Harga Mobil Bekas

Mau Beli Mobil Bekas, Tidak Hanya Pertimbangan Harga Mobil Bekas, Ini Acuan Lainnya

Mobil termasuk dalam kebutuhan tersier. Artinya, bukan kebutuhan utama yang harus terpenuhi. Meskipun begitu, nyatanya manusia membutuhkan kemudahan untuk melakukan mobilitas. Untuk memenuhinya, Anda tidak perlu membeli yang baru. Hal ini karena mobil saat ini banyak harga mobil bekas yang sangat terjangkau.

Kebutuhan akan mobil kian tahun semakin tinggi. Keinginan untuk mandiri dan mudah dalam bepergian membuat banyak orang berusaha membelinya. Tidak sedikit dari mereka yang membeli mobil bekas karena harganya lebih miring.

Namun begitu, tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang bagus juga. Oleh karena itu, sebelum membelinya, perhatikan tips berikut ini.

Pertimbangan Membeli Selain Harga Mobil Bekas

Harga mobil saat telah terpakai atau bekas biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Jika dapat memilihnya dengan tepat, mobil dengan kualitas bagus dapat Anda miliki.

  1. Bandingkan Kualitas

Membeli mobil bekas artinya Anda harus jeli dalam memilihnya. Jika perlu, datangilah beberapa showroom untuk membandingkan kualitas mobil yang Anda inginkan. Selain akan mendapatkan harga mobil bekas dengan tawaran yang menarik, tentunya Anda juga mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harapan.

Viral :   Cara Balik Nama Mobil Dan Mutasi, Syarat dan Biayanya.

Tidak hanya itu, pilihlah showroom yang memiliki stok mobil banyak karena akan memberikan pilihan yang semakin banyak untuk Anda. Jangan lupa juga untuk banyak bertanya tentang kondisi mobil bekas incaran agar tidak menyesal ketika telah membayarnya.

  1. Bawa Ahlinya

Tidak ada salahnya ketika Anda akan membeli mobil bekas untuk mengajak serta teman yang paham tentang mesin mobil. Seorang yang ahli dalam menilai mesin mobil akan memberikan pertimbangan tentang kondisi kendaraan yang sebenarnya.

Cara ini akan menghindarkan Anda dari penipuan akibat tergiur penawaran yang menarik dari penjual. Selain itu, seorang ahli mekanik akan memastikan bahwa Anda tidak salah beli mobil bekas.

  1. Ketahui Service Record

Mobil-mobil keluaran awal tahun 2010-an tentu telah memiliki catatan servis yang baik. Salah satu cara untuk mengetahui apakah mobil bekas tersebut terawat selama digunakan pemilik sebelumnya adalah dengan mengetahui service record.

Pada catatan tersebut akan terlihat apakah mobil dirawat secara rutin atau tidak. Mobil-mobil yang dirawat secara rutin tentu saja kondisinya akan lebih baik.

  1. Jangan Tergiur Harga Murah

Meskipun harga mobil bekas jauh di bawah yang baru, Anda perlu berhati-hati jika mendapatkan tawaran yang harganya tidak masuk akal. Apalagi mobil bekas incaran Anda adalah merek-merek yang terkenal dan belum begitu lama dirilis.

Viral :   Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Akan Beli Mobil Baru

Mobil-mobil yang dijual karena bekas kecelakaan atau bencana juga dijual dengan harga sangat murah. Namun, mobil seperti itu tentu tidak ingin Anda pilih.

Untuk menghindarinya, jangan mudah tertipu dengan harga mobil yang miring. Selain itu, bisa jadi, Anda malah ditawari jenis mobil lain yang memang harganya murah sekali, tetapi kualitasnya juga rendah.

  1. Test Drive

Cara terbaik untuk mengetahui kondisi mobil adalah dengan melakukan test drive. Jika Anda telah mengetahui mobil mana yang diinginkan, cobalah untuk melakukan test drive.

Jika memang Anda pemula, mintalah ahli mekanik yang dibawa untuk melakukan test drive guna menilai bagaimana kinerja mesin selama perjalanan. Rasakan betul apa yang dialami pada saat mengendarai mobil.

Ketika pertama kali Anda masuk ke ruang kemudi dan menelisik interiornya, perhatikan tempat duduk, pegangan kemudi, dan komponen-komponen lain di kemudi. Setiap bagiannya sebisa mungkin Anda nilai apakah memang mobil bekas tersebut masih laik untuk melakukan perjalanan atau tidak.

  1. Cek Kelengkapan Surat

Setiap kendaraan legal harus memiliki kelengkapan dokumen, mulai dari STNK, surat pajak, hingga BPKB. Ketika Anda memutuskan untuk membelinya, sebelum membayar harga mobil bekas yang disepakati, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kelengkapan surat-surat resminya.