Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin

Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin

Cara memperbaiki ac mobil tidak dingin sebenarnya juga tidaklah sulit hanya membutuhkan kesabaran sedikit. Memang benar menikmati perjalanan menjadi sempurna, jika dengan dukungan pendingin udara atau air conditioner (AC). Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, di saat macet pun rasanya akan tetap segar sehingga merasa nyaman ketikan didalam mobil.

Nah agar air conditioner (AC) milik Anda selalu dingin, maka Anda harus tahu cara merawatnya. Tidak hanya sekedar membersihkan filter AC atau mengisi ulang freon saja.  Akan tetapi ada beberapa hal penting lainnya yang wajib Anda lakukan agar AC mobil Anda selalu dingin. Simak beberapa cara memperbaiki ac mobil tidak dingin berikut ini.

Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin

  • Kebocoran Sistem Pendingin

Jika terjadi kebocoran pada selang atau pipa sistem pendingin ruangan mobil, maka kondisi ini biasanya terjadi bukan karena cara merawat AC mobil yang salah, tetapi karena faktor usia juga, ataupun karena penggunaan part yang kurang baik / part yang tidak asli.

  • Kerusakan Kondensor

Kerusakan yang terjadi pada evaporator dan kondensor telah dipakai dalam waktu yang cukup lama, ini juga bisa menjadi penyebab masalah pada AC mobil Anda tidak dingin saat dinyalakan. Evaporator dan kondensor yang rusak selain disebabkan karena usia, maka bisa jadi karena terkena kotoran dan tersumbat benda seperti kerikil didalamnya. Untuk mengatasinya Anda harus membersihkannya.

  • Kerusakan Kompresor

Penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin, juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada kompresor. Cara merawat AC mobil yang benar memang harus memperhatikan seluruh komponen-komponen yang ada pada mobil, agar tetap awet. Yang mana hal ini biasanya ditandai dengan terdengar bunyi-bunyian dari bagian permesinannya dimana kompresor ini berada.

Viral :   Pasang Klem Knalpot Tanpa Perlu Repot

Penyebab masalah pada AC mobil ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari kerusakan pada komponen-komponen AC itu sendiri, maupun perawatan AC mobil yang kurang tepat. Kebiasaan yang tidak baik yang dilakukan oleh para penumpangnya pun, juga bisa menjadi penyebabnya. Jadi selain menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengganggu kinerja AC mobil, sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada AC mobil untuk mengetahui apa sebenarnya permasalahannya dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

  • Jangan Menyalakan AC Ketika Baru Menyalakan Mobil

Selain itu ada beberapa bahaya yang mengintai jika Anda menyalakan AC ketika mobil baru saja dihidupkan. Jika Anda menyalakan sistem pendingin ketika mobil baru saja dinyalakan ataupun dipanaskan, tanpa disadari atau tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda lho. Menyalakan AC pada saat mobil Anda sedang dipanaskan ini merupakan perbuatan yang sangat salah. Tentu hal tersebut akan sangat berbahaya sekali, karena udara dingin yang keluar dari pendingin ruangan atau AC bercampur baur dengan udara di dalam mobil Anda.

Viral :   Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil

Yang akhirnnya reaksi tersebut akan membentuk senyawa racun yang kemudian dikenal dengan sebutan benzena. Benzena ini mudah tersebar lantaran AC menyala dan kemudian terhirup oleh orang yang ada di dalam mobil Anda. Benzena memiliki sifat yang sangat beracun, sehingga jika sampai terhirup oleh orang maka akan mempengaruhi kinerja ginjal dan hati. Inilah sebabnya mengapa Anda disarankan untuk tidak menyalakan AC saat mobil dipanaskan. Selain efek tersebut, benzena juga memiliki potensi yang sangat besar dalam meracuni tulang sehingga menyebabkan seseorang terkena anemia dan penurunan sel darah putih.

Jika Anda terlalu sering menghirup benzena, maka Anda akan lebih rentan terkena leukemia. Sementara itu, untuk ibu hamil juga bisa terkena dampaknya. Benzena juga sangat beresiko menggugurkan bayi yang dikandung oleh ibu hamil. Kondisi di dalam mobil bahkan akan menjadi lebih berbahaya jika freon AC mobil Anda mengalami kebocoran. Kerusakan tersebut akan mengakibatkan meningkatnya paparan karbon monoksida, gas berbahaya yang katanya sangat mematikan.

Memang benar gas tersebut tidak berbau, sehingga kebanyakan orang tidak menyadari adanya bahaya yang mengancam kesehatan bahkan hidup seseorang. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda melakukan perawatan AC pada kendaraan Anda secara rutin. Itu semua harus Anda lakukan agar Anda tidak menerima konsekuensinya.