Cara Merubah Motor Bensin Menjadi Listrik

Cara Merubah Motor Bensin Menjadi Listrik

Cara merubah motor bensin menjadi listrik – Secara teknis mengubah motor bensin menjadi motor listrik sangat mungkin untuk dilakukan. Akan tetapi cara atau prosesnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untungnya saat ini sudah banyak bengkel yang bisa mengaplikasikan modifikasi semacam itu sekaligus menawarkan paket konversinya. Langsung saja Anda simak penjelasan selengkapnya tentang cara merubah motor bensin menjadi listrik berikut ini.

Cara Merubah Motor Bensin Menjadi Listrik

Untuk mengubah motor bensin menjadi listrik, kami menyarankan agar konversi dilakukan oleh bengkel profesional. Agar hasilnya bisa lebih memuaskan. Karena berdasarkan pantauan, konversi yang dilakukan secara do it yourself (DIY) kerap kali melalui proses trial and error. Tidak hanya buang-buang waktu, akan tetapi juga dana dan tenaga.

Tapi jika Anda masih penasaran dengan cara merubah motor bensin menjadi listrik, maka Anda bisa lihat sebuah tutorial yang diunggah oleh akun YouTube dengan nama Technical Partha. Yang mana terdapat satu video yang menunjukkan konversi sebuah motor Yamaha bermesin 4-tak menjadi tenaga listrik.

Viral :   Tips Memilih Mobil Mainan Anak yang Aman dan Tepat

Menariknya, dari proses yang ditunjukkan, ternyata konversi motor bensin ke listrik masih bisa memanfaatkan gearbox bawaan. Adapun bagian mesin yang dilepas hanya kepala silinder, blok silinder, setang seher, dan juga pistonnya. Secara garis besar proses yang dilakukannya ialah sebagai berikut:

  1. Anda tinggal melepas kepala silinder dan blok silinder
  2. Kemudian memotong setang seher dan piston
  3. Lalu membuat adaptor untuk memasang dinamo
  4. Pasang dinamo lalu Anda tinggal menghubungkannya dengan rantai keteng
  5. Setelah itu memasang baterai
  6. Memastikan kalau semua baut sudah kencang

Sayangnya, video tersebut tidak menunjukkan kalau proses pemasangan kabel-kabelnya, yang mana itu juga tidak kalah penting.

Adapun spesifikasi yang digunakannya terdiri dari dinamo 750W 48V dan juga baterai 48V 30Ah lithium-ion. Sehingga berdasarkan klaimnya, dengan spesifikasi yang seperti itu maka motor listrik bisa melaju hingga 50 km/j, akan tetapi tidak disebutkan seberapa jauh jarak tempuhnya.

Prosesnya yang terlihat sederhana dengan hasil yang cukup sukses, membuat video tersebut mendapat banyak komentar positif, meski tak sedikit pula orang yang menilai kalau pengerjaannya masih memerlukan banyak pengembangan.

Viral :   Tips Membeli Air Wiper Mobil Yang bagus dan Rekomendasi Merek Air Wiper Mobil Terbaik

Satu hal yang pasti, proses tersebut menunjukkan kalau konversi motor bensin ke listrik, memang sangat mungkin untuk dilakukan. Terlebih lagi jika ditangani oleh teknisi atau pun bengkel yang berpengalaman, pasti hasilnya juga akan sangat memuaskan.

Aturan Dinamo Motor Listrik Konversi

Pada prosesnya menanti kemungkinan ada tahapan di mana Anda harus menentukan kalau kekuatan dinamo yang akan digunakan. Ada baiknya jika hal tersebut juga tidak dilakukan dengan sembarangan. Karena memang dalam menentukan dinamo untuk motor listrik konversi, juga ada aturannya.

  • Untuk sepeda motor dengan silinder sampai 100 cc, maka daya motor listrik konversi paling tinggi 2 kW
  • Untuk sepeda motor dengan silinder dari 110 cc sampai 150 cc, maka daya motor listrik konversi paling tinggi 3 kW
  • Untuk sepeda motor dengan silinder dari 150 cc sampai 200 cc, maka daya motor listrik konversi paling tinggi 4 kW.