Tips Memilih Harga Mobil

Tips Memilih Harga Mobil Baru yang Terjangkau

Harga mobil yang ada di Indonesia sangat bervariasi mengingat jenisnya pun beraneka ragam, baik itu mobil baru ataupun bekas. Bahkan, setiap tahunnya selalu ada keluaran mobil baru. Hal ini tentu juga akan menambah jumlah mobil bekas.

Harga dari mobil ini selalu naik turun karena mobil adalah barang yang diimpor sehingga harga dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar. Namun begitu, perusahaan otomotif juga pastinya telah mematok harga yang disarankan untuk pembeli.

Namun begitu, nyatanya banyak masyarakat yang selalu mengganti mobil mereka setiap tahunnya dengan alasan untuk kebutuhan mobilitas ataupun mengikuti tren. Banyaknya mobil-mobil baru di Indonesia akan memberikan pilihan yang semakin beragam mulai dari harga yang murah hingga paling mahal.

Tips Memilih Harga Mobil

Seperti pepatah, ada rupa ada harga. Tentu hal ini juga berlaku untuk mobil. Namun begitu, kembali lagi mobil seperti apa yang Anda butuhkan. Berikut beberapa tips memilih harga mobil yang dapat menjadi referensi Anda ketika memilih kendaraan.

  1. Pilih Jenis Mobil

Memilih jenis mobil akan membantu Anda dalam menyiapkan anggaran yang dikeluarkan. Sebaiknya, saat memilih jenis mobil, sesuaikan dengan pendapatan bulanan yang diterima.

Viral :   6 Aturan Peminjaman Tool Set dan Perkakas

Jangan memaksakan untuk membeli mobil mewah, tetapi Anda akan tersiksa setiap bulannya karena tinggi cicilan yang harus dibayar. Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan pilihan terhadap mobil apa yang akan dibeli.

Mobil dengan ukuran yang lebih besar harganya tentu lebih mahal dibandingkan dengan yang lebih kecil pada merek yang sama. Selain itu, tujuan pembelian mobil juga memengaruhi dalam pemilihan jenis mobil.

  1. Anggaran

Mobil bukanlah barang yang dapat dibeli oleh semua orang. Jika Anda menginginkannya karena memang kebutuhan mobilitas yang tinggi, tidak ada salahnya untuk menyiapkan anggaran.

Setelah menentukan mobil jenis apa yang diinginkan, lakukan survei untuk mengetahui harganya, baik itu untuk dicicil ataupun dibayar secara tunai.

Saat Anda telah tahu harganya, mulailah sesegera mungkin untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan guna menganggarkannya untuk keperluan pembelian mobil. Namun, ingatlah bahwa kebutuhan mobil bukanlah hal yang wajib.

  1. Beli secara Tunai

Pembayaran harga mobil secara tunai akan memberikan keuntungan kepada Anda dibandingkan dengan mencicilnya. Jika anggaran yang telah disiapkan memang telah mencukupi untuk membelinya secara tunai, sebaiknya memang tidak dicicil.

Harga yang ditawarkan untuk sistem cicilan akan lebih besar jika dijumlahkan dibandingkan tunai langsung. Hal ini karena pada sistem cicil, Anda harus membayar biaya administrasi per bulannya.

Viral :   Cara Jumper Aki Mobil untuk Menghidupkan Mobil Kembali

Sementara itu, pada sistem tunai, administrasi yang dibayarkan cukup sekali pada awal pembayaran saja. Membeli tunai juga akan memberikan ketenangan pada kehidupan Anda karena tidak memiliki tanggungan cicilan mobil setiap bulannya.

  1. Beli pada Waktu yang Tepat

Harga mobil yang sering berubah-ubah dapat memberikan keuntungan pada Anda jika dapat memanfaatkannya dengan baik. Dealer-dealer resmi pada waktu tertentu akan menggelar promo ataupun potongan harga. Biasanya, ini terjadi saat akhir bulan karena berhubungan dengan target penjualan mereka.

Saat inilah waktu yang tepat untuk berburu mobil murah dengan kualitas yang tetap bagus. Harga-harga akan diturunkan untuk menarik konsumen agar melakukan pembelian mobil.

Selain itu, hadirilah pameran-pameran yang diselenggarakan oleh dealer. Biasanya di saat seperti ini, mereka juga akan memberikan diskon pembelian baik secara tunai ataupun dengan sistem cicil.

  1. Lakukan Penawaran

Pada sistem jual beli, melakukan penawaran adalah hal yang lumrah. Begitu pula saat Anda membeli mobil baru, tidak ada salahnya Anda melakukan penawaran pada harga mobil yang diberikan oleh dealer.

Jika Anda berhasil melakukan negosiasi, maka keuntungannya adalah Anda akan mendapatkan potongan harga. Tentu hal ini akan membuat anggaran semakin hemat, bukan?