pexels.com

Semakin Nyaman Duduk dengan Pelapis Jok Mobil yang Tepat

Untuk menambah kesan yang semakin estetik pada interior mobil, pelapis jok merupakan pilihan menarik untuk Anda gunakan. Selain menambah estetika kabin, sarung jok juga berguna untuk melindungi kursi asli agar tidak mudah rusak. Pada akhirnya, komponen original dari mobil Anda tetap terjaga sehingga nilai jualnya tidak begitu turun suatu saat nanti.

Pelapis jok juga berguna agar ketika ada kotoran dari makanan maupun minuman yang tertumpah di kursi tidak langsung merembes ke dalam. Anda pun bisa langsung membersihkannya. Agar tidak salah pilih model dan fungsi, berikut ini beberapa tips memilih pelapis jok mobil yang tepat.

Tips Memilih Sarung Jok Mobil

Model serta sistem pemasangan pelapis kursi mobil ada banyak sekali jenisnya. Tentu saja yang diharapkan Anda tidak sampai salah pilih sehingga budget yang digunakan untuk membeli sarung jok ini teralokasikan secara tepat. Berikut ini tips selengkapnya.

  1. Pilih Bahan Sarung Sesuai Kebutuhan

Sebelum memilih model sarung jok yang tepat, tentukan terlebih dahulu bahannya. Ada berbagai macam bahan sarung kursi mobil yang dipasarkan, tetapi pada umumnya, terdapat dua jenis bahan, yakni kulit asli serta sintetis.

Untuk bahan kulit asli, biasanya harganya lebih mahal. Dari segi kualitas juga tergolong lebih unggul. Bahan kulit asli lebih nyaman, anti api, lebih dingin, serta lembut sehingga cocok bagi yang sering berpergian jauh.

Viral :   Cara Bayar Pajak Mobil Online? Lakukan Cara Ini

Meskipun harga sarung jok kulit asli lebih mahal, bukan berarti jenis sintetis kualitasnya abal-abal. Anda tetap bisa memilih sarung jok kulit sintetis jika dana tidak memungkinkan. Keunggulan dari kulit sintetis salah satunya adalah variasi warnanya yang beragam dan bisa Anda pilih sesuai keinginan.

  1. Sesuaikan Jenis Pemasangan

Pemasangan sarung jok pada umumnya terbagi menjadi dua mode. Mode yang pertama adalah paten yang berarti memang terpasang secara permanen. Selain itu, ada pemasangan semi permanen yang bisa dibongkar-pasang. Sesuaikan jenis pemasangannya dengan budget dan rencana masa depan kendaraan Anda.

  1. Pilih Model

Sarung jok memang erat kaitannya dengan segi estetika sebuah kendaraan. Mobil akan terlihat cantik dan indah dengan pemasangan komponen ini. Untuk kendaraan yang sudah cukup mewah, sebaiknya jangan pilih model sarung kursi yang aneh-aneh. Cukup dengan yang simpel agar tidak merusak estetika asli kendaraan.

Untuk mobil keluarga, Anda bisa memilih sarung jok dengan aneka motif lucu. Biasanya, bagi yang sudah memiliki buah hati, motif kartun maupun karakter tertentu menjadi favorit. Usahakan juga model sarung jok ini sesuai dan pas dengan ukuran kabin.

  1. Tentukan Warna
Viral :   Penyebab AC Mobil Tidak Dingin & Cara Mengatasinya

Sebaiknya, gunakan warna yang senada atau mirip dengan interior mobil Anda. Memang ada orang yang seleranya mengombinasikan warna, termasuk untuk sarung jok. Namun, jika kombinasi warnanya kurang sedap dipandang, hal tersebut akan mengurangi estetika interior.

Memilih jenis sintetis sebenarnya terbilang tepat karena jenis sarung jok ini tersedia dalam sejumlah warna. Bahkan, Anda bisa mengombinasikan warna-warna sesuai keinginan.

  1. Sebaiknya Gunakan yang Berbahan Anti Air

Memilih pelapis anti air tentu lebih bagus dibandingkan bahan yang menyerap air. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan selama di perjalanan penumpang minum dan menumpahkan air secara tidak sengaja. Daripada nantinya mobil bau apek karena air yang merembes ke jok, lebih baik pilih bahan yang anti air.

Tekstur sarung jok yang anti air biasanya lebih lentur. Selain itu, lebih awet dan tahan guncangan. Memang ada harga lebih yang harus Anda bayar, tetapi jika memang kualitasnya bagus, tentu bahan ini sah-sah saja untuk dipilih.

Selain beberapa tips memilih cover jok mobil di atas, sebaiknya jangan terburu-buru tergiur dengan harga murah. Meskipun harganya murah, apabila proses pemasangannya dilakukan asal-asalan, tentu lebih baik tidak Anda pilih. Karena jangka waktu pemakaiannya lama, pastikan pemasangannya juga yang terbaik.