarti anda mendiamkannya begitu saja. Tentu komponen yang kotor pasti perlu segera dibersihkan, tak terke uali komoponen saringan AC ini.
Bagi anda yang mungkin belum mengerti apa saja fungsi dari saringan AC, dimana saringan AC ini berguna untuk membeuat udara pada kabin mobil menjadi terasa nyaman ketika di hirup oleh hidung kita. Ini berkat saringan ataupun filter AC yag dapat menyaring udara keluar dari lubang AC, alhasil udara di dalam kabin bisa tetap bersih dan juga sehat. Selain herus rutin membersihkan saringan AC, komponen yang satu ini juga memiliki ketentuan secara khusus yaitu anda harus mengganti saringan AC ini setiap 6 bulan sekali atau jika kendaraan anda telah menempuh jarak hingga 10.000 kilometer (berlaku kelipatan). Apabila saringan AC tidak segera dibersihkan ataupun diganti secara rutin, maka dapa menimbulkan aliran udara yang terhambat sehingga AC tidak dingin dan juga penyebab AC mobil menjadi bau. Untuk selengkapnya, yuk simak sampai akhir!

Cara membersihkan saringan AC

Dalam melakukan beberapa langkah dalam membersihkan saringan AC ini sebetulnya anda tidak memerlukan alat yang khusus ataupun keterampilan tersendiri. Sebab proses pembersihannya dapat anda lakukan secara mandiri di rumah. Karena letak saringan AC di balik laci dashboard maka anda perlu perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

  • membersihkan saringan ac mobil dengan membuka laci dashboard

Pertama-tama anda harus membuka laci yang terdapat pada dashboard mobil anda. Caranya, tarik ke atas dari sisi sebelah kiri, lalu dilanjutkan ke kanan sampai laci dapat terlepas dengan sempurna. Lakukan langkah ini dengan hati-hati supaya tidak ada bagian yang patah ataupun rusak.

  • Pilih kompartemen saringan AC

Pada saat laci dashboard sudah berhasil terbuka, anda dapat melihat kompartemen saringan dan blower AC. Selanjutnya letakkan keduanya dengan posisi saling bertumpuk. Tetapi saringan AC atau filter AC biasanya berada pada bagian atasnya. Ingat, pastikan anda tidak salah dalam mengambil kompartemen filter AC.

  • Keluarkan saringan AC

Nah, saat ini waktunya untuk mengeluarkan saringan AC dengan cara membuka sistem pengunci yang berbentuk knop pada bagian sisi boxnya. Apabila box saringan Ac tersebut sudah terbuka, maka anda akan melihat komponen yang satu ini dan biasanya berwarna putih. Maka pastikan bahwa itu benar-benar saringan atau filter AC yang dimaksud.

  • Ambil saringan AC

Anda harus mengeluarkan saringan Ac secara perlahan. Karena biasanya sudah terdapat banyak debu yang menempel pada filter AC tersebut. Jika anda mengeluarkannya dengan buru-buru atau cepat maka debu tadi akan jatuh berantakan ke komponen lainnya. Jika sudah, kini mulailah membersihkan.

  • Proses membersihkan saringan AC mobil

Pada proses pembersihan saringan AC, anda perlu mengetuknya sampai debu keluar. Jika anda memiliki vacum cleaner ataupun compressor maka bisa anda gunakan untuk mempermudah dalam meniup sebu dari bawah saringan AC. Perlu diketahui, dalam proses pembersihan saringan AC mobil, jangan pernah gunakan air sabun untuk mencuci ataupun merendam filter AC tersebut. Hal ini karena bulu halus yang terdapat pada saringan AC yang berperan mengatasi debu akan hilang. Akibatnya saringan AC mobil anda tidak dapat bekerja denaga maksimal meskipun sudah dibersihksn. Maka berhati-hatilah.

  • Letakkan saringan AC di tempat semula

Jika filter Ac sudah dibersihkan, selanjutnya letakkan kembali ke dalam box. Lalu tutup laci serta kembalikan semua seperti komdisi semula. Bagaimana? Mudah kan!

Viral :   Cara Menghilangkan Lem Korea Di Body Mobil

Itulah informasi cara membersihkan saringan Ac mobil atau filter AC cepat dan mudah. Jika anda ragu untuk melakukannya secara mandiri di rumah, maka janganragu untuk membawanya langsung ke bengkel resmi kepercayaan anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya 🙂