Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas

Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas Yang Wajib Diperhatikan!

Cara mencari mobil bekas berkualitas tentu tidak berlangsung secara instan, karena harus melewati beberapa proses yang tepat. Keuntungan membeli mobil bekas daripada membeli mobil baru adalah anda bisa langsung menggunakannya. Selain itu membeli mobil baru juga sudah mengalami depresiasi 25%. Adapun harga jual mobil bekas pasti lebih murah dan anda tak lagi khawatir dengan pajaknya yang mahal. Sebab setiap tahunnya ada kemungkinan pajak nya bisa berkurang sesuai dari berapa harga pajak kendaraan baru anda. Namun, hanya saja apabila anda membeli mobil bekas sembarangan, maka kemungkinan besar bukan keuntungan yang anda dapatkan justru kerugian yang anda terima. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk membeli alangkah baiknya simak ulasan kami dibawah ini.

Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas

  • Tentukan budget

Sebelum anda memilih mobil bekas, hal pertama yang perlu anda pastikan ialah budget yang anda miliki. Sehingga anda akan lebih jelas merencanakan skema pembayaran dari awal serta tidak akan mengganggu keuangan anda di kemudian hari.

– Kedit

Yang perlu anda perhatikan saat memutuskan untuk kredit mobil bekas adalah berapa bunga yang dibebankan kepada anda. Umumnya membeli mobil bekas secara kredit cenderung mempunyai bunga yang lumayan tinggi hingga mencapai 6% daripada memebeli mobil baru yang biasanya hanya sekitar 3%.

– Over kredit

Over kredit mobil bekas juga bisa annda lakukan dengan syarat tidak melakuakan transaksi tanpa ada lembaga keuangan sebagai perpanjangan tangan. Biasanya di kemudian hari jika anda melakukannya tanpa sepengerahuan pihak yang berwajib akan ada kesulitan yang ditemukan yaitu pengurusan dokumen yang sering kali menjadi terkendala.

  • Survey tempat membeli mobil bekas berkualitas

Selanjutnya yang tak kalah penting anda juga harus mensurve tempat pembelian mobil bekas tersebut. Sebaiknya survey di tempat dealer offline supaya lebih memudahkan anda untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas daripada hanya memeriksanya melalui website ataupun secara online saja. Pasalnya resiko potensi terjadinya tindak kejahatan termasuk penipuan pada kondisi mobil sangat tinggi. Maka dari itu, sebaiknya cek secara offline dan juga online untuk memastikan ketersediaan mobil bekas yang ada.

  • Periksa kelengkapan dokumen

Jangan pernah sepelkan hal ini jika hendak membeli mobil bekas merk apapun. Membeli mobil bekas tanpa mengetahui kelengkapan surat-suratnya akan merugikan serta membahayakan anda di masa mendatang. Selain itu anda juga harus mengecek pembayaran pajak dan BPKB mobil bekas tersebut. Sesuaikan semua dokumen dan data apaah sama dengan jenis mobil bekas yang akan anda beli.

  • Mencari mobil bekas berkualitas dengan periksa fisik serta garansi resmi

Ketika anda melakukan pembelian mobil bekas, anda wajib melakukan pemeriksaan kondisi fisik mobil dengan teliti. Termasuk yang harus di perhatikan adalah jarak tempuh atau kilometer mobil serta usia mobil tersebut. Biasanya kilometer mobil yang terlalu tinggi ini menandakan bahwa mobil tersebut adalah mobil capek. Selain itu, garansi resmi mobil juga wajib anda tanyakan kepada penjual. Apabila mobil bekas yang akan anda beli masih memiliki garansi resmi service, maka itu akan menjadi sebauh keuntungan tersendiri bagi anda. Karena biaya garansi service mobil grais hingga jarak 50.000 km. Akan tetapi ini juga sesuai dengan jenis mobil yang anda kendarai. Nah supaya lebih mudah memantaunya, anda bisa melihat di dalam buku service mobil tersebut.

  • Periksa interior mobil

Cara mencari mobil bekas berkualitas juga harus melihat bagian interior mobil yang merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Karena bagian inilah yang banyak terdapat sistem kelistrikan yang wajib dijaga. Termasuk yang perlu anda perhatikan ialah di bagian elektronik misalnya seperti headunit sampai fungsi lampu. Pastikan juga pergerakan steeerig wheel, apakah ketka perpindahan transmisi terasa mudah ataukah malah sebaliknya. Jika tidak maka persneling mobil bekas tersebut sudah saatnya diganti dengan yang baru.

  • Periksa eksterior

– Bodi mobil

Pastikan mobil bekas yang akan anda beli tidak pernah mengalami modifikasi secara berlebihan pada struktur serta warna maupun mesin di dalamnya. Anda harus menghindari mobil yang telah dimodifikasi demi kenyamanan mobilitas anda di kemudian hari. Sebaiknya periksa komponen yang baru di perbaiki sebab bisa saja mobil tersebut bekas tabrakan atau lecet karena indikasi kecelakaan.

Viral :   Jam Operasional Busway Agar Tepat

– Mesin

Selanjutnya pada bagian mesin, buka kap mesin dan lihat serta paling tidak mesin dibersihkan. Perhatikan jika mesin mobil yang tidak terawat biasanya sisa-sisa debu akan keliahatan. Kemudian coba nyalakan esin 5 hingga 10 menit saja dan buka kap untuk mendengarkan apakah suara mesin masih halus ataukah sudah mudali tersendat-sendat. Jika suara mesin sudah mulai tesendat maka kemungkinan mesin mobil tidak berfungsi dengan baik. Anda juga dapat melihatnya melalui warna asap mobil yang dikeluarkannya.

– Aki serta cairan pada mobil

Aki yang berguna untuk menyuplai daya listrik untuk komponen-komponen yang ada pada mobil. Maka pastikan mobil bekas yang anda beli kondisi aki nya aman dan tidak soak. Biasanya tanda-tanda aki soak yang paling mudah adalah lampu mobil tidak menyala dengan terang dan suara klason juga mulai melemah.

Viral :   Cara Mengetahui Asuransi Mobil Wajib Anda Pahami!

– Suspensi

Jika suspensi suatu mobil bermasalh maka akibatnya mobil tidak akan berimbang atau miring. Hal ini biasanya terjadi karena mobil terlalu sering mengangkut beban yang berat sehingga steer mobil pun menjadi cenderung leih sulit dikemudikan dalam keadaan rendah. Atau anda juga bisa menandainya dengan melihat ketika mentup bagasi belakang, maka mobil akan cenderung berayun-ayun. Jika ini terjadi berarti suspensi mobil tersebut sudah rusak atau mulai bermasalah.

– Ban mobil

Ban mobil yang kempes mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang, tetapi jika hal ini dibiarkan terlalu lama bisa berakibat rusaknya suspensi mobil dan juga dapat membahayakan keselamatan anda sebagai pengemudi dan juga penumpang apalagi saat melintasi jalan yang berlubang. Maka jika anda menemukan ban mobil bekas yang kurang beroperasi dengan baik, sebaiknya pertimbangkan kembali jika ingin membeli mobil tersebut. Sebab nantinya anada akan membutuhkan spooring lagi untuk memperbaikinya..

– Kampas rem

Rem tangan mobil serta semua bagian rem dalam mobil adalah hal yang wajib anda kenali cara kerjanya. Jika anda merasa bahwa rem mobil tersebut tidak terlalu pakem, berarti bisa jadi kampas rem sudah mulai berkurang. Maka solusinya anda perlu memeriksa buku service serta riwayat perawatan yang pernah diberikan. Anda juga bisa menggunakan senter dan lihat untuk memastikan apabila kampas rem mempunyai ketebalan yang berkuurang kira-kira sudah tersisa 1/4. Anda harus lebih peka dengan kondisi kampas rem apalagi jika sudah mulai timbul bunyi dencitan ketika melakukan pengereman, berarti sudah waktunya anda melakukan penggantian.

  • Jangan terpengaruh dengan harga miring

Yang harus anda ingat-ingat adalah jangan pernah terpengaruh maupun tergiur dengan harga miring. Karena biasanya harga miring memiliki indikasi mobil yang sudah tua atau bahkan mobil bekas banjir. Untuk menghindari hal ini, maka anda harus memperhatikan harga pasar serta pahami apa saja yang akan ditanggung oleh dealer.

  • Jangan ragu untuk test drive

Melakukan test drive kerika ingin membeli mobil bekas adalah faktor yang sangat penting supaya anda tidak tertipu membeli mobil bekas yang rusak atau bakan bekas banjur sekalipun. Ketika anda melakukan tes drive, penting untuk memperhatikan dengan baik bagaimana fungsi steering mobil tersebut, bagian internalnya, spesifikasi eksternal hingga menciba mengendarinya di beberapa rute dengan tujuan memastikan kinerja mesinnya apakah masih baik atau tidak. Anda juga perlu mendengar dengan seksama suara buni mesin, teramsuk ketika mobil mengerem dan juga semua kelistrik yang terlihat pada interior mobil tersebut.