Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Membeli mobil bekas merupakan cara paling mudah jika menginginkan kendaraan roda empat dengan harga lebih miring. Selain itu bagi yang penuh akan perhitungan, membeli kendaraan second juga lebih irit. Dengan harga separuh dari barang baru tetapi peforma sama, tentu saja hal ini menjadi keuntungan tersendiri dari memilih mobil dari tangan kedua.

Tetapi Anda harus paham betul bagaimana tips membeli mobil bekas. Jangan sampai terburu-buru dan asal pilih dan pada akhirnya merugi. Karena ada sejumlah oknum yang sudah mengoplos mesin kendaraan roda empat. Nah jangan sampai jenis kendaraan oplosan seperti itu yang justru Anda dapatkan. Berikut ini ulasan tips membeli mobil bekas agar tidak salah pilih.

 Tips Membeli Mobil Bekas

Anda dapat membeli kendaraan second dari berbagai macam tempat. Bisa langsung melalui pemilik, dealer mobil bekas, maupun lelang. Tips membeli mobil bekas berikut ini dapat Anda lakukan agar tidak sampai tertipu dan salah pilih.

  1. Jangan Terlalu Tergiur Harga Miring

Tips membeli mobil bekas pertama adalah melihat harga. Meskipun harga kendaraan second lebih terjangkau, tetapi harga yang wajar tetap prioritas. Anda harus tahu terlebih dahulu pasaran harga bekas sebuah merk kendaraan. Apabila harganya jatuh sekali, sepatutnya harus menaruh curiga.

Viral :   Cara Memilih Jaket Touring yang Akan Sangat Bermanfaat

Jangan segan untuk menanyakan hal tersebut kepada penjual. Begitu juga sebaliknya. Jika harganya terlalu tinggi, pastikan Anda tahu mengapa bandrolnya bisa diatas rata-rata pasaran. Secara singkat, pembeli harus paham apa alasan kuat untuk membayar sebuah mobil bekas.

  1. Pastikan Anda Mengantongi Catatan Servisnya

Catatan servis dari sebuah kendaraan adalah hal yang penting. Anda harus tahu bagaimana riwayat servis kendaraan. Cara ini adalah yang paling mudah untuk paham kondisi kendaraan diatas kertas. Anda akan mengerti bagaimana mesin mobil tersebut, apakah sudah benar-benar rusak karena telah melakukan berbagai pergantian, atau memang kualitasnya masih bagus.

Selain itu, komponen yang seharusnya diganti dan bagaimana memperbaiki apabila terjadi kerusakan juga dapat diketahui secara mudah dengan catatan servis. Apabila mobil tidak memiliki catatan tersebut, sebaiknya cari kendaraan lain.

  1. Cek Keseluruhan Fisik

Cek keseluruhan fisik. Mulai dari eksterior, mesin, hingga interior. Anda adalah pembeli dan tentu saja wajib melakukan hal tersebut agar tidak menyesal untuk nantinya. Setelah mengecek seluruh fisik dan Anda masih ragu, lakukan test drive.

Tes menyetir ini akan membuat Anda merasakan bagaimana peforma kendaraan ketika sedang mengaspal. Jika masih ragu, cobalah bawa teman yang ahli akan hal ini untuk membantu Anda melakukan penilaian.

  1. Cek Dokumen

Yang satu ini juga sangat penting. Lakukan pengecekan dokumen sebaik mungkin. Samakan nomor kendaraan, nomor mesin dan berbagai hal lain dengan BPKB. Pastikan Anda membeli kendaraan yang tidak bermasalah dari segi hukum.

Viral :   Tips Sebelum Sewa Bus, Ketahui Hal ini Mulai Sekarang

Untuk urusan pajak, sebaiknya belilah mobil dengan pajak yang sudah terbayar. Apabila terlalu lama menunggak pajak, lebih baik minta pemilik sebelumnya untuk membayar terlebih dahulu.

  1. Teliti dan Jangan Terburu-buru

Pastikan bahwa ketika membeli mobil bekas jangan terlalu terburu-buru. Bagaimanapun butuhnya Anda terhadap kendaraan ini, pastikan tetap teliti dalam membelinya. Terburu-buru hanya akan membuat Anda melewatkan pengecekan. Tetap tenang dalam bernegosiasi dengan pemilik lama.

Jika segalanya tidak dilakukan dengan terburu-buru, tentu saja Anda akan mendapatkan segala yang terbaik. Mulai dari mobil yang tepat sampai harga yang masuk akal. Lakukan transaksi secara aman dengan bukti yang jelas.

Jadi bagaimana, sudah siap untuk membeli mobil bekas? Apabila hendak membelinya di dealer khusus, sebaiknya cari tempat jualan yang terpercaya dan memiliki rekam jejak baik di masyarakat.