Cara Perawatan Wiper Mobil

Cara Perawatan Wiper Mobil Supaya Lebih Awet

Cara perawatan wiper mobil merupakan hal yang penting untuk dilakukan tentunya untuk keselamatan mengemudi anda. Walaupun sekarang sebagian wilayah Indonesia tidak terlalu sering hujan bukan berarti komponen wiper diabaikan begitu saja. Pasalnya bagian ini termasuk bagian krusial untuk menjaga jarak pandang saat anda berkendara. Jika wiper rusak karena jarang dirawat maka akibatnya akan berdampak pada keselamatan anda, terutama saat berkendara ketika hujan turun.

Cara Perawatan Wiper Mobil

  • Periksa kondisi karet wiper

Wiper pada mobil terdiri dari bagian blade (rangka besi) dan juga karet. Rangka besi inilah yang berguna sebagai penyangga, sedangkan karet berguna untuk menghalau serta menyapu air hujan dari kaca depan kendaraan. Bagian karet inilah yang perlu anda jaga. Jika kondisi karet ternyata tidak terawat, maka karet akan mudah rusak sehingga tidak berfungsi secara optimal seperti semula. Oleh karenanya, anda harus merawat karet wiper untuk menjaga kondisinya. Salah satunya dengan tidak memarkirkan kendaraan di tempat yang panas. Karena suhu yang tinggi akan diserap oleh kaca sehingga berdampak pada wiper. Jika terus menerus terpapar panas dari kaca maka karet akan mengering bahkan pecah. Untuk menghindari ini, sebaiknya anda mengangkat maupun mengganjal bagian dalam wiper supaya mencegah panas dari kaca mengenai karet.

  • Rawat poros wiper

Selanjutnya bagian poros yang memiliki fungsi cukup krusial yakni untuk menjaga pergerakan wiper selama berkendara di musim hujan. Perhatikan  bagian poros wiper ini, bila terdapat masalah atau kerusakan maka segera periksa dan bawa ke bengkel terpercaya.

  • Hati-hati ketika mencuci

Saat anda mencuci kendaraan kesayangan anda, anda perlu hati-hati pada saat mengelap ataupun membersihkan bagin wiper mobil. Karena permukaan karet wiper ada cairan khusus yang berguna sebagai pelindung dan pelembab. Dan ingat, jangan sampai lap yang anda gunakan mengeringkan bodi mobil justru ikut menghilangkan cairan ini.

  • Merawat wiper dengan menyiramnya

Perawatan wiper mobil juga bisa anda lakukan dengan menyiramnya menggunakan air yang bersih serta bersihkan debu yang menempel. Jagan gunakan lap untuk mengeringkan permukaan wiper, sebab hal ini dapat menghilangkan cairan khususnya.

  • Isi cairan wiper mobil

Tak hanya bagian luarnya wipernya, wiper mobil pun harus dirawat pada bagian dalamnya. Pada bagiqn dalamnya, terdapat tangki untuk cairan pembersih kaca mobil. Dan kebanyakan tangki ini akan diisi air biasa. Akan tetapi untuk menjaga kinerja komponen wiper ini, anda bisa mengisinya menggunakan cairan permbersih khusus untuk produk wiper. Cairan ini mampu melicinkan bagian kaca sehingga kinerja wiper tidak tersendat. Hal ini juga berfungsi menghindari kaca dari goresan wiper.

  • Ganti wiper secara rutin

Walaupun anda telah melakukan perawatan, bukan berarti anda dapat menggunakan wiper selamanya. Biasanya komponen wiper mempunyai masa pakai 1 thun. Maka setelah 1 tahun digunakan, anda perlu mengecek komdisinya. Jika mulai muncul suara dencitan ketika dgunakan ataupun karet sudah mulai getas maka berarti sudah saatnya anda mengganti komponen ini. Penggantian komponen wiper ini bisa saja hanya karetnya saja ataupun bagian dudukanny saja. Dan untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diganti, anda dapat mengunjungi bengkel-bengkel terdekat atau kepercayaan anda.

Viral :   Perbaiki Tutup Knalpot Beat yang Baret, Begini Caranya