Cara Mengganti Kabel Rem Tangan Mobil agar Tidak Celaka

Cara Mengganti Kabel Rem Tangan Mobil agar Tidak Celaka – Akhir-akhir ini, banyak kecelakaan yang disebabkan kabel rem tangan atau kabel rem parkir putus. Mengingat akibatnya bisa sangat fatal, maka setiap pengendara harus memperhatikan kondisi kabel rem ini. Jika kondisinya sudah tidak layak, Anda harus segera menggantinya sebelum telanjur putus. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami langkah-langkah mengganti kabel rem tangan pada mobil.

Kabel rem tangan pada mobil terbuat dari kabel baja tipis yang menghubungkan tuas rem tangan ke sepatu rem tangan (parking brake shoes). Jadi, ketika Anda menarik tuas rem tangan, sepatu rem tangan akan bergesekan dengan tromol rem sehingga mobil tidak dapat bergerak. Seperti komponen lainnya, jika sudah sering digunakan, kabel rem juga bisa mengalami kerusakan.

Lalu, kapan sebaiknya Anda mengganti kabel rem tangan? Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kabel rem tangan/rem parkir sudah harus diganti, yaitu rem tidak dapat menahan kendaraan, rem tidak bisa dilepaskan, lampu peringatan rem parkir menyala, dan jarak tarik rem tangan terlalu tinggi, yaitu jumlah klik ketika Anda menarik rem tangan lebih dari 9.

Cara Mengganti Kabel Rem Tangan Mobil agar Tidak Celaka

Perlu diketahui dahulu bahwa kecelakaan yang terjadi di jalanan tidak semuanya disebabkan oleh kesalahan pengemudi. Kecelakaan bisa saja terjadi karena adanya masalah pada komponen dan aksesoris mobilnya. Masalah pada aksesoris terjadi akibat kondisinya yang sudah tidak layak dan tidak segera diganti, termasuk rem tangan.

Viral :   Tips dan Trik di Balik Rahasia Ketok Magic

Salah satu komponen mobil yang cukup sering mengalami masalah adalah kabel rem yang putus. Nah, bagi Anda yang sering berkendara, langkah-langkah mengganti kabel rem yang putus berikut ini patut disimak.

  • Siapkan Peralatan untuk Mengganti Kabel

Langkah pertama dalam penggantian kabel rem adalah dengan menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat dan bahan tersebut berupa dongkrak, obeng minus, obeng saku, serta cadangan dari kabel rem yang akan diganti. Dengan alat tersebut, Anda akan bisa membuka bagian bawah mobil dan mengganjalnya. Setelah itu, barulah Anda bisa memulai penggantian kabel yang ada di dalamnya.

  • Ganti Kabel Internal Rem

Kabel rem adalah aksesoris dan bagian dari mobil yang sering kali lalai diperhatikan. Padahal, kabel rem ini memiliki peran yang sangat penting. Berkendara akan menjadi sangat berbahaya jika kondisi kabel rem sudah mulai terkelupas, mengalami korosi, bahkan sampai putus.

Viral :   Jangan Salah Pilih, Ini Tips Sewa Bus Pariwisata

Karena itu, langkah kedua untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti kabel internalnya. Karena terletak di dalam, penggantian kabel internal rem harus dilakukan dengan teliti agar tidak salah pasang.

Untuk menggantinya, bukalah lebih dahulu bagian rem mobil dengan alat yang sudah disiapkan tadi. Setelah itu, ambil kabel internal yang putus dan ganti dengan kabel yang baru. Usahakan pemasangan kabel dilakukan dengan tepat.

  • Ganti Selongsong Kabel

Saat kabel internal rem putus, kemungkinan besar kabel tersebut sudah berusia tua. Dengan begitu, kabel jadi berkarat dan mudah putus. Begitu juga dengan selongsong kabel tersebut yang pasti juga sudah berkarat dan telah keropos.

Untuk itu, saat mengganti kabel internal yang putus, sebaiknya selongsong kabel juga ikut diganti dengan yang baru. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kabel rem tangan kembali putus. Selain itu, selongsong yang baru juga akan melindungi kabel internal dengan baik.

Demi keamanan berkendara, Anda memastikan semua komponen kendaraan dalam keadaan baik, terlebih lagi komponen yang berhubungan dengan keselamatan, seperti kabel rem tangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menghindarkan Anda dari kecelakaan akibat kabel rem putus.

Kata Pencariankabel rem mobil