Cara Mengetahui Asuransi Mobil

Cara Mengetahui Asuransi Mobil Wajib Anda Pahami!

Cara mengetahui asuransi mobil adalah informasi penting yang wajib dipahami terutama bagi anda yang baru saja membeli mobil bekas.karena seperti yang kita ketahui bahwa asuransi mobil tentu sangat penting untuk menjamin resiko kerugian jika terjadi sesuatu yang tidak terduga. Dengan demikianm anda akan merasa aman dan nyaman tanpa khawatir setiap kali mengemudi. Sayangnya sampai detik ini masih ada beberapa oranga yang mungkin kurang paham ataupun kurang peduli dengan hal ini sehingga tidak tau manau bagaiamaba cara mengetahui asuransi mobilnya sendiri. Lantas bagaimana caranya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Mengetahui Asuransi Mobil

  • Periksa polis asuransi mobil TLO

TLO atau total loss only merupakan produk asuransi yang menjamin resiko akibat pencuraian serta kerusakan dengan tingkat kerugian  hingga miniaml 75% dari harga kendaraan sebelum terjadi kerusakan maupun pencurian. Jika mobil anda mempunyai jenis asuransi  ini, maka berikut cara mengetahui asuransi mobil anda:

– Kunjungi kentor cabang terdekat

– Temui agen asuransi terdelat

– Gunakan aplikasi penyedia asuransi tersebut

– Kemudian akses websiter penyedia asurasi dengan menghubungi call center / customer service bisa melalui live chatt, email ataupun telepon.

  • Periksa polis asuransi mobil all risk

Selanjutnya untuk mengetahui asuransi mobil jenis all risk sama seperti jenis asuranasi mobil TLO yakni anda dapat menanyakannya langsung kepada pihak perusahaan penyedia asuransi terkait. Sebelum anda menghubungi pihak asuransi lewat live chatt, email, maupun langsung melalui telepon, pastikan anda sudah mengerti nomor polis anda supaya memeudahkan proses pengecekan asuransi mobil tersebut.

Viral :   Menyesuaikan Ukuran Baut pada Motor, Begini Caranya!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Mengetahui asuransi mobil sebenarnya mudah yaitu dengan langsung menanyakan kepada pemilik kendaraan tersebut sebelumnya. Apabila mobil yang anda beli ternyata masih dalam kredit, sebaiknya hal ini juga harus di ketahui oleh pihak asuransi sebab anda wajib melakukan balik nama asuransi tersebut untuk meneruskan cicilan kreditnya sampai lunas. Selain itu, terdapat juga beberapa hal. Yang penting untuk mengetahui apakah kendaraan yang anda beli ini mempunyai asuransi ataukah tidak. Ini penjelasannya!

  • Mengecek jenis asuransi mobil yang dimiliki

Tidak hanya sekesar mengeahui apakah mobil yang anda beli telah memiliki asuransi ataukah belum, namun anda juga harus mengecek jenis asuransi mobil yang telah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Apakah jenis asuransi comprehensive / all risk, total loss only / TLO atau justru kombinasi dari keduanya. Hal ini sangat penting untuk diketahui sebab anda akan tau seberapa luas perlindungan dari resiko kerugian jika terjadi sesuatu hal pada mobil anda.

  • Pastikan apakah terdapat perluasan jaminan ataukah tidak

Anda juga harus memastikan apakah mobil yang anda beli diberikan perluasan jaminan oleh pemiliknya sebelum anda. Perluasan jaminan ini misanya seperti untuk jaminan gempa bumi, banjir maupun jaminan huru-hara.

  • Cocokkan identitas pemilik polis asuransi

Untuk lebih meyakinkan anda apakah mobil yang anda beli benar-benar mempunyai asuransi, anda bisa mencocokkan identitas pemilik mobil dengan identitas nama pemilik polis asuransi mobil tersebut. Ingat, pastiakn nomor STNK serta nomor KTP pada polis asurnasi sama dengan pemilik mobil sebelumnya. Untuk melakukan hal ini anda dapat meminta bantuan kepada pihak asuransi terkait untuk melakukan pengecekan.

  • Jangan lupa tanyakan masa berlaku serta biaya polis asuransi

PAda umumnya ketika sebuah kendaraan beralih kepemilikan, maka masa berlaku polis asuransinya juga akan berakhir dengan sendirinya. Akan tetapi hal ini bisa saja tidak terjadi asalkan ada penanggung yang setuju untuk melanjutkan pertanggungan. Maka dari itu, sebaiknya pastiakn dahulu apakah ketika mobil yang anda beli tersebut nantinya polis asuransi masih berlaku ataukah tidak. Apabila mobil yang anda beli tersebut memang mempunyai asuransi, maka pembayaran premi asuransi pastinya akan menjadi tanggung jawab anda di kemudian hari. Inilah mengapa, pentingnya untuk menanyakan biaya polis asransi mobil yang sebelumnya  dibayarkan oleh pemilik mobil sebelumnya.

  • Lakukan balik nama

Jika beberapa hal penting diatas sudah anda lakukan ternyata polis asuransi mobil anda masih berlaku walupun sudah berganti pemilik, maka hal penting yang wajib anda lakukan selanjutnya ialah balik nama dengan tujuan supaya memudahkan anda pada saat ingin membayar polis asurasi. Selain itu pada saat anda ingin melakukan klaim asuransi maka prosesnya juga akan berjalan lancar karena tidak perlu lagi melibatkan pemilik mobil sebelumnya.

Viral :   Penyebab dan Cara Memperbaiki Rem Tromol Motor Rusak