pexels.com

Ini Dia Tips Modifikasi Mobil Bekas agar Tetap Maksimal

Ini Dia Tips Modifikasi Mobil Bekas agar Tetap Maksimal – Mobil bekas ternyata juga bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Meskipun bukan kendaraan baru, Anda tetap bisa leluasa mengotak-atik tampilannya. Tentu saja ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar proses modifikasi tetap aman serta hasilnya maksimal.

Memodifikasi mobil bekas juga terbilang lebih murah sebab harga pokok kendaraannya saja sudah jauh lebih rendah. Anda juga bisa leluasa melakukan perombakan tanpa ragu. Namun, sebelum memulai modifikasi, berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda coba.

Ini Dia Tips Modifikasi Mobil Bekas agar Tetap Maksimal

Ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan ketika hendak memodifikasi mobil bekas, mulai dari memilih kendaraan, menentukan konsep, dan masih banyak lagi. Ini dia ulasan selengkapnya.

  • Pilih Jenis Mobil yang Cocok

Pilih mobil bekas yang hendak Anda modifikasi. Anda dapat memilihnya dengan mempertimbangkan sejumlah variabel, seperti budget, kegunaan, hingga tren. Modifikasi mobil sedan lama sangat disukai mayoritas pecinta otomotif karena jenis mobil ini bisa dikendarai sehari-hari serta dapat digunakan untuk drifting.

Mobil MVP juga banyak dimodifikasi karena bentuknya yang menarik. Anda juga bisa memilih jenis pick up, mobil kodok, atau hatchback yang juga tidak kalah tenarnya. Sebelum merogoh dana untuk reparasi dan modifikasi, sebaiknya cek secara detail kendarannya terlebih dahulu.

  • Tentukan Tema

Setelah menentukan mobil, atur temanya. Mobil merupakan benda yang harganya cukup tinggi. Tentu saja, untuk memodifikasinya, Anda harus menyesuaikannya dengan tema agar hasilnya tetap menarik. Sebaiknya, jangan mengombinasikan konsep yang saling berseberangan.

Viral :   Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil

Anda dapat memilih tema seperti gothic, retro, racing, maupun konsep elegan nan mewah sebagai landasan untuk modifikasi. Tema yang konsisten akan saling berkesinambungan untuk eksterior hingga interior. Kendaraan pun tetap enak dipandang dan nyaman dikendarai.

  • Perkirakan Biaya serta Bengkelnya

Menentukan tema sudah Anda lakukan, saatnya membuat perkiraan biaya serta memilih bengkel. Pilih modifikasi yang sederhana terlebih dahulu sebagai awalan. Cara ini juga cocok jika biaya yang Anda siapkan tidak begitu banyak.

Anda dapat mengganti kaca film atau aksesoris kecil terlebih dahulu. Coba pula lakukan riset kecil-kecilan agar bisa memperoleh harga aksesoris yang lebih terjangkau. Buatlah perhitungan secara matang agar tidak overbudget. Pastikan pula bengkel servisnya tepat serta kredibel.

  • Tambahkan Aksesoris yang Tepat

Selain penggantian komponen inti, Anda juga bisa menggunakan sejumlah aksesoris, misalnya televisi dan perangkat audio di bagian interiornya. Selain itu, memasang GPS agar terintegrasi secara mudah juga cocok untuk Anda yang sering buta arah.

Pasang juga kamera di bagian belakang agar memudahkan ketika parkir. Kamera ini juga berguna untuk membantu Anda yang masih belum terlalu mahir menyetir. Selain itu, jangan lupa tambahkan fitur lain seperti charger serta meja kecil di kursi penumpang agar mobil terasa semakin nyaman.

  • Pasang Body Kit yang Cocok

Saat ini, sudah semakin banyak body kit yang dijual serta langsung bisa dipasang, mulai dari bumper, spoiler, side skirt, dan masih banyak lagi. Kembali lagi ke tema yang Anda rencanakan, sesuaikan dengan rencana Anda dalam memilih body kit.

Sebagai tambahan pertimbangan, Anda bisa memilih perangkat dari bahan plastik yang umumnya lebih ringan dan kuat. Namun, ada pula perangkat yang terbuat dari bahan fiber. Yang penting adalah hindari memasang perangkat yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan.

Viral :   11 Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Sendirian Menggunakan Mobil

Selain tidak sedap dipandang, komponen yang terlalu besar justru akan menyulitkan proses instalasi. Kemungkinan mudah rusak juga bisa saja terjadi sehingga berpotensi menyedot banyak biaya. Pemasangan yang salah pada sejumlah komponen juga dapat menurunkan harga jual suatu saat nanti.

Pastikan juga modifikasi mobil yang Anda lakukan sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Sebaiknya, hindari penggunaan knalpot racing maupun klakson yang melanggar peraturan demi keamanan dan kenyamanan bersama.