Ini 6 Tips Tinggalkan Mobil saat Liburan agar Tidak Rusak

Ini 6 Tips Tinggalkan Mobil saat Liburan agar Tidak Rusak – Saat liburan sudah dimulai, sudah pasti banyak orang merencanakan untuk mengisinya dengan berbagai aktivitas. Bagi yang sudah berkeluarga, Anda bisa memutuskan untuk pergi berliburan dengan menggunakan mobil pribadi maupun tidak.

Tips tinggalkan mobil saat liburan ini akan berguna bagi yang memutuskan untuk bepergian tanpa membawa kendaraan dan meninggalkan mobilnya di rumah.

Ini 6 Tips Tinggalkan Mobil saat Liburan agar Tidak Rusak

Pergi berlibur dengan meninggalkan mobil di rumah membutuhkan persiapan agar mobil agar tidak rusak, apalagi jika Anda pergi dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, saat mobil ditinggalkan, pemilik tidak bisa mengeceknya setiap hari. Selain itu, mesin mobil juga tidak digunakan selama Anda tidak di rumah. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan.

  • Lepaskan Rem Tangan

Agar mobil tidak rusak saat ditinggalkan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rem tangan mobil harus dalam posisi bebas. Rem tangan yang terus bekerja dan tidak dilepas akan membuat piringan rem dan minyak akan menjadi lengket. Jika sudah lengket, komponen akan sulit dibersihkan dan mobil menjadi cepat rusak.

  • Letakkan Pengharum Mobil

Jangan lupa letakkan pengharum di dalam kendaraan yang akan ditinggal. Apalagi jika mobil ditinggalkan dalam waktu lama, pengharum mobil wajib ada. Pengharum mobil berfungsi untuk mencegah bau apek selama mobil ditinggalkan.

Viral :   10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

Saat ditinggalkan, mobil tidak akan bisa dibersihkan selama beberapa waktu. Bisa saja ada sampah atau bau dari luar yang masuk ke kabin mobil. Dengan adanya pengharum, ruangan di dalam mobil akan tetap wangi.

  • Lepaskan Kepala Aki

Pastikan juga kabel aki atau kepala aki sudah lepas dari mesin mobil. Aki yang belum dilepas dan tetap menyala saat mobil tidak digunakan akan membuat aki tekor. Jika sudah demikian, aki mobil akan menjadi cepat rusak.

Namun, jangan tiba-tiba mencabut aki begitu saja. Perlu diperhatikan bahwa saat mencabut kepala aki, Anda harus lebih dahului melepas kabel negatif, kemudian melepas kabel positif. Saat memasang aki juga hal ini harus diperhatikan, yaitu dengan mendahulukan kabel positif, lalu kabel negatif.

  • Angkat Wiper dari Kaca Mobil

Mengangkat wiper dari kaca mobil juga penting dilakukan untuk menghindari karet wiper menjadi cepat mengeras dan kehilangan kelenturannya. Jika sudah demikian, wiper tidak bisa berfungsi lagi seperti semula dan rusak.

Wiper pada kaca dapat mengeras akibat tidak digunakan dalam beberapa hari. Karena lama tidak terkena air, wiper juga akan mengering, padahal wiper butuh kelembapan agar bisa berfungsi.

  • Gunakan Jack Stand

Saat akan ditinggalkan, mobil membutuhkan jack stand di bawah mobil. Fungsi dari jack stand adalah untuk memberikan celah di bawah mobil agar ban mobil tidak langsung menempel ke lantai.

Viral :   Cara Memilih Jaket Anti Air untuk para Pemotor

Jack stand juga sangat penting untuk melindungi ban akibat menahan beban mobil. Ban yang menahan beban mobil di titik yang sama terus-menerus posturnya akan berubah sehingga membuatnya tidak nyaman lagi jika nanti digunakan kembali.

  • Parkirkan Mobil di Tempat Terlindungi

Terakhir, pastikan mobil sudah diparkir dengan aman saat akan ditinggal. Parkirlah mobil di tempat yang terlindungi seperti garasi. Jangan lupa, gunakan sarung mobil agar mobil terlindungi.

Jika dibiarkan diparkir di luar dan tidak diberi sarung, mobil akan terkena hujan dan sinar matahari. Selain itu, kotoran dan debu akan menumpuk dalam mobil sehingga akan membuat mobil cepat rusak. Sinar matahari dan hujan dapat menyebabkan mobil berkarat.

Jika keenam persiapan di atas sudah Anda lakukan dengan benar sebelum liburan, Anda bisa berlibur dengan tenang. Anda tidak perlu khawatir lagi dan bisa menikmati liburan bersama keluarga tanpa rasa khawatir.