Tips Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas
Tips Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Tips Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Tips memulai usaha jual beli mobil bekas – Semakin hari semakin banyak permintaan mobil bekas di Indonesia. Karena banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas, ketimbang membeli mobil baru. Salah satu alasannya ialah harga yang jauh lebih murah dan juga karena pajak yang lebih murah.

Oleh karena itu, bisnis jual-beli mobil bekas di Indonesia menjadi salah satu peluang untuk Anda memulai bisnis jual beli mobil bekas untuk meraih keuntungan yang besar. Adapun tips memulai usaha jual beli mobil bekas, akan kami jelaskan di artikel berikut ini.

Tips Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas

  • Pilih Lokasi Showroom Yang Strategis

Hal terpenting untuk memulai bisnis ialah memilih lokasi yang strategis, untuk menyimpan dan memperlihatkan stok mobil. Dengan pemilihan lokasi yang strategis, akan membuat pembeli mudah menemukan showroom Anda. Cobalah Anda pilih lokasi di pinggir jalan raya, untuk menarik perhatian banyak orang yang lewat untuk membeli mobil bekas di showroom Anda, atau Anda juga dapat menempatkan showroom Anda di tempat yang ter-augmentasi pada usaha yang sejenis.

  • Pilih Mobil Yang Banyak Diminati Pasar

Anda juga harus memilih jenis mobil yang banyak diminati orang, karena dengan menjual atau membeli mobil yang kurang diminati, dapat membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan baik, bahkan bisa membuat Anda mengalami kerugian bisnis. Nah untuk mengetahui jenis mobil apa yang paling diminati, Anda bisa mengamati disekeliling Anda, mobil apa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

Selain itu, Anda juga harus memilih mobil dengan tahun pembuatan yang tidak terlalu lama dari tahun yang sekarang. Karena mobil tua atau mobil dengan tahun pembuatan yang terlalu lama ini, akan membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar. Selain itu, kebanyakan masyarakat Indonesia memilih merek mobil yang mempunyai layanan after-sales yang baik atau pun sparepart yang mudah dicari.

  • Hindari Makelar Mobil

Dalam menjalankan bisnis seperti ini, pastinya Anda akan lebih sering bertemu dengan para makelar mobil. Maka usahakan untuk menghindari mereka, ketika Anda ingin membeli mobil. Selain perkara untung dan rugi yang akan Anda alami saat membeli mobil dari makelar, Anda juga tidak dapat memastikan secara langsung kondisi mobil yang akan Anda beli, yang nantinya akan Anda jual kembali. Jadi, Anda cobalah membeli mobil langsung dari pemilik mobil bekas tersebut. Karena dengan begitu, Anda bisa mencari tahu sendiri bagaimana kondisi mobil tersebut dan memperkirakan harga jual mobil tersebut.

  • Perbaiki Dan Percantik Mobil Bekas

Hal ini dapat Anda lakukan untuk menaikkan harga jual kembali mobil bekas tersebut. Anda juga harus periksa kondisi dalam mobil, ke bengkel dan pastikan kalau mesinnya dalam kondisi baik dan juga layak untuk digunakan. Anda juga dapat melakukan perbaikan dibagian body mobil, dengan melakukan pengecatan ulang, dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dulu, sebelum mengecet ulang. Sehingga Anda dapat memamerkan mobil bekas Anda, dengan kondisi mulus dan juga bersih.

  • Cek Kelengkapan Surat

Memastikan kelengkapan surat-surat merupakan hal terpenting untuk dilakukan, saat Anda ingin membeli atau menjual mobil bekas. Sebab tidak ada konsumen yang rela mengeluarkan uang yang banyak, hanya untuk membeli mobil tanpa adanya kejelasan surat-surat. Dengan kelengkapan surat-surat, Anda juga bisa menawarkan jasa balik nama surat kendaraan bagi pelanggan Anda.

  • Taat pada Hukum yang Berlaku

Sebagai penjual mobil bekas, Anda juga harus patuh terhadap peraturan dan juga hukum yang telah berlaku, sehingga kedua belah pihak, Anda dengan pelanggan Anda tidak akan ada yang merasa dirugikan saat tengah melakukan transaksi penjualan. Jangan pernah sesekali Anda bermain-main dengan hukum, karena selain dapat merugikan bisnis, Anda juga dapat kehilangan pelanggan. Mereka yang seharusnya bisa memberikan testimoni atau pun ulasan positif karena kualitas mobil bekas dan juga pelayanan yang baik, dapat menjadi memberikan ulasan negatif hanya karena Anda melakukan kecurangan dalam masalah hukum dan pastinya dapat merugikan bisnis Anda juga.

  • Manfaatkan Networking

Kekuatan networking didalam suatu bisnis termasuk jual-beli mobil bekas, sangatlah diperlukan. Anda dapat mengoptimalkan peran rekan Anda untuk memasarkan bisnis mobil bekas Anda, seperti kekuatan word of mouth. Bahkan Anda juga dapat menemukan rekan bisnis atau pun juga mendapatkan konsumen yang setia melalui networking Anda. Networking yang baik ini, juga akan membawa bisnis Anda menjadi lebih baik lagi.

  • Jangan Abaikan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Meskipun bisnis yang dijalankan hanyalah jual-beli barang bekas, namun Anda juga perlu mengatur keuangan Anda. Karena dengan keuangan yang baik, bisnis Anda dapat lebih mudah untuk berkembang dan juga dapat melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas.

Viral :   Tips Mudah Cara Merawat Karet Pintu Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Jurnal hadir sebagai solusi yang tepat untuk membantu Anda, dalam melakukan pembukuan keuangan bisnis. Dengan begitu, Anda dapat melihat berapa jumlah keuntungan yang Anda dapatkan, dan berapa biaya maintenance mobil di showroom, berapa jumlah biaya mengurus surat-surat kendaraan, dan lain sebagainya. Jika perlu Anda bisa gunakan aplikasi keluar masuk barang, untuk membantu pekerjaan Anda.