cara menghilangkan jamur pada jok kulit mobil

Cara Menghilangkan Jamur Pada Jok Kulit Mobil

Cara menghilangkan jamur pada jok kulit mobil – Menghilangkan maupun memberishkan jamur yang sudah tumbuh oada jok mobil memang tidak mudah seperti terkena noda atau kotoran biasa, tetapi masalah ini perlu di atasi supaya kondisi kabin tetap bersih dan juga wangi. Apalagi mobil kini sudah menjadi transportasi yang mempunyai fungsi sangat penting bahkan sebagian besar orang beranggapan bahwa mobil sudah masuk kategori kebutuhan primer. Selanjutnya demi menjaga tampilan mobil tetap baik dan prima anda perlu mencucinya dengan rutin, terutama ketika musim hujan tiba. Saat musim hujan tiba, bukan hanya tampilan luarnya saja yang harus diperhatikan, bagian dalam kabin juga perlu perhatian lebih. Sebab hal ini juga sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Jika kondirinya kotor dan tidak segera dibersihkan maka akan memicu tumbuhnya jamur. Lantas bagaimana jika sudah terlanjut tumbuh jamur khusus untuk jok yang berbahan kulit? Yuk simak ulasan selengkapnya!

Jamur Pada Jok Kulit Mobil

Perubahan cuaca dari panas ke cuaca hujan bisa berpengaruh pada kelembaban di dalam kabin mobil. Ini juga bisa memicu munculnya jamur baik pada bagian jok mobil maupun bagian dashboard. Jok mobil sendiri mempunyai berbagai macam bahan dan yang paling sering digunakan adalah yang berbahan dasar kain. Tanpa dilapisi cover kulit, bahan kain sangat mudah terkena noda. Sehingga ini mengharuska anda untuk selalu melakukan perawatan yang tepat karena dengan noda makanan dan minuman saja bisa mengotori bagian ini. Jika sudah terjadi dan dibiarkan begitu saja, maka jamur akan datang.

Viral :   Menjaga Kompresor AC Mobil Mampu Digunakan Optimal

Cara Menghilangkan Jamur Pada Jok Kulit Mobil

Kondisi kabin yang lembab memiliki resiko munculnya jamur. Bahkan ketika anda kurang merawat interior serta bagian panel-panel dashboard mobil juga akan mudah ditumbuhi oleh jamur. Supaya terhindar dari hal ini anda wajib membersihkan kabin mobil secara rutin. Namun jika sudah terlanjur ditumbuhi jamur, kami sudah menyiapkan cara menghilangkannya yang bisa anda laukan dengan aman dan cepat.

  • Siapakan peralatan yang diperlukan

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya siapakan  alat-alat yang diperlukan terlebih dahulu. Adapun alatnya meliputi; sikat, cairan pembersih, pemutih, vacum cleaner, dan juga sponge. Lalu anda juga bisa menyiapkan bahan tambahan seperti kain mikrofiber, sabun cuci piring, dan masker.

  • Sikat halus & vacum cleaner

Sebelum memulai alangkah abiknya anda gunakan masker dahulu agar terhindar dari uap jamur ataupun debu. Buka semua pintu mobil supaya sirkulasi udara dapat masuk. Lalu sedot kotoran serta debu yang menempel di jok kulit mobil menggunakan vacum cleaner atau bisa juga menggunakan sikat berbulus halus dengan pola searah.

  • Cairan pembersih jamur

Cairan pembersih jamur ini bisa dibuat dari campuran pemutih dan sabun cuci piring dalam bentuk cair. Anda bisa mencampurkan kedua bahan ini dengan komposisi 1:1 dalam satu tempat. Setelah itu gunakan sponge untuk menghilangkan jamur yang ada di jok kulit mobil dengan cara menggosok satu arah. Campuran ini diklaim dapat menghilangkan jamur sekaligus mencegah jamur datang lagi.

  • Mikrofiber

Terakhir, setelah anda melakukan beberapa cara di atas, maka segera keringkan seluruh permukaan jok yang diolesi pembersih jamur tadi menggunakan kain mikrofiber. Setelah itu, biarkan pintu mobil terbuka selama kurang lebih 30 menit supaya bagian jok terkena cahaya matahari.

Viral :   Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Selain itu, kami sarankan untuk panaskan mobil minimal 2 minggu sekalai dengan kondisi semua pintu mobil terbuka. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya 🙂