pexels.com

4 Langkah Membuat Kaca Mobil Anti Air

4 Langkah Membuat Kaca Mobil Anti Air – Saat mengendarai mobil di tengah guyuran hujan, Anda akan kesulitan melihat jalan. Air hujan ini akan mengganggu jarak pandang sehingga Anda menjadi sulit melihat. Wiper pada kaca mobil berguna untuk membersihkan kaca dari air. Penggunaan wiper bisa menjadi salah satu cara, tetapi masih menghasilkan sisa air di kaca. Berikut ini akan dibahas beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kaca mobil anti air.

4 Langkah agar Kaca Mobil Anti Air

Siapa yang tidak mau punya mobil yang bersih? Apalagi jika kaca mobilnya dapat menahan air layaknya daun talas. Kaca mobil yang bersih dan kinclong akan lebih enak dilihat dan tentu lebih nyaman digunakan. Hal ini disebabkan ketika di luar hujan, air tidak akan menempel di kaca dan akan langsung turun. Dengan begitu, pengemudi tidak merasa terganggu meskipun berkendara di tengah hujan lebat.

Lantas, bagaimana caranya untuk mendapatkan kaca mobil yang benar-benar anti air tanpa meninggalkan sisa? Berikut langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkannya.

  • Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama untuk membuat kaca mobil anti air adalah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membantu proses menjadikan kaca mobil kinclong. Tenang saja, bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan dan bisa dibeli di toko aksesoris mobil. Alat dan bahan yang harus disiapkan ini adalah kain lap yang bersih dan rubbing compound.

  • Bersihkan Kaca Depan

Langkah kedua setelah alat dan bahan siap adalah memulai pembersihan. Permukaan kaca mobil harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghindari bahan anti air menjadi tidak berfungsi karena kaca masih kotor.

Viral :   6 Aturan Peminjaman Tool Set dan Perkakas

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kain lap yang bersih. Lakukan pembersihan secara merata pada bagian depan kaca. Usahakan semua debu dan kotoran yang menempel pada kaca depan terangkat dengan sempurna.

Langkah kedua ini penting untuk memastikan Anda akan aman saat berkendara pada kondisi hujan karena kaca mobil akan menjadi benar-benar bersih. Sisa-sisa air hujan tidak akan menempel pada kaca mobil dan meninggalkan bekas.

  • Aplikasikan Rubbing Compound

Setelah kaca mobil bersih sempurna dan tidak ada kotoran maupun debu yang tersisa,. sekarang saatnya Anda mengaplikasikan rubbing compound pada kaca mobil. Pengaplikasiannya harus dilakukan secara merata ke seluruh bagian kaca depan mobil Anda.

Viral :   Apa Itu Nano Ceramic Coating & Kelebihan Kekurangannya

Perlu diketahui bahwa rubbing compound ini berbentuk pasta. Selain itu bahan ini juga mengandung wax yang bersifat kedap air. Itulah sebabnya bahan yang satu ini bisa menjadikan kaca mobil menjadi anti air sehingga ketika ada air yang mengenai kaca, air tersebut akan langsung mengalir ke bawah tanpa menempel ke kaca.

  • Bersihkan Rubbing Compound

Langkah terakhir untuk membuat kaca mobil anti air adalah dengan membersihkan rubbing compound. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengelapnya menggunakan lap kering.

Namun, perlu diperhatikan bahwa membersihkan kaca dari rubbing compound ini tidak hanya sekadar mengelap. Kain lap harus sedikit Anda tekan agar dapat mengangkat sisa bahan tersebut dari kaca dengan sempurna. Hal ini disebabkan bentuk rubbing compound yang berupa pasta sehingga cenderung menempel ke kaca.

Mudah, bukan, cara membuat kaca mobil Anda menjadi anti air? Anda bisa langsung mempraktikkannya pada mobil kesayangan Anda. Perlu diketahui bahwa agar hasilnya maksial, pemberian bahan anti air pada kaca mobil ini perlu dilakukan secara teratur. Akan tetapi, jangan lupa, selain dengan mengaplikasikan bahan anti air, kaca mobil juga harus Anda bersihkan secara rutin.