Ini Strategi Beli Mobil Lelang

Ini Strategi Beli Mobil Lelang Agar Tidak Rugi

Mobil bekas memang menjadi alternatif tersendiri apabila Anda menginginkan kendaraan roda empat dengan harga lebih miring. Selain membelinya melalui dealer khusus kendaraan bekas atau perorangan, Anda bisa melirik tempat pelelangan sebagai arena berburu kendaraan.

Pelelangan mobil memang belum banyak diketahui. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa yang ada di tempat lelang adalah para pemilik dealer mobil bekas. Hal tersebut sebenarnya hanyalah stigma karena Anda tetap bisa menjadi peserta lelang sebagai perorangan. Hanya saja, perlu strategi tersendiri agar Anda tidak rugi membeli mobil bekas di tempat tersebut.

Tips Membeli Mobil Lelang

Mayoritas peserta dan pembeli mobil bekas yang ada di pelelangan memang penjual maupun dari dealer. Hal ini disebabkan kendaraan-kendaraan tersebut dibanderol dengan harga yang relatif miring. Unit yang ditawarkan pun bervariasi dan harga jualnya yang lebih rendah memang sangat menggiurkan. Agar tidak sampai tertipu atau rugi, cobalah beberapa strategi membeli mobil di tempat lelang berikut ini.

Pahami Prosedur Lelang

Pahami tata cara lelang agar ketika sudah berada di lokasi, Anda tidak merasa canggung. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, pelelangan mobil bekas memang masih awam untuk mayoritas orang Indonesia. Namun, jangan khawatir. Belakangan ini, Anda sudah bisa mengakses informasi cara pelelangan di internet.

Viral :   Rahasia Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Benar

Selain memahami prosedur lelang, kantongi juga informasi mengenai jadwal lelangnya. Jangan takut juga untuk menghubungi pihak pelelangan agar nantinya Anda bisa memperoleh informasi secara lebih lengkap.

Bandingkan Harga

Meskipun barang lelang, terkadang terjadi over priced. Jangan sampai Anda terjebak harga yang terlalu tinggi untuk membeli barang yang sebenarnya tidak sebesar itu nilainya. Memang. dalam hal pelelangan, situasi tersebut biasa terjadi.

Jadi, Anda tetap harus realistis dalam mengikuti lelang. Carilah informasi terlebih dahulu mengenai kendaraan yang Anda inginkan. Alangkah lebih bagus lagi jika Anda sudah memiliki rencana yang pasti untuk mengincar jenis mobil tertentu sehingga persiapan mengikuti lelang menjadi lebih maksimal.

Jeli Memilih

Maksud dari jeli memilih pada poin ini adalah tepat dalam memilih penyelenggara lelang. Selain itu, pilih juga mobil yang memiliki kondisi terbaik. Pelajari betul bagaimana tata cara mengikuti lelang.

Selain itu, Anda juga harus ekstra teliti jika hendak melakukan bidding. Unit yang ada pada pelalangan biasanya variatif. Mengecek kondisi fisik, dokumen, hingga hal-hal kecil pada mobil memang sedikit merepotkan. Namun, demi keuntungan jangka panjang, hal tersebut tentu sangat penting untuk dilakukan.

Viral :   Pasang Klem Knalpot Tanpa Perlu Repot

Periksa Riwayat Perbaikan

Anda dapat meminta riwayat perbaikan kepada petugas. Informasi mengenai bagian-bagian kendaraan yang sudah mengalami pergantian maupun perbaikan nantinya sangat penting agar Anda bisa tahu secara mendetail bagaimana kualitas mobil lelang yang Anda pilih. Anda juga dapat menghitung untung rugi jika hendak membelinya.

Mengetahui riwayat perbaikan mobil juga bermanfaat agar nantinya Anda tahu risiko jika sudah membeli kendaraan tersebut. Apabila sudah paham apa saja risikonya, tentu saja Anda bisa merencanakan langkah antisipasinya.

Cek Bengkel

Bawa mobil ke bengkel apabila Anda sudah memenangkan lelang dan mendapatkan kendaraan tersebut. Meskipun sudah mengikuti lelang di tempat tepercaya, Anda harus melakukan pengecekan ulang. Siapa tahu kondisi luar kendaraan terlihat baik, tetapi ternyata sudah pernah turun mesin.

Lakukan pengecekan secara mendetail agar kerusakan kendaraan dapat diidentifikasi sedini mungkin. Cara ini juga penting dilakukan agar Anda tidak mengeluarkan biaya ekstra yang lebih besar lagi nantinya.

Jadi kesimpulannya, tetap lakukan persiapan secara maksimal agar Anda bisa memperoleh kendaraan idaman dengan harga terbaik. Tetap lakukan perhitungan untung rugi secara detail sehingga nantinya tidak menyesal setelah membeli mobil bekas tersebut.