Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Yang Rusak

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Yang Rusak

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang rusak sebenarnya tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Perlu Anda ketahui bahwa keberadaan pompa bahan bakar (fuel pump) dalam mesin mobil injeksi sangatlah penting. Fungsi fuel pump sendiri ialah sebagai penyalur bensin ke injektor sesuai dengan kebutuhan mesin. Tidak hanya itu saja, fuel pump pun berfungsi sebagai penjaga tekanan bensin agar tetap tinggi dan juga stabil. Kalau fuel pump ini rusak, maka tekanan bensin akan lemah dan juga akan memengaruhi kinerja mesin kendaraan.

Oleh karena itu Anda harus memahami ciri-ciri fuel pump mobil Anda rusak. Adapun ciri-cirinya adalah mobil akan sulit untuk dinyalakan, indikator check engine nyala dan suara pompa melemah. Jika fuel pump mobil Anda sudah terlanjur rusak maka Anda harus lakukan langkah-langkah berikut ini :

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Yang Rusak

Pompa bahan bakar yang rusak untungnya masih bisa diperbaiki. Adapun cara memperbaiki fuel pump mobil yang rusak terdiri dari beberapa langkah, mulai dari bagian relay, wiring harness, hingga tahanan fuel pump.
  • Pemeriksaan Relay Fuel Pump

Relay fuel pump merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektronik untuk mengalirkan arus listrik agar pompa bahan bakar dapat bekerja dengan baik. Nah cara memperbaiki fuel pump mobil dimulai dari bagian ini, silahkan Anda lepas relay dari soketnya. Lalu, cek tahanan terminal 3 dan 5. Yang mana idealnya, hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. Setelah itu lanjut cek tahanan terminal 3 dan 5 dengan penambahan 1 daya pada terminal 1 dan 2. Hasil standarnya adalah di bawah 1 Ohm.
  • Pengecekan Wiring Harness Fuel Pump

Fuel pump mempunyai rangkaian kelistrikan dengan wiring diagram tertentu. Bagian wiring harness fuel pump ini wajib dicek, dalam rangkaian cara memperbaiki fuel pump mobil karena bisa saja mengalami korsleting listrik. Berikut ini langkah-langkah pengecekannya :
  1. Silahkan Anda pemeriksaan hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P. Yang mana hasil standar di bawah 1Ω.
  2. Setelah itu lanjut pengecekan hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi. Hasil standar 10 kΩ atau lebih.
  3. Kemudian lanjut pemeriksaan sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil standar di bawah 1 Ω.
  4. Lalu pengecekan relasi terminal 3 motor pompa dengan masa bodi. Yang mana hasil standanya sebesar 10 Ω atau lebih.
  5. Lanjut pemeriksaan hubungan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar di bawah 1 Ohm.
  • Pemeriksaan Tahanan Fuel Pump

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang terakhir ialah dengan melakukan pemeriksaan tahanannya. Yang mana hal ini bertujuan untuk mengetahui kinerja motor pompa. Jika tahanan terlalu besar, maka motor pompa akan berputar sangat lambat dan akan menyebabkan berbagai masalah. Contohnya saja seperti, keterlambatan suplai bahan bakar dan tekanan bensin berkurang. Pemeriksaan dilakukan dengan melepaskan terminal fuel pump, kemudian mengukur tahanan terminal 3 dan 4. Nantinya hasil standar 0,2-0,3 Ohm pada temperatur 20 derajat Celcius. Dan jika terdapat perbedaan, maka sangat diperlukan penggantian motor pompa.
Viral :   Tips Memilih dan Mengganti Velg Mobil Ring 17