Tips Beli Mobil Baru Cash

Tips Beli Mobil Baru Cash Yang Wajib Dicoba

Membeli mobil baru secara kontan memang perlu pertimbangan yang matang. Jika salah dalam mengamabilkeputusan maka bisa berakibat fatal pada keuangan. Seperti yang diketahui bersama, mempunyai mobil bukan tujuan yang wajib untuk dicapai sebab masih ada beberapa tujuan kebutuhan wajib yang harus mendapat perhatian lebih. Namun jika anda ingin memiliki mobil dengan cash, kami sudah menyiapkan tips beli mobil baru cash yang bisa membantu anda. Yuk simak ulasannya!

Tips Beli Mobil Baru Cash

  • Sisihkan 50% selama setahun dari penghasilan perbulan

Dengan menyisihkan 50% dari penghasilan perbulan cukup untuk membeli mobil dengan kontan dan ini merupakan cara yang paling rasional. Misalnya anda sisihkan Rp 10 juta setiap bulan sebagai modal untuk membeli mobil cash. Hal ini tentu tidak berat untuk mereka yang penghasilannya Rp 20 juta perbulan.

  • Tetap sabar dan sisihkan 30% (Rp 3 juta setiap bulan)

Mungkin sebagian orang gaji perbulan tidak sampai Rp 20 juta. Maka anda bisa menyisihkan Rp 3 juta saja perbulan. Menabung Rp 3 juta perbulan dapat mewujudkan mobil baru cash selama 3 tahun lebih.

  • Tidak perlu menabung

Jika anda memiliki aset warisan, anda bisa menjualnya untuk membeli obil jika memang mobil itu sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa anda tunda lagi. Aset yang dijual dapat berupa rumah ataupun tanah. Sebelum anda menjaul, cari tahu terlebih dahulu harga jual bangunan atau tanah dengan memakai NJOP sebagai dasar perhitungannya. Contohnya aset yang ingin dijual tidak tembus Rp 100 jutaan, maka anda harus bersabar sampai harga jualnya naik.

Viral :   Sebelum Melakukan Transaksi, Siapkan Kwitansi Kosong Jual Beli Mobil

Jika uang sudah siap atau pun terkumpul ada beberapa langkah maupun tips selanjutnya yang perlu disiapkan. Terutama bagi anda yang ingin membeli kendaraan yang masih berstatus indent atau dengan kata lain mobil tersebut belum tersedia di dealer sehingga anda masih perlu menunggu datangnya stok dari pabrik.

Prosedur beli mobil baru cash

  • Siapkan uang DP / booking

Membeli mobil cash nyatanya juga perlu menyiapkan uang dp (down payment) khususnya untuk mobil dengan stataus indent. Atau anda juga dapat membayara booking fee saja. Sehingfa dengan tanda pembelian ini, pihak dealer dapat langsung memproses pesanan anda. Umunya biaya booking fee sendiri sekitar Rp 1 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

  • Siapakan dokumen maupun surat beli mobil cash

Dokumen yang harus anda siapkan untuk membeli mobil secara cash lebih mudah dan sederhana daripada dokumen yang perlu disiapkn juga ketika membeli mobil dengan cara kredit. Ya betul, anda hanya memerlukan KTP dan surat pemesanan kendaraan sebagai persyaratan beli mobil cash. Sedangakn untuk mobil kredit, anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP suami-istri, NPWP, bukti kepemilikan rumah, rekening koran 3 bukan terakhir dan juga KK (kartu keluarga).

  • Menerima SPK / Surat Pemesanan Kendaraan

Berikutnya, anda akan menerima SPK setelah melakukan pembayaran tanda jadi. Pada SPK ini akan tercantum beberapa informasi tentang kendaraan yang akan anda beli, misalnya seperti:

Viral :   Cara Melepas Aki Mobil Injeksi Yang Benar

– Warna kendaraan serta aksesoris yang akan didapat

– Tanggal pesanan mobil yang sesuai dengan tanggal pembayaran tanda jadi

– Harga kendaraan disesuaikan dengan harga deal. Ketika proses pembayaran booking fee, anda dapar melakukan negosiasi harga akhir mengenai pembelian mobil cash.

Jika SPK sudah tersedia, sebagai pelanggan anda wajib membaca detail sebelum melakukan tanda tangan. Jangan lupa untuk menanyakan perihal pembatalan sebab kemungkinan jika ternyata anda batal membeli mobil tersebut.

  • Pengiriman unit

Sesudah anda membayar mobil secara cash, anda tinggal bersiap menunggu kedatangan unit kendaraan idaman anda. Untuk proses pengirimannya sendiri biassanyajika ready stock akan langsung dikirim setelah proses pembayaran selesai. Namun jika unit anda berstatus indent, biasanya anda harus menunggu 7 sampai 30 hari sampai mobil anda datang. Pastikan ketika mobil datang, anda harus memeriksanya sedetail mungkin jangan sampai tidak sama sekali.

  • Menunggu surat kendaraan

Terakhir adalah penyerahan dokumen maupun surat-surat kendaraan. Pertama, anda perlu menandatangani surat penerimaan unit lalu anda akan mendapatkan STNK. Dan STNK ini biasanya diserahkan kira-kira sekitar 1 bukan sejak penerimaan unit kendaraan. Namun jika ternyata pembuatan STNK baru di Samsat sedang antri, maka bisa saja lebih lama lagi