Cara menghilangkan kabut pada kaca mobil

Cara menghilangkan kabut Pada Kaca Mobil

Cara menghilangkan kabut pada kaca mobil memang wajib anda ketahui karena ini berpengaruh pada pandangan anda ketika mengemudi apalagi saat cuaca sedang hujan. Biasanya kabut ini muncul ketika suhu di luar lebih dingin daripada suhu yang ada di dalam kabin mobil. Sain itu kabut atau embun bisa saja muncul pada saat hujan.

Dilain sisi blind spot merupakan hak wajib yang perlu anda hindari ketika mengemudi serta menyetel kaca spion mobil. Meski hanya sekedar kabut atau embun tentu ini tidak boleh disepelakan karena dapat mengganggu visilitas anda saat berkendara. Sehingga bisa menyebabkan resiko kecelakaan fatal. Sementara jika dibiarkan lama kelamaan bisa menimbulkan kerak air di permukaan kaca mobil anda. Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana caranya menghilang kabut ini. Yuk simak ulasan kami selengkapnya dibawah ini!

Cara menghilangkan kabut Pada Kaca Mobil

  • Nyalakan AC

Cara yang paling pertama ialah dengan segera menyalakan AC. Yaps betul, banyak orang yang berasumsi jika mematikan AC dapat membuat kabut di kaca akan hilang. Padahal tentu itu asumsi yang salah. Anda justru harus menyalakan AC dengan suhu yang tinggi, apalagi ketika hujan di luar. Sehingga dengan demikian anda bisa menyesuaikan suhu di dalam kabin dengan suhu di luar mobil. Oh ya, kompresor AC yang kurang oli juga bisa menjadi salah satu pemicu AC mobil and tidak dingin dan juga bisa menimbulkan suara berisik atau kasar. Maka dari itu, menjelang musin hujan sebaiknya perhatiakn kinerja kompresor anda agar ketika hujan turun anda tidak mengalami masalah dengan AC mobil anda.

  • Maksimalkan defogger

Apabila mobil yang anda miliki dibekali dengan defogger, anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan kabut atau mebun di kaca mobil. Defogger sendiri mempunyai bentuk garis-garis kawat tipis yaitu kondensator panas. Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol khusus yang biasanya bergambar tiga panah melengkung yang tersedia pada bagian dashboard mobil anda.

  • Manfaatkan shampo rambut

Jika anda mempunyai waktu yang lebih banyak, anda juga dapat memanfaatkan shampo rambut. Pasalnya shampo rambut memiliki kandungan zat yang dapat mencegah munculnya kabut sehingga kelembapan kaca mobil anda tetap terjaga. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal mengoleskan shampo tersebut sedikit saja tanpa di campur dengan air pada kaca mobil bagian dalam. Kamudian lap dengan arah lurus menyamping (searah) menggunakan kian sintesis yang  lembab tetapi jangan di campur air. Dan jika hujan sudah reda atau cuaca sudah cerah kembali, bersihkan kaca mobil tadi dari shampo  dengan memakai lap biasa sampai bersih.

  • Oleskan tembakau

Yaps betul, tembakau memang bisa untuk dimanfaatkan mencegah munculnya kabut. Cara pemakaiannya sama seperti shampo rambut di atas. Hanya saja saat pemolesan pada kaca mobil, jangan sampai ada potongan cengkeh yang ikut di dalamnya. Karena cenggeh inilah yang justru menggoreskan kaca mobil anda. Kami sarankan, oleskan dengan perlahan dan halus.

  • Gunakan cairan anti kabut

Cairan anti kabut saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Anda bisa membelinya kemudian menyemprotkannya ke kaca bagian dalam mobil dan siamkan beberapa menit. Jika sudah lap dengankain lembu yang kering dan lakukan ini beberapa kali dengan pola searah.

  • Perhatikan kondisi kendaraan

Selain beberapa cara yang kami uraikan di atas untuk menghilangkan kabut pada kaca mobil, ada beberapa hal lain yang juga menajdi perhatian anda yakni jangan memarkir kendaraan anda di tempat yang terlalu terik matahari dan hindari juga penggunaan kain atau lap basah untuk membersihkan kaca mobil yang bagian dalam kabin.

Viral :   Penyebab AC Mobil Tidak Dingin & Cara Mengatasinya

Anda juga perlu membuka kaca mobil setelah di parkir di tempat yang terik yang bertujuan untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam kabin. Terakhir, karpet mobil juga perlu di bersihkan secara rutin atau isa dengan di jemur. Karena karpet bisa saja menyimpan air yang dapat memicu munculnya kabut di dalam mobil anda.