Tips Memilih Mobil Sedan Bekas

Tips Memilih Mobil Sedan Bekas Anti Rugi

Tips memilih mobil sedan bekas ini bisa membantu anda yang berencana ingin membeli mobil sedan bekas. Pasalnya saat ini mobil merupakan suatu kebutuhan yang cukup penting untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Itulah kenapa banyak orang. Yang berburu mobil yang tepat meski mobil tersebut bekas atau bukan keluaran baru. Seperti halnya mobil sedan bekas yang murah kini masih menjadi “buruan” banyak orang sebab desainnya yang long lasting yaitu akan tetap bagus ealaupun sudah terbilang jadul. Maka jangan heran jika sebagiian orang memilih mobil sedan untuk mendukung kegiatan sehari-hari atau bahkan hanya untuk pajangan koleksi yang sudah di modifikasi. Nah, bagi anda yang ingin membeli mobil sedan bekas perlu adanya pertimbangan yang matang maka sebaiknya perlu mengikuti tips-tips dibawah ini:

  • Tentukan tipe mobil yang akan dipinang

Hal yang paling pertama yang perlu anda lakukan ialah mengetahui dengan pasti tipe maupun jenis sedan apa yang anda inginkan. Karena secara umu mobil sedan terbagi menjadi 3 jenis yakninsedan premium, sedang, dan kecil. Jenis inilah yang nantinya akan ikut menentukan segmentasi harga mobil tersebu, apakah mahal atau harga cukup murah. Biasanya sedan kecil terbilang cukup tinggi karena sebagian besar sifatnya fast moving. Sedangkan sedan premium, harga bekasnya akan jatuh. Hal ini karena biaya perawatannya yang mahal dan boros.

  • Riset harga di pasaran

Anda bisa meriset harga melalui website yang menyediakan penjualan mobil sedan ataupun langsung kepada penjual mobil sedan. Dengan demikian anda dapat mengetahui kisaran harga serta perbandingannya di pasaran. Mengapa hal ini penting? Karena ini dapat membantu anda terhindar dari penjual yang tidak bertanggung jawab. Tidak sedikit kita temui penjual yang tidak jujur yang sengaja menjual mobil dengan harga dibawah rata-rata sebab mesinnya sudah tak layak pakai atau memiliki kerusakan yang parah. Tentu hal ini akan merugikan anda bukan?

  • Cek kondisi eksterior

Tak kalah penting juga, anda harus memeriksa keadaan eksterior mobil dengan teliti, mulai dari lampu, bodi, kaca spion, ban dan sebagainya. Anda juga perlu memastikan suku cadang dan komponen yang menempel di mobil tersebut memang produk asli. Walau begitu, kondisi eksterior yang mulus belum tentu bisa menjamin mobil tersebut maasih bagus atau layak dipakai. Maka sebaiknya setelah periksa bagian eksterior perlu dilanjutkan ke bagian interior

  • Cek interior serta aksesoris mobil

Periksa interior yang meliputi aksesoris mencakup lampu kabin, lampu hazard, rem tangan, audio, dashboard, speedometer, AC, sabung pengaman serta komponen lainnya apakah masih berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Cek kondisi mesin

Jangan lupa anda untuk memeriksa apakah sudah pernah dibongkar ataukah belum. Untuk lebih meyakinkan lagi, anda perlu memeriksa mesin dengan cara menyalakan mesin mobil tersebut. Jika anda mengerti perbedaan mesin pada mobil bekas yang masih layak pakai atau tidak. Hal ini tentu akan sangat membantu anda untuk mendapatkan mobil yang tepat tanpa merugi.

  • Cek nomor rangka dan nomor seri

Nomor rangka dan nomor seri perlu diperiksa sebelum membeli mobil sedan murah. Jika nantinya ditemukan kesalahan antara nomor rangka dan juga nomor seri dengan surat-suratnya, berarti kemungkinan besar mobil itu merupakan hasil curian.

  • Cek kelengkapan surat-surat

Kelengkapan surat-surat meliputi STNK dan BPKB harus sesuai dengan plat nomor serta nama pemilik sebelumnya. Sehingga anda tahu apakah mobil tersebut sudah sering diperjual belikan ataukah baru dari tangan pertama. Langkah ini juga bisa menghindarkan anda dari kerugian.

Viral :   5 Tips Penting Merawat Tanki Motor Agar tidak Berkarat

Itulah tadi tips memilih mobil sedan bekas yang bisa anda terapkan sebelum membeli untuk menghindari kerugian ataupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya 🙂