Cara Membersihkan Wiper Mobil

Jangan Sepelekan! Begini Cara Membersihkan Wiper Mobil Yang Benar

Cara membersihkan wiper mobil mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang padahal nyatanya tidak demikian. Anda harus benar dalam membersihkan wiper supaya tidak terjadi lecet maupun baret pada kaca depan mobil anda yang pada akhirnya bisa mengganggu penglihatan ketika sedang mengemudi. Setiap komponen pada kendaraan sebetulnya memang harus rutin di periksa meskipun mobil jarang digunakan. Salah satunya seperti wiper yang tidak boleh dianggap remeh adalah cara perawatan wiper mobil supaya lebih awet. Ada beberapa cara membersihkan komponen yang satu ini yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Apalagi wiper pada mobil ini bekerja untuk membersihkan kaca depan mobil ketika turun hujan supaya pengemudi tetap fokus tanpa terhalang oleh air hujan yang turun meskipun sederas apapun. Lantas, bagaimana jika tidak sedang musim hujan atau bahakn musim kemarau? Apakak perlu membersihkan serta merawat wiper mobil juga? Perawatan serta membersihkan wiper mobil ini wajib selalu dilakukan. Dibawah ini ada 4 langkah yang bisa anda lakukan untuk membersihkan karet wiper yang baik dan benar.

Viral :   Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Film Mobil Dijamin Ampuh!

Cara Membersihkan Wiper Mobil

  • Periksa bagian karet wiper

Pertama-tama yang wajib anda lakukan adalah memeriksa karet wiper mobil anda. Apabila karet wiper kondisinya tidak ada yang retak, maka dapat dipastikan karet wiper anda baik-baik saja. Akan tetapi jika karet wiper ternyata sudah lapuk atau sudah mulai terlihat retak, berarti anda harus segera menggangtinya dengan yang baru supaya tidak terjadi lecet pada kaca mobil bagian depan anda.

  • Bersihkan pinggiran karet

Jika karet wiper masih bagus atau sudah anda ganti dengan yang baru jika perlu, sekarang saatnya kita membersihkan karet wiper. Hal yang peling penting untuk diperhatikan ialah jangan pernah sesekali mengelap pada pinggiran karet wiper sebab pada pinggiran karet wiper biasanya ada bagian komponen lapisan kimia yang berguna untuk enjaga elastisitas wiper tersebut. Selain itu, anda juga perlu memakai stand supya karet tidak menempel di kaca mobil. Dengan demikian kaca mobil anda tidak akan terganggu.

  • Manfaatkan cairan khusus pembersih wiper

Cairan yang digunakan untuk membersihkan wiper mobil pun tidak boleh sembarangan. Anda perlu memakai cairan khusus yang biasanya dijual atau tersedia di bengkel-bengkel mobil. Apabila sudah mempunyai cairan tersebut, selanjutnya tuangkan cairan pembersih khusus tersebut bersama dengan air dalam wadah.

  • Periksa kembeli kondisi karet wiper mobil

Setelah di periksa, bersihkan kembali karet wiper mobil menggunakan cairan khusus / WD cleaner untuk menjaga supaya wiper tetap bekerja dengan optimal. Dengan wiper yang sudah aman dan siap untuk digunakan kapanpun, tentu anda akan menjadi lebih tenang ketika berkendara meskipun hujan turun deras.

Viral :   Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic