Cara Mengkilapkan Body Mobil

Cara Mengkilapkan Body Mobil dan Penyebab Bodi Mobil Kusam

Mempunyai kendaraan yang mulus nan kinclong tentu menjadi idaman banyak orang. Bukan hanya itu, dengan kendaraan yang mengkilap juga kerap diyakini akan meningkatakan kepercayaan diri pengemudinya. Namun sudahkah anda tahu bagaimana Cara mengkilapkan body mobil yang kusam? Seperti yang ita ketahui bahwa cat pada kendaraan berguna untuk memberi warna sekaligus pelindung bodi mobil. Hanya ketahanan cat juga biasanya ditentukan bagaimana perawatannya sehingga cat lama kelamaan juga bisa memudar dan membuat bodi mobil terlihat kusam. Jadi makin penasaran kan apa aja cara membuat bodi mobil agar mengkilap? Yuk simak sampai tuntas ya!

4 Cara Mengkilapkan Body Mobil

  • Rutin mencuci mobil

Cara yang paling pertama yang. Perlu anda lakukan ialah dengan mecuci mobil dengan rutin. Apalagi di musim hujan karena lumpur sangat mudah menempel pada bagian bawah mobil anada bahkan bisa sampai mengeras. Lumpur sering kali membuat kendaraan cepat kusam, maka anda harus sering membersihkannya. Anda juga dapat mencuci mobil anda menggunakan shampo khusus mobil. Dan pastikan anda menggunakan air dingin dan mencuci di tempat yang teduh.

  • Gunakan wax untuk mobil

Anda juga bisa memakai wax yang tidak membuat lapisan cat mobil terkikis. Pasalnya wax sendiri adalah lilin yang dapat memberikan lapisan pelindung tambahan pada bodi mobil. Adapun caranya juga cukup mudah, anda cukup mengaplikasikan wax pada permukaan bodi yang sudah kering dan bersih setlah mencuci mobil. Poles bodi mobil anda dengan wax menggunakan spons maupun kain lembut. Lakukan gerakan memutar hingga merata serta diamkan hingga 5 menit. Jika sudah, anda bisa. Membersihkan bekas wax dengan lap atau kain kering.

  • Tak perlu memakai compound

Fungsi dari compound adalah untuk mengatasi goresan ringan yang terdapat pada bodi mobil. Maka jika anda menggunakannya untuk permukaan bodi mobil yang baik-baik saja justru akan menimbulkan kerusakan. Jadi pastikan anda mengerti kapan waktu yang tepat untuk memakai compound. Karena terlalu sering memakai compound juga tidak membuat mobil anda mengkilap.

  • Gunakan obat poles

Selain wax, anda juga bisa memanfaatkan obat poles. Untuk mengatasi bodi mobil anda yang mungkin terlihat kusam. Obat poles ini bisa anda gunakan setelah mencucui mobil. Caranya, gunakan spons bersih dan kering untuk menggosok bodi mobil dengan obat poles tadi. Lalu tunggu hingga mengering dan lap dengan kain microfiber. Alhasil bodi mobil anda akan terlihat lebih kinclong dan mengkilap. Oh ya, anda harus membeli obat poles yang sama dengan cat mobil anda.

Viral :   Harga Mobil Suzuki yang Wajib Pengguna Ketahui

Penyebab Bodi Mobil Cepat Kusam

Setealh kita mengetahui bagaimana cara membuat bodi mobil terlihat mengkilap, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab bodi mobil terlihat kusam, sehingga anda bisa menjaga tampilan mobiol anda agar tetap kinclong.

  • Sinar matahari

Apakah anda termasuk orang yang sering memakirkan mobil di tempat  terbuka tanpa teduhan diatasnya sepanjang hari? Ini adalah penyebab yang tidak boleh diremehkan. Sebab  sinar matahari bisa menjadi alasan yang utama mengapa cat bodi mobil anda terlihat kusam tidak kinclong karena cat mobil anda lama kelamaan akan memudar. Meskipun anda menggunakan cat mobil berkualitas dengan harga yang cukup maal sekalipun.

  • Debu yang dibiarkan lama

Anda juga harus berhati-hati dengan noda debu yang menempel lama pada permukaan bodi mobil anda sebab debu juga kerap menjadi penyebab warna cat mobil menjadi pudar dan kusam. Desbu yang terkena udara lembab akan mengeras dan  akhirnya menjadi kerak sehingga akan lebih sulit untuk dibersihkannya. Apalagi jika anda membersihkannya hanya memakai kain kering, justru ini akan membuat kerusakan pada cat dan debu tidak akan hilang.

  • Tidak memakai shampo khusus mobil

Ingat, tidak semua jenis sabun bisa anda pakai untuk mencuci kendaraan termasuk mobil. Meskipun sama jenisnya, akan tetapi api kandungan di dalamnya justru dapat merusak cat bodi mobil anda. Apalagi jika anda memakai sabun deterjen bubuk atau sabun colek yang bahkan mengandung partikel abrasif. Sehingga bukan membersihkan tapi justru partikel sabun tersebut menempel pada permukaan mobil sehingga menjadi sumber tumbuhnya jamur.

  • Terkena air dengan kadar asam atau garam yang tinggi

Anda juga perlu menyadari bahwa tidak semua air bisa dipakai untuk mencuci mobil. Termasuk salah satunya air yang mengandung kadar garam atau asam yang tinggi. Air dengan ph tinggi tentu menjadi musuh besar lapisan cat pada moboil karena dapat mempercepat usia cat (memudar). Tak hanya itu, air dengan ph tinggi ini juga bisa membuat bodi mobil cepat berkarat. Hal ini dikarenakan air tersebut akan teroksidasi oleh udara dan juga sinar matahari.

  • Terlalu sering memakai cover mobil

Seperti yang kita ketahui cover mobil fungsinya untuk menjaga bodi mobil supaya tidak mudah kotor, namun ingat anda harus tetap bijak kapan penggunaannya yang tepat. Memakai cover mobil ketika  kendaraan dalam kondisi basah atau saat di runagan lembab tantu tidak baik. Karena ini justru akan menimbulkan noda pada bodi mobil anda. Maka hindari pemakaian cover mobil saat musim hujan karena cover tidak dapat melindungi dari air hujan tetapi air justru air hujan tersebut dapat merembes ke dalam permukaan bodi mobil anda.

  • Salah dalam menggunakan bahan poles

Ketika ingin membuat mobil tampak lebih mengkilap anda juga harus berhati-hati dalam memliih bahan poles. Tidak semua bahab poles cocok dipakai pada mobil anda. Bisa saja mungkin anda memakai bahan poles yang abrasif sehingga justru membuat bodi kendaraan anda menjadi tergores dan akhirnya justru terlihat kusam.

  • Mencuci mobil dengan air panas

Jika anda ingin membersihkan kotoran ang keras lalu memnggunakan air panas tentu ini bukan keputusan yang tepat. Seperti yanng kita ketahui di atas bahwa tidak semua air bisa digunakan untuk membersihkan bodi mobil.

Viral :   Cara menghilangkan kabut Pada Kaca Mobil

Itulah tadi cara mengkilapkan body mobil dan hindari 7 penyebab bodi mobil terlihat kusam. Hal ini tentu tidak sulit dilakukan dan semuanya tergantung pada kebiasaaan anda dalam merawat kendaraan kesayangan anda. Semoga bermanfaat 🙂