Cara Menyambungkan Bluetooth Ke Mobil

Cara Menyambungkan Bluetooth Ke Mobil

Cara menyambungkan bluetooth ke mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, Anda tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini. Yang mana pada umumnya, ada 2 cara menyambungkan ponsel ke mobil ialah melalui bluetooth atau pun dengan kabel AUX (auxiliary). Di antara keduanya, ternyata koneksi bluetoothhlah yang paling populer digunakan di era digital saat ini. Karena banyak mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur bluethooth, dan kebanyakan handphone masa kini juga sudah terhubung dengan bluetooth.

Akan tetapi terkadang, bluetooth pada audio mobil tidak bisa connect atau pun tidak tersambung dengan handphone. Ketahui terlebih dahulu tentang beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar cara setting atau mengatur bluetooth audio mobil dan juga cara troubleshooting saat terjadi masalah koneksi dari bluetooth ke ponsel pada artikel berikut ini. Simak penjelasan selengkapnya tentang cara menyambungkan bloototh ke mobil berikut ini.

Cara Menyambungkan Bluetooth Ke Mobil

Cara setting atau mengatur bluetooth pada audio mobil untuk disambungkan dengan ponsel, sebenarnya sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Silahkan Anda ikuti beberapa langkah di bawah ini yang sudah kami rangkum :

  • Pastikan kalau bluetooth head unit telah terpasang pada mobil Anda, agar bisa memiliki koneksi bluetooth
  • Kemudian nyalakan audio mobil sebelum menyambungkan bluetooth ke audio mobil
  • Setelah itu hidupkan bluetooth yang ada di ponsel Anda, dengan membuka menu pengaturan atau setting
  • Lalu buat bluetooth pada ponsel visible atau dapat dijangkau oleh perangkat audio mobil, sehingga keduanya bisa saling terkoneksi atau pairing
  • Coba Anda buka aplikasi pemutar musik yang ada di ponsel dan cobalah untuk putar musik ke audio mobil
  • Apabila berhasil tersambung, maka Anda bisa dengan jelas mendengarkan suara musik yang berasal dari audio mobil
  • Nah supaya membuat pengalaman berkendara lebih aman, pilihlah menu yang bisa membuat Anda mengontrol audio langsung dari head unit mobil
Viral :   Cara Membersihkan Jok Mobil di Masa Pandemi

Cara Troubleshooting Saat Menyambungkan Bluetooth Ponsel Ke Mobil

Tidak sedikit pengendara mengeluhkan, kalau bluetooth pada audio mobil tidak bisa connect dengan handphone. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, contohnya seperti bluetooth ponsel yang tidak berhasil tersambung atau pairing dengan audio mobil, dan beberapa orang juga mengeluhkan bahwa musik tidak terdengar sedikit pun pada audio mobil. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, ikutilah beberapa cara yang telah kami rangkum, agar Anda bisa memutar musik lewat bluetooth di audio mobil kembali.

  • Apabila Masalah Tidak Dapat Diidentifikas

Cobalah untuk mematikan bluetooth dari ponsel Anda dan head unit mobil, kemudian aktifkan keduanya kembali. Pastikan kalau kedua perangkat tersebut telah tersambung dan terhubung dengan benar.

  • Bluetooth Ponsel Tidak Terkoneksi Dengan Audio Mobi

Jika terjadi seperti ini maka kemungkinan besar sumber permasalah ialah daftar perangkat yang tersimpan baik di perangkat bluetooth audio mobil maupun ponsel biasanya penuh. Maka untuk itu, bukalah pengaturan bluetooth di handphone Anda, dan pilih opsi ‘lupakan’ semua perangkat yang pernah terhubung. Kemudian setelah itu, sambungkan kembali keduanya dengan mengikuti cara menyambungkan bluetooth ke audio mobil di atas.

  • Musik Tidak Terdengar Dari Audio Mobi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa tingkat volume suara baik di ponsel maupun head unit mobil Anda. Lalu, pastikan kalau ponsel telah terkoneksi dengan perangkat bluetooth audio mobil yang tepat. Kemumdian setelah itu periksalah Media Audio yang ada di handphone Anda. Karena juka Media Audio mati, sudah pasti Anda tidak akan bisa memutar lagu dari handphone. Untuk mengatasinya, bukalah pengaturan pada ponsel Anda dan lihat daftar bluetooth yang tersambung dengan ponsel, lalu bukalah pengaturan dengan mengetuk nama bluetooth mobil Anda.

Viral :   Cara Melegalkan Mobil Bodong

Setelah itu coba Anda aktifkan Media Audio, dan seharusnya Anda sudah bisa mendengarkan musik dari audio mobil. Apabila mobil Anda termasuk mobil keluaran lama dan belum memiliki fitur bluetooth, maka Anda bisa melakukan pemasangan Car Kit Bluetooth secara mandiri. Yang mana Car Kit Bluetooth ini dijual dengan harga yang beragam. Maka dari itu, pastikan kalau Anda memilih perangkat yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu. Setelah melakukan pembelian, Anda bisa menerapkan cara menyambungkan bluetooth ke audio mobil yang telah dijelaskan sebelumnya pada artikel ini.