Tips Membeli Mobil Tua Bekas

Tips Membeli Mobil Tua Bekas

Tips membeli mobil tua bekas pasti berbeda seperti membeli mobil baru, diantara perbedaannya ialah anda harus memeriksa beberapa bagian komponen ketika ingin membeli mobil bekas. Apalagi jika mobil yang anda inginkan ini usianya lebih dari 5 atau bahkan 10 tahun, tentu komponen yang perlu di cek akan lebih banyak dan harus lebih cermat dibandingkan mobil yang umurnya dibawah 5 tahunan. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan:

  • Periksa bagian bodi dan rangka mobil

Tampilan bodi pasti menjadi bagian pertama yang sangat terlihat, maka dari itu anda harus lebih teliti lagi. Sebab bisa saja terdapat karat-karat yang menempel pada bodi seiring berjalannya usia mobil tersebut. Pasalnya karat ini biasanya menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada mobil-mobil tua. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa bagiann karet pada bodi mobil misalnya sepertiwiper, lis pintu serta bagian-bagian penting lainnya, apakah bagian karet-karet tersebut sudah getas ataukah masih bagus.

  • Cek mesin & radiator

Selanjutnya, lakukan juga pengecekan pada bagian mesin, apakah masih bertenaga ataukah tidak. Anda bisa mengecek kondisi mesin mulai dari bawah kap dan dengarkan apakah ada suara-suara yang mengganjal dari mesin tersebut. Kemudian pada radiator juga demikian, sebab salah satu penyakit mobil tua yang paling sering terjadi adalah radiator yang sudah bermasalah sehingga menyebabkan mobil gampang overheat.

  • Bagian kaki-kaki mobil

Pada area kaki-kaki mobil juga perlu anda periksa dengan teliti. Mengingat mobil tua jangan kaget jika kaki-kakinya sudah mulai bermasalah. Untuk mengetahuinya, anda bisa langsung mencoba test drive. Jika muncul suara yang aneh atau bantingan mobil yang keras, maka itu tandanya kaki-kaki mobil tersebut memerlukan perawatan lebih lanjut.

  • Periksa surat-surat

Terakhir yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika membeli kendaraan tua ialah pada bagian surat-surat mobil, termasuk STNK dan BPKB. PAstikan STNK dan juga BPKB masih hidup pajaknya. Dan pastikan juga bahwa nomor rangka dan nomor mesin cocok dengan surat-surat kendaraan. Untuk mobil keluaran tahun  70 an, anda perlu memeriksa sertifikasi kendaraan yaitu. Bookpass yang menjadi pengganti BPKB sebab di masa itu belum ada aturan tentang BPKB.

Viral :   Pilihan Motor KTM Trail Duke di Indonesia