Cara Mencuci Plafon Mobil

Cara Mencuci Plafon Mobil Yang Harus di Perhatikan!

Cara mencuci plafon mobil sebenarnya cukup sederhana jika anda sudah mengetahuinya. Seperti yang kita ketahui bersama plafon merupakan bagian pada mobil yang sering sekali kotor tetapi jarang sekali dibersihkan. Cara mencuci maupun membersihkannya sendiri tergantung pada bahan dasar apa yang digunakan untuk plafon tersebut.

Mengingat mobil yang bersih dan nyaman tentu menjadi impian semua orang bukan, sehingga penumpang pun akan merasa nyaman berkendara di dalam kabin mobil anda. Untuk itu, yuk simak ulasan tentang mencuci plafon mobil yang bisa anda lakukan sendiri di rumah selengkapnya di bawah ini!

Cara Mencuci Plafon Mobil

Supaya mencuci plafon mobil menjadi lebih efektif, ada beberapa cara yang harus anda lakukan. Karena selain lebih efektif, juga dapat memudahkan anda dalam menghapus noda ataupun kotoran pada plafon. Lantas bagiamana cara mencuci plafon mobil yang mudah dan efektif. Ini dia penjelasannya!

  • Pakai lap mikrofiber

Lap mikrofiber digunakan untuk menjaga bahan plafon tetap terjaga. Sebab lap jenis mikrofiber ini memang mempunyai kemampuan mengangkat debu dan juga kotoran pada plafon mobil anda. Walaupun ampuh, namun jangan sekali-kali memakai lap mikrofiber yang basah. Karena lap tersebut justru dapat menimbulkan jamur pada plafon anda.
Lakukan berulang kali sambilmenyeka searah menggunakan lap mikrofiber. Dengan begitu, maka kotoran dapat dihilangkan lebih banyak lagi. Bahkan bisa membasmi plafon mobil yang berjamur sekaligus.

  • Mencuci plafon mobil dengan campuran air dan cuka

Dalam membersihkan plafon memang memerlukan detergen khusus. Sebab plafon mobil biasanya terbuat dari bahan yang khusus. Anda juga bisa memakai cairan pembersih fabric atau bisa juga menngunakan vanish. Akan tetapi, jika anda tidak mau repot, anda bisa memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah sebagai alternatif yaitu dengan menggunakan campuran air dan cuka. Adapun campuran nya harus dalam perbandingan 3;1 (airnya 3 dan cukanya 1). Cairan ini ampuh untuk menghilangkan minyak yang menempel di plafon mobil.

Viral :   Cara Aktifkan GPS Mobil Cukup 5 Menit

Jika campuran air dan cuka sudah bercampur dengan sempurna, selanjutnya celupkan lap mikrofiber dan peras kemudian seka noda minyak pada plafon. Cairan campuran air dan cuka ini sangat efektif dan tidak merusak lem yang merekat pada kain plafon mobil.

  • Semprotkan pewangi khusus kabin mobil

Pewangi kabin digunakan untuk mengharumkan kabin mobil anda. Anda dapat menyemprotkannya langsung ke arah plafon, namun ingat jangan sampai terlalu basah karena dapat merusak lem perekat kain ke plafon mobil. Jadi arahkan pewangi tersebut agak jauh dan semprotkan secara tipis-tipis supaya plafon tidak lembab sehingga tidak muncul jamur.

  • Ulangi beberapa kali

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan lakukan langkah-langkah diatas hanya dalam sekali waktu saja, namun lakukan dua kali dalam sekali waktu lalu ulangi beberapa kali di lain waktu. Yang perlu diingat, jika anda ingin mengulang langkah-langkah diatas dalam satu waktu, pastikan kondisi plafon mobil anda sudah kering, lalu lanjutkan lagi prosesnya seperti sebelumnya.

Penyebab Plafon mobil kotor

Setelah kita mengetahui cara mencuci plafon mobil, ada baiknya kita juga perlu mengerti apa saja penyebab plafon mobil menjadi kotor. Walaupun plafon terletak di dalam kabin mobil ternyata ada banyak faktor menyebab plafon bisa kotor. Salah satunya adalah pada saat anda melaju dengan kondisi jendela terbuka, sehingga debu amupun kotoran dari luar akann masuk dan menempel di plafon mobil. Tentu hal sepele seperti inilah yang berdampak buruk pada kebersihan plafon mobil anda, apalagi jika plafon mobil anda terbuat dari bahan yang sensitif misanya seperti fabric berserat. Berikut inin beberapa penyebab plafon menjadi kotor:

  • Merokok di dalam mobil

Asap rokok di dalam kabin mobil bukan hanya akan mengganggu pengendara lainnya, namun juga membuat plafon mobil menjadi kotor dan juga bau. Hal ini juga sama halnya jika merokok dalam mobil saat mesin mobil mati. Maka sebaiknya jangan merokok saat sedang di dalam mobil. Selain itu, merokok juga bisa membuat jok mobil anda menjadi berlubang-lubang kecil serta menimbulkan bau menyengat di dalam kabin terutama pada bagian plafon mobil sehingga warna plafon pun juga ikut menguning karena asap rokok tersebut.

  • Memarkir mobil di tempat yang panas

Dalam memarkir mobil anda juga tidak boleh sembarangan, selain harus ditempat yang aman, anda juga harus memastikan mobil anda tidak terkena langsung oleh terik sinar matahari. Hal ini dikarenakan terik sinar matahari dapat merusak plafon mobil. Suhu panas dar matahari inilah yang diserap oleh plafon sehingga plafon menjadi cepat rusak dan tidak dapat dipakai lagi.

Viral :   Harga Accu Mobil serta Cara Tepat Merawatnya