Cara Mengetahui Kerusakan Motor Listrik

Cara Mengetahui Kerusakan Motor Listrik

Cara mengetahui kerusakan motor listrik – Motor listrik adalah salah satu alternatif kendaraan di era yang modern saat ini. Yang mana motor listrik ini lebih baik digunakan saat transportasi jarak dekat, karena tentunya lebih hemat, akibat tidak menggunakan bensin. Akan tetapi, motor listrik juga ternyata memiliki masalah atau pun kerusakan jika digunakan secara berlebihan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kerusakan yang ada pada motor listrik. Adapun kerusakan pada motor listrik, biasa disebut dengan troubleshooting dan menyangkut masalah kelistrikan.

Karena memang motor listrik ini sangat bertergantungan pada komponen-komponen kelistrikan yang ada di dalamnya. Tanpa menggunakan bahan bakar, dan hanya tinggal mengecas baterai saja sebenarnya penggunaan motor listrik ini terbilah lebih simpel. Tetapi ya itu tadi, motor listrik ini justru sangat rentan mengalami kerusakan dan untuk memperbaikinya juga tidak cukup mudah. Oleh sebab itu, sama seperti motor biasa, motor listrik pun juga perlu dilakukan pengecekan. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara mengetahui kerusakan motor listrik.

Viral :   Cara Memasang GPS di Mobil Beserta Harganya

Cara Mengetahui Kerusakan Motor Listrik

  • Getaran

Jika motor listrik Anda sudah mengalami getaran secara berlebihan, maka berarti mesin motor Anda sudah dalam masalah yang cukup besar. Yang mana getaran ini biasanya berpengaruh pada kerusakan pondasi motor, bearing, rotor, dan tentunya juga pada mesin motor listrik itu sendiri.

  • Sulit Starter

Jika motor listrik Anda sulit distarter, maka biasanya itu menandakan kalau arus kelistrikan motor Anda sedang mengalami masalah. Dan itu biasanya terjadi karena motor Anda terlalu panas, atau mungkin karena terlalu membawa beban yang berat, dan sistem starter motor yang tidak baik.

  • Motor/Mesin Kotor

Jika motor listrik Anda terutama pada bagian mesin dan ventilasi kotor, maka biasanya hal tersebut adalah tanda-tanda kalau motor listrik Anda akan rusak. Yang mana itu disebabkan karena saluran pendinginan motor dan juga komponen listrik terganggu kinerjanya akibat kotoran dan juga debu.

  • Mengecek Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen utama penggerak motor listrik. Oleh sebab itu, Anda harus sering-sering untuk mengecek kapasitor. Karena jika kumparan-kumparan pada kapasitor sudah tidak baik, maka bisa dipastikan kalau kapasitor akan rusak. Dan jika kapasitornya sudah rusak, tentu motor listrik Anda sudah tidak bisa bekerja lagi.

Viral :   Simulasi Kredit Mobil Bekas untuk Angsuran 2 Juta

Itulah tadi sedikit penjelasan dari akusatu.com tentang cara untuk mengetahui kerusakan pada motor listrik Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Anda bisa lebih merawat serta menjaga kondisi motor listrik yang Anda miliki saat ini.