Cara Mengatasi Mobil Bau Apek

Cara Mengatasi Mobil Bau Apek Serta Penyebab Bau Apek di Mobil

Kabin mobil yang tidak rutin dibersihkan biasanya sering menimbulkan bau apek sehingga dapat mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Hal ini harus segera diatasi dengan Cara mengatasi mobil bau apek karena biasanya agak sulit dihilangkan jika hanya dengan menyemprotkan parfum khusus untuk mobil. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kendaraan roda empat ini menjadi bau apek. Maka anda juga harus mengatasinya dengan tepat supaya benar-benar hilang. Tentu anda juga malu bukan jika sewaktu-waktu ada tamu yang harus dipersilahkan naik ke mobil anda, sementara kabin mobil anda berbau apek. Untuk penjelasan lebih jauh, yuk simak ulasan dibawah ini!

Cara Mengatasi Mobil Bau Apek

  • Perbaiki atau ganti komponen yang rusak

Langkah pertama yng bisa and lakukan ialah melakukan pemeriksaan di bengkel terpercayaan pakah terdapat komponen yang mengalami kerusakan dan perlu segera diperbaiki. Perbaikan ataupun penggantian Komponen akan benar-benar menyelesaikan permasalahan sampai pada sumbernya. Selain itu, memperbaiki komponen yang rusak ini juga bisa menghindari kendaraan anda dari potensi yang dapat mengancam keselamatan pengemudi maupun penumpang.

  • Vacum cleaner

Jika anda sudah membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki atau jika perlu melakukan pergantian komponen yang mungkin rusk. Akan tetapi jika kabin mobil anda juga masih berbau apek, anda bisa melakukan tahapan berikutnya yaitu dengan memakai vacum cleaner. Dengan vacum cleaner anda mampu menyedot berbagai debu maupun kotoran yang bisa saja menjadi penyebab bau apek di mobil anda, misalnya seperti karena sisa-sisa makanan atau bahkan sisa-sia puntung rokok.

  • Mengatasi mobil bau apek dengan manfaatkan bubuk kopi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bubuk kopi adalah salah satu bahan yang memiliki bau yang cukup kuat, dimana bau tersebut mampu menghilangkan berbagai bau yang mengganggu. Karena bubuk kopi ini memang mempunyai kemampuan untuk menetralisir bau apek atau bau yang tidak sedap lainnya. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba cara ini saat kabin mobil anda berbau apek atau bau yang tidak enak dihirup.

  • Cuci serta sikat menggunakan sabun

Terkadang sebagian kita lupa atau tidak sengaja menumpahkan cairan di dalam mobil. Nah, jika anda sudah melakukan tahapan diatas namun masih saja bau apek. Maka kali inin saatnya anda mencuci serta menyikat karpet mobil dengan sabun. Anda juga bis menggunkan lap basah dan juga sikat halus dengan sabun khusus. Kemudian keringkan menggunakan knebo dan hairdryer hingga betul-betul kering.

  • Jemur semua karpet pelapis dibawah panas matahari

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan panas matahari untuk mengatasi bau apek pada mobil. Panas matahari mampu membasmi aroma-aroma yang tidak sedap dari dalam kabin. Maka setiap kali ada terik matahari, gunakanlah untuk menjemur semua karpet pelapis mobil anda.

  • Mengatasi mobil bau apek dengan pewangi khusus mobil

Terakhi, anda bisa menyemprotkan pewangi khusus untuk mobil yang beraroma lembut. Dan pasang kembali pewangi kabin dengan yang baru jika pewangi anda sudah tidak mengeluarkan aroma lagi.

Viral :   Cara Menghilangkan Kotoran di Plafon Mobil

Penyebab Mobil Bau Apek

  • Mobil bau apek karna kabin yang kotor

Tidak bisa dielakkan lagi bahwa kondisi kabin yang koror dapat menimbulkan bau apek pad mobil. Apalagi jika banyak sisa-sisa makann yang berserakan ataupun bungkus makann yang belum sempat dibuang. Maka dari itu anda perlu selalu memperhatikan sisa-sisa makanan serta bungkuas makanan tersebut supaya karpet anda tidak mudah berjamur.

  • Kerusakan pada evaporator

Jika evaporator mobil anda mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan udara yang masuk ke kbin juga bermasalah. Padahal fungsi dari evaporator sendiri itu untuk mendinginkan udara diluar agar bagian dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk. Tetapi ada kalanya evaporator terkena jamur yang akhirnya dapat menimbulkan spora dan memicu kerusakan lainnya, misalnya seperti kebocoran air. Air yang bocor ini biasanya akan menetes pada karpet mobil sehingga karpet yang lembab inilah yang menimbulkan bau apek di dalam mobil. Maka solusinya jangan hanya membersihkan karpet mobilnya saja, namun perbaikilah komponen evaporator juga.

  • Masalah pada antifreeze

Bau apek pada kabin mobil juga sering disebabkan karena terjadi masalah pada antifreeze. Jika antifreeze mobil anda bermasalah biasanya ditandai dengan bau manis seperti sirup. Dan kerusakan ini harus segera diatasi karena kebocoran di bagian antifreeze ini dapat membuat iritasi pada mata anda. Sementara dari beberapa sumber lainnya, masalah pada antifreeze juga dapat menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Untuk itu anda harus segera memperbaikinya dengan membawanya langsung ke bengkel terdekat.

  • Terdapat korsleting

Komponen kelistrikan mobil juga dapat mengalami korsleting. Bau apek atau bau yang mirip seperti roti gosong bisa saja karena adanya korsleting pada sistem kelistrikan mobil anda. Anda perlu waspada, karena bagaimana pun korsleting ini bisa menimbulkan kebakaran sehingga proses penanganannya pun harus cepat dan dilakukan oleh mekanik professional.

  • Bagian catalytic converter bermasalah

Komponen yang satu ini berguna untuk menyaring sulfur yang bauny mirip seperti telur busuk di knalpot. Jika catalytic converter bermasalah maka hidrogen sulfida tidak dapat tersaring dengan baik sehingga bau tersebut dapat masuk ke bagian kabin mobil. Biasanya catalytic converter sering kali bermasalah karena overheat. Jika hal ini terjadi, anda harus segera membawa kendaraan anda ke bengkel resmi kepercayaan anda.

  • Oli atau bahan bakar yang bocor

Kebocora pada oli maupun bahan bakar bisa menjadi pemicu kabin mobil anda menjadi bau apek. Kedua kebocoran ini sangat membahayakan baik bagi penumpang maupun pengemudi. Apalagi kebocoran pada bgian ini sangat rentan menimbulkan berbagai macam masalah lainnya misalnya seperti sistem pembuangan, rotor dan lainnya.

Viral :   Tips Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning