Cara Menghilangkan Noda Di Jok Mobil Kain

Cara Menghilangkan Noda Di Jok Mobil Kain

Cara Menghilangkan Noda Di Jok Mobil Kain tidak boleh sembarangan.  Karena ada cara tersendiri untuk membuat jok mobil tetap bersih. Pasalnya cara membersihkan bagian mobil yang satu ini sangat berpengaruh pada hasil akhirnya nanti. Oleh karenanya anda perlu mengetahui dan mengerti terbuat material apa jok mobil anda. Jika jok mobil anda dilapisi kain tentu agak sulit membersihkannya, namun jangan khawatir anada tetap bisa membersihkannya di rumah. Dibawah ini langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk membersihkan jok mobil anda yang berbahan kain atau dilapisi kain.

Cara Menghilangkan Noda Di Jok Mobil Kain

  • Siapkan peralatan yang diperlukan

Sebelum anda ingin membersihkan jok mobil, sebaiknya sediakan peraltan yang dibutuhkan isalnya seperti vacum cleaner, sikat dan cairan pembersih. Dan sebaiknya gunakan sikat gigi bayi karena memiliki bulu yang lebih halus supaya tidak merusak permukaan jok mobil anda.

  • Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan jok

Setelah peraltan sudah siap. Selanjutnya gunakan vacum cleaner untuk menyedot atau membersihkan debu-debu pada jok mobil anda. Hal ini bertujuan supaya debu atau partikel kotoran lain juga ikut terangkat terlebih dahulu. Selain itu, hal ini wajib dilakukan supaya kotoran tidak semakin menempel saat jok mobil sudah diberi cairan pembersih.

  • Bersihkan jok dengan cairan pembersih

Jika semua debu, kotoran, sisa-sisa makanan sudah tersedot vacum celaner maka langsung saja bersihkan jok kain menggunakan cairan pemberih yang berbabhan sabun. Ini bertujuan supaya tidak merusak serat pada kulit jok tersebut. Jika anda belum memiliki pembersih khusus jok, anda bisa menggunakan deterjen yang sudah di larutkan air bersih. Setelah itu, masukkan cairan sabun itu ke dalam botol dan semprotkan ke bagian jok mobil yang kotor. Gosok perlahan dan searah menggunakan sikat berbulu lembut tadi agar tidak merusak serta kain. Laukan ini beberapa kali sampai nodanya hilang.

  • Keringkan jok

Terakhir, apabila seluruh bagian jok sudah digosok maka bilas dan keringkan dengan kain lap mikrofiber yang bersih. Anda juga bisa mengusap pada semua permukaan jok supaya kotoran dan sabun tadi bisa berpindah ke lap. Usapkan lap pada permukaaan jok hingga bersih. Jika sudah bersih, keringkan jok tersebut dengan pengering/hair dryer.

Viral :   Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet, Syarat & Biayanya

Cara Perawatan Jok Mobil Kain

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membersihkan jok mobil, anda juga perlu menjaga serta merawatnya supaya awet dan tidak cepat kotor. Salah satunya ialah menggunakan pelapis anti noda dan juga hindari makan maupun minum di dalam mobil.

  • Memakai pelapis anti noda

SEtelah melakukan pemberishan, anda perlu memakai pelapis anti noda pada jok mobil yakni termasuk kursi pengemudi dan penumpang yang berguna mencegah noda serta kotoan menempel. Diantara pelapis anti noda yang direkomendasikan seperti Scotchgard fabric dan juga Upholstery protector yang kini sudah banyak tersedia di toko-toko baik online maupun offline. Dengan pelapis anti noda ini usia pemakaian jok mobil anda pun menjadi lebih awet.

  • Hindari makan minum di dalam mobil

Makan minum di dalam mobil memang sah sah saja, namun sebaiknya dibatasi supaya tidak meninggalkan noda pada jok mobil anda. Karena dengan mengurangi makan serta minum dalam mobil bisa mengurangi potensi kotoran pada jok mobil. Maka dari itu, jika tidak terlalu darurat, alangkah baiknya hindari makan dalam kendaraan.

Viral :   Cara Tune up Pada Motor dan Biaya Keseluruhannya

Selain membersihkan jok mobil secara mandiri di rumah anda juga bisa membawanya langsung ke bengkel detailing terdekat. Itulah tadi Cara Menghilangkan Noda Di Jok Mobil Kain beserta cara perawatannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya 🙂