Cara Memperbaiki Koil Mobil Kijang

Cara Memperbaiki Koil Mobil Kijang Serta Penyebabnya

Setiap pemilik mobil toyota kijang pasti ingin tau Cara memperbaiki koil mobil kijang serta perawatannya beserta penyebab koil rusak, selain itu juga lebih ramah di kantong. Namun tak semua orang dapat memahami secara langsung sebab memerlukan ketelitian yang tinggi. Seperti yang kita ketahui koil sendiri merupakan komponen yang vital bagi setiap mobil terutama dalam hal proses penyalaan. Dimana cara kerjanya yaitu dengan mengubah tegangan listrik 12v menjadi ribuan yang nantinya akan menyalakan busi sehingga dapat diubah menjadi pengapian.

Koil sendiri sering di sebut-sebut sebagai titik awal dari kehidupan sebuah kendaraan bermotor, sehingga jika koil bermasalah maka mesin akan sulit dinyalakan. Salah satu fungsi paling utama dari koil adalah untuk mengubah tegangan listrik menjadi pergerakan. Sementara di pasaran sendiri kini sudah banyak sekali dijual berbagai jenis koil dan untuk beberapa jenis kendaraan pula. Terdapat koil yang dapat digunakan untuk jenis mobil lainnya, tetapi pasti performa koil tersebut akan berbeda dengan standar yang seharusnya.

Koil Mobil Toyota Kijang

Mirisnya sampai saaat ini masih banyak pengguna kendaraan yang sering tertipu dengan membeli koil palsu, maka kami akan membahas ciri-ciri koil asli khususnya bagi mobil kijang super, kapsul, dan grand extra. Terkadang ada juga bengkel-bengkel yang tidak bertanggung jawab yang menawarkan koil KW ataupun koil murahan tapi di sebut asli. Akan tetapi banyak juga yang menawarkan koil kw dengan harga yang lebih mahal dari aslinya namun usia koil tersebut tidak lama.

  • Ciri-ciri koil asli

– Terdapat box beserta hologram (namun biasanya dijual tanpa box)

– Untuk koil asli ada dua jenis yakni mobil atau kia (harganya tidak jauh beda)

– Pada koil asli terdapat stiker hologram serta tulisan jeni koil dan merk yang ditekan dan diembos

– Bentuknya lebih rapi dan terdapat kasar di ujung koil

– Harganya mulai dari Rp 150 ribu – Rp 170 ribuan.

  • Ciri-ciri koil palsu

– Beberapa tidak ada merk dan hanya kotak hitam saja

Viral :   Cara Bersihkan Jok Mobil yang Kotor

– Sekalipun bermerk, biasanya pada stempel sablon pada koilnya saja dan tidak terdapat hologram.

– Bentuknya agak kasar dan diujung koilnya halus

– Biasanya harganya relatif lebih murah sekitar Rp 100 ribuan kebawah.

– Koil palsu untuk penggunaan darurat tidak mengapa daripada tidak sama sekali.

Nah, solusi maupun pencegahan terkena tipu koil palsu adalah dengan membeliny di toko suku cadang terpercaya yang memang hanya menjual suku cadang asli. Jika anda dalam kondisi darurat, maka harus berhati-hati terhadap penipuan. Dan sementara waktu tidak masalah jika terpaksa harus memakai koil palsu yang penting kendaraan masih bisa menyala.

Cara Memperbaiki Koil Mobil Kijang

Ketika koil mobil anda telah rusak, maka akan muncul beberapa ciri berikut ini:

– Saat kendaraan distarter, maka akan sulit menyala. Apalagi ketika koil panas.

– Mesin mobil mulai brebebet atau lumpuh

– Apabila kerusakan pada koil cukup parah, maka mobil bisa mati mendadak di tengah jalan

– Muncul suara menggelitik dari koil

– Serta muncul bunga api listri pada bagian koil.

Dalam beberapa kasus koil yang rusak memang harus diganti dengan koil yang baru. Akan tetapi jika kerusakannya tidak terlalu parah dan koil dalam keadaan terjepit, maka masih dapat diperbaiki. Misalnya koil rusak hanya karena bocor. Sementara koil yang mati ataupun tidak mengeluarkan bunga api sama sekali pada busi, sehingga koil mobil tersebut harus diganti dengan yang baru sebab koil tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Penyebab Dan Memperbaiki Koil Mobil Kijang

Kerusakan pada koil mobil kijang sering kali terjadi dikarenakan kabel busi yang terputus, terkelupas atau bahkan keretakan di bagian koil yang membuat koil menjadi bocor sehingga bunga api tidak sampai ke busi. Atau bisa jadi koil api kecil ang membuat koil mati ketika mesin panas.

Viral :   10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

Adapun cara yang mudah untuk mengatasi koil rusak ketika panas bisa dengan melakukan kompres koil dengan kain basah dan ini hanya untuk solusi sementara, namun koil harus tetap diganti. Cara memeperbaiki koil mobil kijang yang rusak akibat listrik bocor adalah dengan mencari penyebab koil bocor. Misalnya mobil yang memiliki distributor atau mobil bensin dengan sistem karburator yang mempunyai kabel busi yang panjang, bila ada kabel busi yang terputus bisa menyebabkan loncatan api dari koil ke area badan koil. Tentu hal ini karena aliran listrik tegangan tinggi yang berasal dari koil akan menemukan jalur pendek ke massa ataupun tanah (-). Kerusakan koil seperti diatas dapat menunjukkan percikan api dari koil ketika pengapian terjadi pada kabel buusi yang terputus. Contoh lainnya, apabila kabel busi silinder satu terputus, ketika pengapian busi terjadi pada silinder 1 maka ketika itu juga anda akan melihat loncatan bunga api dari koil ke bodi koil.

Adapun cara memperbaiki koil mobil kijang yang rusak karena tidak ada api yang keluar dari komponen busi di beberapa kasus yang terjadi karena kontak penyambung antara koil dan kabel busi terdapat kerak yang menghalangi aliran listrik itu sendiri dari koil menuju bbusi supaya api tidak keluar pada busi. Maka sebaiknya segera ganti koil jika koil tersebut rusak, misalnya koil ternyata retak pada sistem pengapian langsung, misalnya koil pada bensin kijang innnova, koil yang retal biasanya dikarenakan oleh overhaeting serta mesin dipaksa untuk menjalankan atau koil sudah diganti namun dengan koil berkualitas buruk. Ini karena celah yang telalu sempit antara koil dan dinding aluminium di area koil. Pada beberapa alasan yang memaksa sebelum anda mengganti dengan koil baru, maka koil yang retak masih dapat di tambal namun bersifat sementara.