Cara Memperbaiki Lampu Sen Mobil Mati Total

Cara Memperbaiki Lampu Sen Mobil Mati Total

Cara memperbaiki lampu sen mobil mati total bisa Anda lakukan sendiri dirumah, tanpa harus membawanya ke bengkel. Perlu Anda ketahui bahwa lampu sein mobil yang mati total, harus segera diperbaiki demi keamanan dan keselamatan saat Aanda berkendara. Jika Anda ingin mengatasinya sendiri, ketahui bahwa cara memperbaiki lampu sein mati total haruslah dilakukan dengan tepat. Lampu sein ini terhubung dengan komponen kelistrikan mobil, jadi di dalam memperbaikannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Bayangkan jika berkendara dengan lampu sein yang mati total, pastinya Anda akan susah memberikan sinyal kepada mobil di belakang ataupun depan. Lampu sein menjadi isyarat komunikasi yang sangat penting untuk pengemudi, agar mobil bisa berbelok atau pun mendahuluinya.

Oleh karena itu jika terjadi kerusakan yang membuat lampu sein mobil mati total, harus segera diatasi agar tidak terjadi bahaya akibat tidak ada sinyal kepada pengendara lainnya. Hal yang paling sering terjadi ialah bola lampu yang mati akibat usia atau seringnya terkena goncangan. Maka untuk mengantisipasinya, Anda lebih baik mengecek kondisi lampu sein sebelum berkendara. Jika ada kerusakan pada lampu sein mobil, setidaknya Anda bisa langsung memperbaikinya agar aman saat berkendara. Ini penting untuk Anda ketahui, mengingat fungsi lampu sein sangatlah penting saat mengemudikan mobil. Simaklah penjelasan selengkapnya tentang cara memperbaiki lampu sen mobil mati total berikut ini :

Viral :   Kenali Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Cara Memperbaiki Lampu Sen Mobil Mati Total

Lampu sein yang bermasalah ataupun mati total biasanya disebabkan oleh 2 hal, yaitu bola lampu sein yang mati atau relay lampu sein yang sedang rusak. Saat lampu sein mobil Anda sudah mati total, maka Anda harus mengganti relay lampunya. Perlu Anda ingat, sistem penerangan lampu memiliki relay-nya masing-masing agar arus listrik yang mengalir dapat dikendalikan. Anda tidak bisa mengandalkan relay lampu jarak jauh dari headlamp sebagai alternatif untuk lampu sein karena ada perbedaan fungsi.

Mengganti relay lampu sein pada mobil tidaklah sulit, justru Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Yang penting ialah mengetahui lokasi pemasangan relay-nya dan memastikan kalau kabel penghubungnya tetap terkoneksi dengan benar. Berikut ini cara memperbaiki relay mobil:

  1. Cobalah cari tahu terlebih dahulu lokasi relay.
  2. Setelah Anda mengetahui lokasi relay-nya, gantilah relay lama dengan yang baru. Pemasangannya cukup mudah, Anda tinggal cocokkan saja dengan posisi relay sebelumnya.
  3. Apabila relay sudah selesai terpasang sempurna, coba Anda tes dengan menghidupkan lampu seinnya.

Saat mengganti relay, Anda juga harus mengantisipasi kemungkinan masalah yang terjadi. Contohnya lampu sein mobil yang tetap tidak mau menyala. Kalau sudah begini, lebih baik Anda harus memeriksa masalahnya lebih lanjut karena ini berkaitan dengan masalah kelistrikan.

  • Periksa Sambungan Komponen

Coba Anda periksa komponen pada mobil, apabila Anda sudah selesai memasang kembali lampu sein yang baru. Yang mana nantinya Anda akan menemukan colokan yang menghubungkan lampu sein belakang dan depan dengan sistem kelistrikan mobil. Cobalah untuk mencabut kabel pada mobil Anda, kemudian pasang kembali dengan benar sampai lampu sein kembali menyala.

  • Periksa Kesalahan Pada Kabel

Kesalahan sambungan pada kabel (ground wire) juga bisa menjadi penyebab lampu sein mobil masih tetap tidak mau menyala. Yang mana kabel ground menghubungkan tempat bola lampu sein ke titik terminasinya yang terhubung dengan sasis kendaraan. Jika Anda menemukannya, coba renggangkan kemudian kendurkan kembali koneksi ground wire-nya. Solusi lainnya ialah dengan mencabutnya sebentar dan membersihkannya sebelum dipasang kembali.

  • Periksa Sekring Lampu

Sistem lampu sein memang sangat rumit, jadi masalahnya bisa saja merembet ke sekring. Jika lampu sein mobil Anda memang tidak mau menyala, maka cobalah periksa semua sekring di dalam mobil Anda. Apabila ada sekring yang putus atau pun rusak, solusinya mudah. Anda cukup pasang sekring yang baru, tapi Anda juga harus sesuaikan dengan spesifikasi sekring yang dibutuhkan oleh mobil Anda.

Viral :   Gunakan 5 Pembersih Interior Mobil Ini Untuk Mengusir Noda